Sukses

Tukar Kartu hingga Nikah Massal, Ragam Cara Unik Dunia Merayakan Hari Valentine

Berbeda budaya, berbeda pula cara dunia merayakan hari Valentine. Berikut adalah perayaan uniknya di 10 negara.

Liputan6.com, Jakarta - Hari Valentine masih menjadi hari besar yang spesial bagi sebagian orang di banyak negara. Cokleat, bunga ataupun perayaan romantisnya menjadi sejumlah ciri khas menjelang perayaan hari kasih sayang itu.

Dengan kebudayaan negara yang berbeda, maka akan berbeda pula cara mereka merayakan Hari Valentine. 

Berikut adalah perayaan Valentine di 10 negara berbeda, seperti dilansir dari Huffington Post, Jumat (14/2/2020):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Denmark

Meskipun Hari Valentine adalah hari libur yang relatif baru di Denmark (dirayakan sejak awal 1990-an menurut Kementerian Luar Negeri Denmark), negara itu telah merayakan 14 Februari dengan sentuhan khas Denmark.

Bukan menggunakan mawar, pasangan, teman dan kekasih saling bertukar bunga putih yang disebut sebagai snowdrop.

Tradisi Hari Valentine Denmark populer lainnya adalah pertukaran "kartu kekasih." Sementara kartu kekasih awalnya kartu transparan yang menunjukkan gambar pemberi kartu yang memberikan hadiah kepada kekasihnya, istilah itu sekarang identik dengan kartu yang dipertukarkan pada Hari Valentine.

3 dari 11 halaman

2. Prancis

Dengan reputasi sebagai salah satu tujuan paling romantis di dunia, tak heran Prancis telah lama merayakan Hari Valentine sebagai hari bagi para pasangan kekasih.

Dikatakan bahwa kartu Hari Valentine pertama berasal dari Prancis ketika Charles, Duke of Orleans, mengirim surat cinta kepada istrinya ketika dipenjara di Menara London pada tahun 1415. Hari ini, kartu Hari Valentine tetap menjadi tradisi populer di Prancis dan di seluruh dunia.

Acara Hari Valentine tradisional lainnya di Perancis adalah lotere d'amour, atau "menggambar untuk cinta."

Saat itu pria dan wanita akan mengisi rumah-rumah yang saling berhadapan, dan kemudian bergiliran memanggil satu sama lain dan berpasangan. Pria yang tidak puas dengan pasangannya bisa dengan mudah meninggalkannya dan mencari wanita lain, dan wanita-wanita yang tak memiliki pasangan berkumpul sesudahnya untuk api unggun.

Selama api unggun, wanita membakar foto-foto pria yang berbuat salah pada mereka dan melemparkan sumpah serapah dan menghina lawan jenis. Peristiwa menjadi begitu tak terkendali sehingga pemerintah Prancis akhirnya melarang tradisi itu bersama-sama.

4 dari 11 halaman

3. Korea Selatan

Hari Valentine adalah hari libur populer bagi pasangan muda di Korea Selatan, dan variasi liburan dirayakan setiap bulan dari Februari hingga April.

Pemberian hadiah dimulai pada tanggal 14 Februari, ketika itu tergantung pada wanita untuk merayu pasangan mereka dengan cokelat, permen dan bunga. Sedangkan hari libur lainnya, tanggal 14 Maret, hari libur yang dikenal sebagai "Hari Putih", ketika para pria tidak hanya memberi kekasih mereka dengan cokelat dan bunga, tetapi juga hadiah.

Dan bagi mereka yang tidak banyak merayakannya di Hari Valentine atau "Hari Putih", ada liburan ketiga: Black Day. Pada tanggal 14 April, adalah kebiasaan bagi para lajang untuk meratapi status kesendirian mereka dengan memakan semangkuk jjangmyeon, atau mi pasta kacang hitam.

5 dari 11 halaman

4. China

Hari yang setara dengan Hari Valentine di China adalah Qixi, atau Festival Malam Ketujuh, yang jatuh pada hari ketujuh dari bulan lunar ketujuh setiap tahun.

Menurut pengetahuan China, Zhinu, seorang putri raja surgawi, dan Niulang, seorang gembala sapi yang miskin, jatuh cinta. Mereka lalu menikah, dan memiliki anak kembar.

Ketika ayah Zhinu mengetahui pernikahan mereka, ia mengirim ratunya untuk membawa Zhinu kembali ke bintang-bintang. Setelah mendengar tangisan Niulang dan anak-anak, raja mengizinkan Zhinu dan Niulang bertemu setahun sekali di Qixi.

Selama di Qixi, wanita muda menyiapkan persembahan melon dan buah-buahan lainnya untuk Zhinu dengan harapan bisa menemukan suami yang baik.

Para pasangan juga pergi ke kuil untuk berdoa atas kebahagiaan dan kemakmuran. Pada malam hari, orang-orang melihat ke langit untuk menyaksikan bintang-bintang Vega dan Altair (Zhinu dan Niulang, masing-masing) menjadi dekat selama reuni tahunan pasangan yang mengalami perselisihan.

6 dari 11 halaman

5. Wales

Bukan perayaan Valentine, orang-orang di Wales merayakan Saint Dwynwen, santa pecinta Wales, pada 25 Januari.

Satu hadiah tradisional Welsh romantis adalah sendok cinta.

Pada awal abad ke-17, laki-laki Welsh mengukir sendok kayu yang rumit sebagai bentuk kasih sayang terhadap wanita yang mereka cintai. Pola dan simbol diukir di sendok cinta ini, masing-masing menandakan makna yang berbeda. Beberapa contoh termasuk sepatu kuda, yang berarti keberuntungan; roda, yang melambangkan dukungan; dan kunci, yang melambangkan kunci hati seorang pria.

Hingga kini, sendok cinta juga dipertukarkan dengan perayaan seperti pernikahan, peringatan, dan kelahiran.

7 dari 11 halaman

6. Inggris

Pada malam hari Valentine, wanita di Inggris biasa menempatkan lima daun salam di bantal mereka - satu di setiap sudut dan satu di tengah - untuk membawa impian calon suami mereka. Atau, mereka akan membasahi daun salam dengan air mawar dan menempatkannya di bantal.

Di Norfolk, Jack Valentine bertindak sebagai semacam Santa untuk Hari Valentine. Anak-anak dengan cemas menunggu untuk mendengar Jack Valentine mengetuk pintu mereka, dan meskipun mereka tidak melihat sekilas Old Father Valentine, anak-anak menikmati permen dan hadiah kecil yang tersisa di beranda mereka.

8 dari 11 halaman

7. Filipina

Sementara perayaan Hari Valentine di Filipina mirip dengan perayaan di negara-negara Barat, satu tradisi yang menyebabkan ribuan pasangan mengadakan hari pernikahan pada tanggal 14 Februari.

Upacara pernikahan massal telah mendapatkan popularitas di Filipina dalam beberapa tahun terakhir, membuat ratusan pasangan berkumpul di mal atau area publik lainnya di seluruh negara. Untuk menikah atau memperbarui sumpah mereka secara massal.

9 dari 11 halaman

8. Italia

Awalnya, orang Italia merayakan Hari Valentine sebagai Festival Musim Semi. Orang-orang muda berkumpul di luar di taman-taman dan menikmati pembacaan puisi dan musik sebelum berjalan-jalan dengan kekasih mereka.

Tradisi Hari Valentine di Italia lainnya adalah untuk gadis-gadis muda yang belum menikah untuk bangun sebelum fajar guna melihat calon suami mereka. Keyakinannya adalah bahwa pria pertama yang dilihat seorang wanita di Hari Valentine adalah pria yang akan dinikahinya dalam kurun waktu setahun. Atau paling tidak dia sangat mirip pria yang akan dinikahinya.

Hari ini, orang Italia merayakan Hari Valentine dengan saling bertukar hadiah antara kekasih dan makan malam romantis. Salah satu hadiah Hari Valentine paling populer di Italia adalah Baci Perugina, hazelnut kecil yang dilapisi cokelat yang dibungkus dengan kutipan romantis yang dicetak dalam empat bahasa.

10 dari 11 halaman

9. Brasil

Dengan Karnaval yang diadakan pada bulan Februari atau Maret setiap tahun, orang Brasil melewatkan perayaan 14 Februari dan bukannya merayakan Dia dos Namorados, atau "Lovers 'Day," pada 12 Juni.

Selain bertukar cokelat, bunga, dan kartu yang biasa, festival musik dan pertunjukan diadakan di seluruh negeri. Pemberian hadiah tidak terbatas pada pasangan saja. Di Brasil, orang merayakan hari kasih ini dengan bertukar hadiah dan berbagi makan malam dengan teman dan kerabat juga.

Hari berikutnya adalah Hari Santo Anthony, yang menghormati santo pelindung pernikahan. Saat ini, wanita lajang melakukan ritual yang disebut simpatias dengan harapan bahwa St. Anthony akan membawa suami bagi mereka.

11 dari 11 halaman

10. Afrika Selatan

Seperti banyak bagian dunia lainnya, Afrika Selatan merayakan Hari Valentine dengan festival, bunga, dan tanda cinta lainnya.

Suatu kebiasaan bagi wanita di Afrika Selatan untuk mengenakan hati di lengan baju pada 14 Februari; perempuan menyematkan nama-nama minat cinta mereka pada baju mereka, sebuah tradisi Romawi kuno yang dikenal sebagai Lupercalia.

Dalam beberapa kasus, beginilah cara pria Afrika Selatan belajar tentang pengagum misterius mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini