Sukses

Dipicu UU Kewarganegaraan Kontroversial, Kerusuhan di India Tewaskan 23 Orang

Kerusuhan terjadi di India dan menewaskan 23 orang. Lanjutan dari kontroversi UU Kewarganegaraan.

Liputan6.com, New Delhi - India telah mengalami kerusuhan selama tiga hari berturut-turut, dengan laporan-laporan tentang rumah-rumah dan toko-toko Muslim menjadi sasaran gerombolan perusuh. 

Sebanyak 23 orang dilaporkan terbunuh sejauh ini dalam kekerasan paling mematikan yang pernah dialami ibu kota India dalam beberapa dasawarsa.

Dilansir dari BBC, Kamis (26/2/2020), bentrokan pertama kali terjadi pada hari Minggu antara pengunjuk rasa untuk dan menentang hukum kewarganegaraan yang kontroversial.

Namun sejak itu mereka menggunakan nuansa komunal, dengan laporan orang-orang diserang berdasarkan agama mereka.

Foto-foto, video, dan akun di media sosial melukiskan gambar mengerikan beberapa hari terakhir. Terlihat massa memukuli pria yang tidak bersenjata, termasuk jurnalis; tentang sekelompok pria dengan tongkat, batang besi, dan batu yang berkeliaran di jalanan; dan umat Hindu dan Muslim berhadapan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PM Modi Turun Tangan

Perdana Menteri Narendra Modi menulis di akun Twitternya pada hari Rabu, tiga hari setelah kekerasan meledak, memohon perdamaian. Dia menambahkan bahwa dia telah meninjau situasi dan polisi berusaha memulihkan keadaan.

Pemimpin oposisi Sonia Gandhi menyerukan pengunduran diri Menteri Dalam Negeri Amit Shah, dengan mengatakan dia "bertanggung jawab" atas kekerasan tersebut.

Ketua Menteri Delhi Arvind Kejriwal menggambarkan situasi itu sebagai situasi yang "mengkhawatirkan" dan meminta tentara untuk dipanggil.

Kerusuhan itu berpusat di sekitar lingkungan mayoritas Muslim - seperti Maujpur, Mustafabad, Jaffrabad dan Shiv Vihar - di utara-timur Delhi.

Jalan-jalan di daerah ini dipenuhi dengan batu dan pecahan kaca, kendaraan yang rusak dan terbakar berserakan, dan bau asap dari bangunan yang membara memenuhi udara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.