Sukses

Pandemi Corona COVID-19 Bikin Serba Takut dan Khawatir, Bagaimana Mengatasinya?

Pandemi Virus Corona COVID-19 yang merebak saat ini tentu membuat siapapun menjadi takut, lantas bagaimana cara mengatasinya?

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Virus Corona COVID-19 telah menimbulkan berbagai jenis perasaan mulai dari stres, khawatir, cemas, iritasi, marah, depresi, hingga rasa takut.

Mengingat sifat dan besarnya krisis saat ini, banyak hal yang menyebabkan ketakutan. Dari kekhawatiran tentang kesejahteraan kita sendiri dan orang lain, kerawanan pangan / perumahan / keuangan, kemampuan kita untuk mengatasinya, hingga masa depan hidup kita.

Yang mendasari ketakutan ini adalah ketidakpastian - ketakutan akan hal yang tidak diketahui.

Lantas, bagaimana cara kita mengelola rasa takut? Dilansir dari laman Psychology Today, Senin (6/4/2020), ini yang harus Anda lakukan:

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Terima Ketidakpastian

Satu-satunya hal yang pasti terjadi dalam hidup setiap orang adalah ketidakpastian. Semakin cepat kita dapat menerima ini, semakin baik kemampuan kita untuk menaklukkan ketakutan kita.

Terimalah bahwa hidup ini penuh dengan hal-hal yang tidak diketahui dan ambiguitas.

Terimalah bahwa satu-satunya yang konstan dalam hidup adalah perubahan, baik besar maupun kecil, diharapkan dan tidak terduga. Terima aktualitas dari pandemi COVID-19.

Terimalah kenyataan bahwa saat ini tidaklah nyaman dan menantang.

3 dari 4 halaman

2. Kendalikan Apa yang Bisa Anda Kendalikan

Kita tidak bisa mengendalikan apa yang terjadi pada kita, orang lain, atau masa depan. Tetapi kita memang memiliki kendali atas reaksi, pikiran, perasaan, dan perilaku kita sendiri.

Pantau konsumsi berita Anda. Berhati-hatilah dengan volume informasi yang masuk.

Tetap berpegang pada sumber yang memiliki reputasi baik dan berbasis fakta. Ya, pandemi itu serius dan virusnya sangat menular. Namun demikian juga rasa takut. Ingatlah bahwa Anda memiliki banyak kendali atas seberapa banyak informasi yang Anda berikan kepada diri sendiri.

4 dari 4 halaman

3. Berpikir Positif

Ini mungkin sulit, tetapi juga dapat merubah hidup Anda.

Luangkan waktu untuk secara mendalam dan serius mempertimbangkan krisis saat ini. Biarkan diri Anda melihat dengan lensa yang lebih luas.

Pikirkan secara luas tentang apa yang benar-benar penting bagi Anda, apa nilai-nilai Anda, bagaimana Anda menemukan makna dalam hidup, dan apa yang Anda inginkan sebagai pelajaran hidup terpenting Anda. Ketika kita kewalahan, perspektif kita bisa menjadi rabun dan harapan kita goyah. Jadi, lihat jauh-jauh, cari dalam-dalam, dan temukan kekuatan harapan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.