Sukses

9-4-1959: NASA Perkenalkan Mercury Seven, Tim Astronaut AS Pertama

Liputan6.com, Jakarta - National Aeronautics and Space Administration (NASA) memperkenalkan para astronaut pertama Amerika Serikat pada 9 April 1959. 

Para astronaut AS itu di antaranya adalah Scott Carpenter, L. Gordon Cooper Jr., John H. Glenn Jr., Virgil "Gus" Grissom, Walter Schirra Jr., Alan Shepard Jr., dan Donald Slayton, seperti dikutip dari history.com, Kamis (9/4/2020). 

Semua personel dari 7 orang itu adalah pilot dari uji tes militer, yang dipilih dengan cermat dari sekelompok 32 kandidat untuk berpartisipasi dalam program luar angkasa berawak pertama AS, yaitu Proyek Mercury.

Pada 1961, NASA berencana memulai penerbangan orbital berawak.

7 Astronaut AS itu mendapat julukan "Mercury Seven" usai diperkenalkan ke publik, dan menjadi terkenal dengan waktu cepat. Namun, proyek Mercury mengalami beberapa kemunduran awal. Hingga Kosmonaut Soviet, Yuri Gagarin mengorbit Bumi dalam penerbangan angkasa luar berawak pertama di dunia pada 12 April 1961.

Namun kurang dari satu bulan kemudian, astronaut Alan Shepard berhasil diluncurkan ke angkasa luar dengan penerbangan suborbital pada 5 Mei.

Dalam langkah besar untuk program luar angkasa AS, John Glenn menjadi orang Amerika pertama yang mengorbit Bumi pada 20 Februari 1962.

Sampai akhir 1960-an, NASA terus melacak Soviet dalam pencapaian antariksanya, ketika program Apollo NASA mendaratkan manusia pertama di bulan dan dengan aman sampai mengembalikan mereka ke Bumi.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Berikut Ini: