Sukses

27-4-1521: Panah Beracun Mengakhiri Ekspedisi Ferdinand Magellan di Filipina

Setelah melakukan perjalanan tiga perempat di seluruh dunia, navigator Portugis Ferdinand Magellan terbunuh dalam pertempuran antar suku di Pulau Mactan di Filipina.

Liputan6.com, Cebu - Setelah melakukan perjalanan tiga perempat di seluruh dunia, navigator Portugis Ferdinand Magellan terbunuh dalam pertempuran antar suku di Pulau Mactan di Filipina.

Pada awal April 1521, kapal-kapalnya menjatuhkan jangkar di pulau Cebu, Filipina, dan Magellan bertemu dengan kepala suku setempat, yang setelah pindah agama menjadi Kristen membujuk orang Eropa untuk membantunya menaklukkan suku saingan di pulau tetangga, Mactan.

Dalam pertempuran pada 27 April 1521, Magellan dipukul oleh tertancap panah beracun dan dibiarkan mati oleh rekan-rekannya yang mundur, demikian seperti dikutip dari History.com, Senin (27/4/2020).

Magellan, seorang bangsawan Portugis, berjuang untuk negaranya melawan dominasi Muslim di Samudra Hindia dan Maroko.

Dia berpartisipasi dalam sejumlah pertempuran utama dan pada 1514 meminta Raja Portugal untuk menaikkan dana pensiunnya. Raja menolak, setelah mendengar desas-desus tak berdasar tentang tindakan yang tidak pantas dari pihak Magellan setelah pengepungan di Maroko.

Pada 1516, Magellan kembali mengajukan permintaan dan raja kembali menolak, jadi Magellan pergi ke Spanyol pada 1517 untuk menawarkan jasanya kepada Raja Charles I, kemudian Kaisar Romawi Suci Charles V.

Pada 1494, Portugis dan Spanyol, atas permintaan Paus Alexander VI, menyelesaikan perselisihan atas tanah-tanah yang baru ditemukan di Amerika dan tempat lain dengan membagi dunia menjadi dua wilayah pengaruh.

Garis demarkasi disepakati di Samudra Atlantik - semua penemuan baru di barat garis merupakan milik Spanyol, dan semua di timur milik Portugis. Dengan demikian, Amerika Selatan dan Tengah menjadi didominasi oleh Spanyol, dengan pengecualian Brasil, yang ditemukan oleh penjelajah Portugis Pedro Alvares Cabral pada tahun 1500 dan agak ke timur dari garis demarkasi.

Penemuan Portugis lainnya di awal abad ke-16, seperti Kepulauan Maluku —-Kepulauan Rempah-Rempah Indonesia-— membuat Spanyol cemburu.

Kepada Raja Charles, Magellan mengusulkan berlayar ke barat, menemukan selat melalui Amerika, dan kemudian melanjutkan ke barat ke Maluku, yang akan membuktikan bahwa Kepulauan Rempah-rempah terletak di sebelah barat garis demarkasi dan dengan demikian dalam lingkup Spanyol.

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ekspedisi Magellan

Magellan tahu bahwa dunia itu bulat tetapi meremehkan ukurannya, mengira bahwa Maluku harus terletak persis di sebelah barat benua Amerika, bukan di sisi lain samudera luas yang belum dipetakan. Raja menerima rencana itu, dan pada 20 September 1519, Magellan berlayar dari Spanyol dengan komando lima kapal dan 270 orang.

Magellan berlayar ke Afrika Barat dan kemudian ke Brasil, di mana ia mencari pantai Amerika Selatan untuk sebuah selat yang akan membawanya ke Pasifik. Dia mencari Rio de la Plata, sebuah muara besar selatan Brasil, untuk mencari jalan; gagal, ia terus ke selatan di sepanjang pantai Patagonia.

Pada akhir Maret 1520, ekspedisi tersebut mengatur kuartal musim dingin di Port St. Julian. Pada hari Paskah di tengah malam, para kapten Spanyol memberontak terhadap kapten Portugis mereka, tetapi Magellan menghancurkan pemberontakan, mengeksekusi salah satu kapten dan meninggalkan pantai lain ketika kapalnya meninggalkan St. Julian pada bulan Agustus.

Pada 21 Oktober, dia akhirnya menemukan selat yang dia cari. Selat Magellan, seperti yang diketahui, terletak di dekat ujung Amerika Selatan, memisahkan Tierra del Fuego dan daratan benua.

Hanya tiga kapal memasuki selat; satu telah hancur dan satu lagi kosong. Dibutuhkan 38 hari untuk menavigasi selat berbahaya, dan ketika samudra terlihat di ujung lain Magellan menangis dengan gembira.

Dia adalah penjelajah Eropa pertama yang mencapai Samudra Pasifik dari Atlantik. Armadanya mencapai penyeberangan ke barat samudera dalam 99 hari, menyeberangi perairan yang begitu tenang sehingga samudera bernama "Pasifik," dari kata Latin pacificus, artinya "tenang."

Pada akhirnya, para lelaki itu kehabisan makanan dan mengunyah bagian-bagian kulit dari perlengkapan mereka untuk menjaga diri mereka tetap hidup. Pada 6 Maret 1521, ekspedisi mendarat di pulau Guam. Sepuluh hari kemudian, mereka mencapai Filipina --hanya sekitar 400 mil dari Kepulauan Rempah Maluku.

Setelah kematian Magellan, para penyintas, dengan dua kapal, berlayar ke Maluku dan mengisi lambung dengan bumbu. Satu kapal berusaha, tidak berhasil, untuk kembali melintasi Pasifik. Kapal lainnya, Victoria, terus ke barat di bawah komando navigator Basque Juan Sebastian de Elcano. Kapal berlayar melintasi Samudra Hindia, mengitari Tanjung Harapan, dan tiba di Seville pada 9 September 1522, menjadi kapal pertama yang mengelilingi dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.