Sukses

Waspada, Ini Cara Virus Corona COVID-19 Menyebar di Kantor Anda

Para peneliti telah menunjukkan bahwa kuman, virus, dan bakteri menyebar dengan mudah di kantor.

Liputan6.com, Jakarta - Di seluruh dunia jutaan orang telah meninggalkan kantor mereka ketika pemerintah mengamanatkan bahwa karyawan bekerja dari rumah. Langkah-langkah ini merupakan upaya untuk menahan penyebaran Virus Corona Baru.

Pekerja dianggap lebih aman mengisolasi diri di rumah mereka, dan meninggalkan kantor yang penuh sesak dapat memperlambat penyebaran Virus Corona.

Melarang pekerjaan di kantor merupakan tindakan pencegahan yang efektif, mengingat kantor telah, dan merupakan, situs utama untuk penyebaran virus dan bakteri. Anda mungkin terbiasa dengan siklus musiman ketika satu orang di kantor mengalami bersin atau batuk dan akan menularkan virus apa pun yang mereka miliki kepada kolega mereka. Dan siklus akan berlanjut. Setiap musim, itu akan terjadi lagi dan Anda tahu apa yang terjadi selanjutnya.

Para peneliti telah menunjukkan bahwa kuman, virus, dan bakteri menyebar dengan mudah di kantor. Krissi Hewitt, direktur penelitian kelembagaan dan inisiatif strategis di Sekolah Sains dan Matematika Carolina Utara, telah meneliti keragaman dan banyaknya kehidupan mikroba di kantor.

"Orang-orang menghabiskan sebagian besar kehidupan sehari-hari mereka di dalam kantor di mana ruang bersama dan interaksi tinggi meningkatkan jumlah mikroba pada permukaan dan di udara," katanya seperti dikutip dari BBC, Sabtu (28/3/2020).

Dengan kata lain, banyak area dengan sentuhan tinggi di kantor Anda bisa menjadi vektor untuk penyebaran virus corona atau virus-virus lain. Dan semakin banyak rekan yang menyentuh mereka, semakin tinggi risiko kontaminasi.

Jonathan Sexton, seorang peneliti di College of Public Health di University of Arizona, menemukan bahwa tempat-tempat seperti lemari es, gagang laci, gagang keran, dan teko kopi cenderung memiliki konsentrasi kuman tertinggi.

Dan mereka melakukan perjalanan dengan cepat, menurut sebuah studi dari American Society for Microbiology.

Para peneliti menempatkan sampel virus yang tidak berbahaya pada gagang pintu tunggal atau meja di gedung kantor. Area pertama yang terkontaminasi adalah ruang rehat kopi, kata peneliti studi Charles Gerba, seorang ahli mikrobiologi di University of Arizona. Dalam dua hingga empat jam, virus dapat dideteksi pada 40% hingga 60% pekerja, pengunjung, dan benda yang biasa disentuh.

Kebersihan yang buruk dari pekerja kantor dapat memperburuk hal ini juga: sebuah survei di Inggris tahun 2019 menunjukkan bahwa hanya 61% pekerja kantor di Inggris yang mencuci tangan dengan benar dengan air hangat dan sabun setelah pergi ke toilet.

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Di Udara

Jari dan meja yang kotor adalah satu hal, tetapi risiko terbesar untuk penyebaran virus adalah apa yang 'terbang' di udara.

"Risiko besar bukan dari gedung [kantor] tetapi dari karyawan yang sakit," kata Dr Ali Khan, seorang ahli epidemiologi dan profesor di College of Public Health UNMC di University of Nebraska.

"Jika satu orang sakit, ia dapat menyebarkan kuman melalui batuk dan bersin, menyentuh permukaan dan menghubungi orang lain dengan seksama. Bahkan tinggal di meja pribadi mereka, kuman juga dapat disebarkan oleh tetesan terbang yang mengendap di permukaan apa pun dan menyebabkan kontaminasi."

Udara kantor yang bersirkulasi juga dapat berkontribusi pada penyebaran mikroba. Hewitt mengatakan bahwa dalam lingkungan dalam ruangan, kehidupan mikroba diedarkan melalui udara dan dalam sistem ventilasi dan suhur ruangan terpusat (HVAC).

"Pemeliharaan sistem dan filtrasi berdampak pada bagaimana kontaminan mengalir di udara, sehingga bangunan yang belum diservis dengan baik untuk mempertahankan sirkulasi, filtrasi, kelembaban, dan suhu yang tepat dapat berkontribusi pada jumlah mikroorganisme yang lebih tinggi yang bergerak melalui sistem," katanya.

 

3 dari 3 halaman

Disiplin Menjaga Kebersihan Adalah Kunci

Kantor pusat tempat banyak dari kita sekarang bekerja adalah lingkungan yang lebih terkontrol dengan lebih sedikit orang dan lebih sedikit permukaan yang disentuh, kata Lisa Ackerley, seorang praktisi kesehatan lingkungan dan wakil ketua International Scientific Forum on Home Hygiene. Anda tidak akan dikelilingi oleh semua tempat bersama yang disentuh atau diekspos oleh rekan-rekan, Anda juga tidak harus curiga dengan kebersihan mereka yang buruk yang berkontribusi terhadap penyebaran.

Tetapi, jika Anda pergi ke luar, Anda masih bisa membawa virus ke rumah sambil bekerja dari jarak jauh jika Anda tidak rajin.

"Virus tidak bisa tumbuh secara spontan di rumah Anda. Itu harus dibawa oleh manusia yang terinfeksi," kata Khan. Itu berarti bersentuhan dengan seseorang yang sakit atau menyentuh permukaan yang terinfeksi, kemudian memindahkannya ke permukaan Anda di rumah.

Ingat, satu-satunya cara virus tumbuh di dalam tubuh adalah dengan Anda harus membawa kuman ke dalam tubuh Anda - seringkali dengan menyentuh wajah Anda - untuk menjadi sakit. Ini berlaku untuk coronavirus, termasuk Covid-19: bahkan jika virus ada di tangan Anda, Anda harus 'membawanya masuk' untuk kemudian Anda terinfeksi.

Itulah mengapa sangat penting bahwa, tidak peduli apakah Anda bekerja di kantor bersama atau di rumah, Anda perlu memprioritaskan sanitasi. Tentu saja, akan ada lebih sedikit permukaan sentuhan tinggi di rumah Anda sendiri dan tidak ada rekan yang menyentuhnya. Tetapi jika kuman memasuki lingkungan Anda, Anda dapat tertular virus apa pun.

Pada catatan positif, ketika Anda kembali ke lingkungan kantor, Anda tidak perlu takut bahwa pandemi lain akan berasal dari meja Anda. Sangat tidak mungkin bahwa pandemi berikutnya akan muncul dari kantor, kata Khan, yang juga penulis The Next Pandemic.

"Tidak, pandemi berikutnya tidak akan muncul di kantor. Ini akan kembali muncul di alam liar. Namun, lantor dan tempat lain dengan kepadatan penduduk akan menjadi tempat yang baik untuk menyebarkan penyakit ini," katanya.

Tetap saja, disiplin mencuci tangan dan menjaga kebersihan terlepas dari apa pun yang terjadi tetap menjadi kunci utama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.