Sukses

Berapa Lama Virus Corona Bisa Bertahan di Benda Sekitar Anda?

Untuk mengurangi penyebaran Virus Corona secara umum, para penulis studi baru menyarankan rumah sakit dengan hati-hati membersihkan permukaan benda dengan sejumlah zat.

Liputan6.com, Jakarta - Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, saat ini tidak jelas apakah seseorang bisa tertular Virus Corona hanya dengan menyentuh permukaan atau benda yang sebelumnya terdapat COVID-19.

Faktanya, tidak banyak yang diketahui tentang virus COVID-19, jadi para peneliti beralih ke jenis virus yang hampir yang sama, seperti SARS dan MERS, untuk mendapatkan jawabannya.

Dikutip dari laman sciencealert, Kamis (5/3/2020) Peneliti menemukan bahwa patogen manusia dapat bertahan di permukaan dan tetap menular pada suhu kamar hingga sembilan hari.

Tetapi, rata-rata peneliti mengatakan jenis Virus Corona dapat bertahan antara empat dan lima hari di sejumlah benda seperti aluminium, kayu, kertas, plastik, dan kaca.

"Suhu rendah dan kelembaban udara tinggi akan semakin meningkatkan umur mereka," kata dokter Günter Kampf di Rumah Sakit Universitas Greifswald.

Untuk mengurangi penyebaran Virus Corona secara umum, para penulis studi baru menyarankan rumah sakit dengan hati-hati membersihkan permukaan benda dengan natrium hipoklorit, hidrogen peroksida, atau etanol.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tingkat Kematian Virus Corona Lebih Tinggi dari Flu Biasa

Selama ini respons warganet di media sosial terkait Virus Corona COVID-19 adalah virus itu tak lebih parah dari flu, yang bisa membunuh puluhan ribu orang per tahun. Angka kematian flu disebut lebih parah ketimbang Virus Corona yang saat ini membunuh sekitar 3.000 orang.

Namun, WHO sudah membantah pernyataan itu. Virus Corona secara statistik didapati lebih parah ketimbang flu. Tingkat kematian akibat flu musiman di bawah 1 persen dan kematian akibat Virus Corona sudah mencapai 3,4 persen.

 

3 dari 3 halaman

WHO Sebut Corona Bisa Dikendalikan

WHO tetap percaya Virus Corona masih dapat dikendalikan. Pemimpin WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mendorong agar setiap negara menambah tindakan untuk meredam virus, serta melindungi petugas medis di garis depan.

Secara global, sekitar 3,4 persen kasus COVID-19 telah meninggal, flu musiman umumnya membunuh di bawah 1 persen yang terinfeksi," ujar Tedros seperti dikutip Al Jazeera, Kamis (5/3/2020).

Tedros menyebut penularan Virus Corona tidak separah flu. Ia yakin virus ini bisa diredam walau belum ada pengobatannya.

Sebelumnya, WHO sempat melaporkan tingkat kematian akibat Virus Corona bisa bervariasi antara 0,7 persen hingga 4 persen. Hal itu tergantung dari kualitas kesehatan tempat pasien dirawat.

Direktur eksekutif program darurat kesehatan WHO Mike Ryan berkata Virus Corona tidak menular dengan cara seperti flu. Pihak WHO pun mengakui tidak sepenuhnya paham cara penularan.

"Di sini kita mendapati penyakit yang tidak punya vaksin, tak punya pengobatan. Kita tak memahami sepenuhnya penularannya, kita tak sepenuhnya paham kasus kematian," ujar Ryan yang menegaskan virus ini berbeda dari influenza.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.