Sukses

Ibunda Jokowi Meninggal, Presiden dan PM Singapura Kirim Surat Duka Cita

Liputan6.com, Singapura - Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong menuliskan surat kepada Presiden Jokowi atas meninggalnya sang ibunda, Sujiatmi Notomihardjo. Dalam surat itu, istri dari PM Lee, yakni Ho Ching, juga mengirim ungkapan duka untuk kepergian ibunda Jokowi.

PM Lee berkata meski ia belum pernah bertemu ibunda Jokowi, tetapi ia bisa memahami rasanya kehilangan orangtua.

"Ho Ching dan saya mengirimkan duka cita mendalam terhadap meninggalnya ibunda Anda yang tercinta, Ibu Sudjiatmi Notomihardjo. Meski kami tak pernah berkesempatan bertemu Ibu Sudjiatmi, kami paham rasanya kehilangan sosok orangtua, dan rasa duka dan sakit yang pastinya Anda rasakan. Simpati dan doa kami bersama Anda dan keluarga selama masa sulit ini," tulis surat PM Loong yang dibagikan via Facebook, Kamis (26/3/2020).

Surat duka lainnya untuk kepergian ibunda Jokowi datang dari Presiden Singapura Halimah Yacob. Ia menulis ungkapan duka bersama suaminya.

"Suami saya Mohamed dan saya merasa sedih atas meninggalnya ibunda Anda yang tercinta Ibu Sudjiatmi Notomihardjo. Kami menyampaikan rasa duka paling mendalam, dan berharap bahwa Anda dan keluarga bisa mendapatkan ketabahan dan kekuatan selama masa sulit ini," tulis Halimah Yacob.

Sebelumnya, Perdana Menteri Muhyiddin Yassin dari Malaysia turut mengirimkan ungkapan duka atas meninggalnya ibunda Jokowi. Putra Mahkota Uni Emirat Arab Mohamed bin Zayed dan pejabat tinggai negaranya juga telah mengirimkan doa bagi Sujiatmi dan keluarga Jokowi.

Sujiatmi tutup usia di Solo pada usia 77 tahun pada Rabu kemarin dan dimakamkan di kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemakaman Ibunda Jokowi

Presiden Joko Widodo atau Jokowi selesai memakamkan sang ibu, Sudjiatmi Notomiharjo, di pemakaman keluarga Mundu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis (26/3/2020). 

Pemakaman dilaksanakan sebagaimana masyarakat sipil lainnya. Tidak ada prosesi kenegaraan, meski peti jenazah dibawa oleh sejumlah Paspampres berseragam protokol kenegaraan merah putih.

Di lokasi pemakaman, tampak seluruh pelayat mengikuti aturan jaga jarak. Mereka juga diminta mencuci tangan saat memasuki lokasi.

Tidak ketinggalan masker menempel di setiap wajah pelayat, termasuk Jokowi. Penyemprotan disinfektan pun tidak lupa dilakukan. Putra Jokowi, Gibran Rakabuming Raka membawa foto sang nenek. Ibu dari Presiden Jokowi itu ditempatkan di liang lahad yang letaknya bersebelahan dengan suaminya. 

Jokowi sendiri meninggalkan lokasi sekitar pukul 13.50 WIB. Terlihat baju kemeja putih yang dikenakan kotor dengan tanah kubur tempat peristirahatan terakhir ibunda.

Usai pemakaman, rombongan pelayat pun langsung pergi meninggalkan lokasi. Hanya tampak sejumlah personel TNI dan polisi yang masih melakukan penjagaan di sekitar lokasi.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Hotel Four Seasons Gratiskan Kamar Bagi Tim Medis Corona COVID-19 di New York
Artikel Selanjutnya
Pelaku Penembakan di Masjid Christchurch, Brenton Tarrant Akui Bersalah Atas 51 Kasus