Sukses

Cerita WNI di Kamboja Berhasil Sembuh dari Virus Corona COVID-19

Dua orang WNI yang berhasil sembuh dari Virus Corona COVID-19 membagikan kisah mereka berjuang hingga pulih dari infeksi SARS-CoV-2.

Liputan6.com, Phnom Penh - Berita gembira datang dari Siem Reap, di mana dua Warga Negara Indonesia yang terkena Virus Corona COVID-19 dinyatakan sembuh oleh Kementerian Kesehatan Kamboja pada 14 April 2020. Mereka telah menjalani perawatan di Siem Reap Provincial Referral Hospital sejak 23 Maret 2020 hingga 13 April 2020.

"Pertama-tama, atas kesembuhan ini, kami mengucapkan terima kasih kepada Tuhan YME, dan pihak Tim Medis Siem Reap Referral Hospital, Pemerintah RI dan Kamboja, KBRI Phnom Penh serta masyarakat Indonesia dan Kamboja atas perhatian dan doanya," kata salah satu WNI kepada KBRI Phnom Penh, seperti tertulis dalam rilis dari KBRI Phnom Penh yang diterima Selasa (21/4/2020).

Kedua WNI tersebut dinyatakan positif COVID-19 pada 26 Maret 2020 berdasarkan hasil tes dari Siem Reap Provincial Referral Hospital. Mereka kemudian langsung ditempatkan di ruang karantina yang dipisahkan dari pasien lain.

Saat itu, ada 5 pasien positif COVID-19 yang sedang menjalani perawatan di salah satu Rumah Sakit Rujukan COVID-19 di Kamboja tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kegiatan Selama Jalani Perawatan

Selama menjalani perawatan, kedua WNI mengkonsumsi obat-obatan seperti anti malaria, obat tidur dan pelancar BAB, vitamin E, A, C, D, minyak ikan serta beberapa vitamin lainnya untuk stamina tubuh.

"Kami minum minuman herbal seperti jahe hangat dicampur madu dan daun sereh, makan makanan sehat dan bergizi seperti steak, ikan salmon kukus, dan sayur-sayuran hijau seperti brokoli, serta buah-buahan seperti pepaya, kiwi, dan pisang. Kami juga mencuci hidung dengan air garam setiap 2 hari sekali," tambah kedua WNI saat berbagi pengalamannya.

Kedua WNI juga berbagi info tentang pentingnya olah raga.

Mereka jalan dan lari (konsisten 10 menit untuk melihat kekuatan pernafasan paru-paru), setiap pagi hari sekitar pukul 09.00 – 10.00 dan sore hari sekitar pukul 16.00 – 17.00.

Selama masa perawatan, kedua WNI dalam keadaan stabil dan sehat atau sama sekali tidak menunjukkan gejala COVID-19, seperti: demam, batuk kering, sakit tenggorokan, dan sesak nafas.

"Kunci utama lainnya yaitu kita berusaha untuk menjaga ketenangan jiwa atau tidak stres, tidak panik dan takut berlebihan, berusaha menguatkan diri dan bahagia, serta menyerahkan sepenuhnya kepada Tuhan YME dan tim medis RS Siem Reap untuk penanganannya," ucap kedua WNI yang sejak tahun 2015 berdomisili di Poipet, Kamboja tersebut.

Dokter Kros Sarath, Director of the Siem Reap Health Department yang juga merupakan dokter yang menangani langsung perawatan kedua WNI bersama tim medis sekitar 7 orang, selalu memberikan informasi perkembangan kedua WNI kepada KBRI Phnom Penh.

3 dari 3 halaman

KBRI Phnom Penh Terus Pantau Kondisi WNI

KBRI setempat pun terus memantau kondisi para WNI di tengah pandemi Virus Corona COVID-19, terutama yang tengah menjalani perawatan.

"Sejak kedua WNI dalam perawatan, KBRI Phnom Penh senantiasa memonitor perkembangan mereka, dan juga terus mengimbau WNI di Kamboja agar dapat menjaga kebersihan diri dan kesehatan masing-masing," ungkap Dubes Sudirman Haseng.

Hingga 20 April 2020 (Pukul 09.30 AM), Pemerintah Kamboja melalui laman Kementerian Kesehatan telah mengkonfirmasi 122 kasus positif COVID-19. Tercatat sebanyak 107 pasien telah sembuh, 15 pasien dirawat dan tidak ada pasien yang meninggal dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.