Sukses

Saat Nuansa Pertemanan Lebih Kental di Hari Valentine

Liputan6.com, Jakarta- Di banyak negara di dunia, Hari Valentine identik dengan perayaan juga tradisi saling bertukar cokelat, bunga, atau ucapan rasa cinta kasih terhadap pasangan.

Namun, perayaan Hari Valentine dirayakan secara berbeda di Finlandia dan Estonia. Tidak hanya menjadikan romansa sebagai fokus utama, 2 negara di Eropa ini merayakan tanggal 14 Februari sebagai hari yang merayakan pertemanan, yang disebut sebagai perayaan cinta platonis.

Friend's Day, disebut sebagai Ystävänpäivä dalam Bahasa Finlandia dan Sõbrapäev dalam Bahasa Estonia. Perayaan ini dirayakan baik oleh orang yang belum mempunyai pasangan maupun yang sudah berpasangan. Dalam perayaan ini, kegiatan pun terdiri dari berkumpul bersama keluarga, teman, dan pasangan, juga kegiatan olahraga seperti bermain ice skating.

Dekorasi dengan perlengkapan bertema cinta akan dipasang di jalanan umum dalam beberapa minggu menjelang tanggal 14 Februari di kedua negara tersebut. Tetapi selain romansa, perayaan Hari Valentine di sana juga merayakan semua bentuk cinta. 

Di Estonia, tanggal 14 Februari dianggap sebagai hari yang sakral. Semangat perayaan demikian pun dikatakan semakin kuat terjadi di antara orang – orang di Estonia.

"Semakin kuat dan kian kuat," kata Gert Lax, seorang pria berkebangsaan Estonia yang baru saja pindah kembali ke sana.

Perayaan di Estonia tersebut juga telah menjadi sangat populer pada periode pasca-sosialis, yang juga ketika Estonia menjadi lebih terbuka terhadap liburan internasional, menurut Liisa Vesik, seorang sarjana yang mempelajari evolusi Hari Valentine di Estonia.

Di Estonia, kita juga dapat menemukan "Bus Cinta" yang difasilitaskan untuk orang yang sedang mencari pasangan, seperti dikutip dari Time, Jumat, (14/2/2020).

2 dari 3 halaman

Perayaan di Finlandia

Perayaan liburan ini dimulai di Finlandia pada tahun 1980-an hingga akhirnya mencapai wilayah Selatan ke dekat Estonia pada akhir dekade.

Liburan ini pada awalnya diberlakukan untuk anak-anak sekolah yang diajarkan untuk membuat hadiah dan kartu ucapan hasil kerajinan tangan untuk orang yang mereka sayangi. Namun pada tahun 1990-an, liburan ini juga menjadi populer di kalangan orang dewasa.

Tradisi Friend's Day telah tertanam kuat dalam jalinan budaya masyarakat di Finlandia, perayaan ini juga dirayakan secara luas di seluruh negeri, yang telah secara resmi masuk dalam kalender Finlandia pada tahun 1996.

Kartu liburan Friend's Day pun merupakan kartu paling populer kedua di Finlandia, yang pada tahun 2015 lalu, ada sekitar 3 juta kartu yang terkirim disana.

Taru Jäntti, yang merupakan salah satu seorang warga di Helsinki mengatakan bahwa ia senang dengan adanya hari perayaan pertemanan tersebut.  

"Saya sangat senang hari Valentine adalah Hari Teman di Finlandia", katanya.

"Tidak ada liburan lain yang mengakui bahwa teman Anda sama pentingnya dengan keluarga atau hubungan romantis Anda. Natal dan liburan lainnya dihabiskan bersama keluarga", tuturnya.

Lalu ia juga menambahkan bahwa, "teman sama pentingnya dengan orang lain dalam hidup Anda".

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Berikut Ini:

Loading