Sukses

30-1-1969: Pertunjukan Publik Terakhir The Beatles

Liputan6.com, Jakarta - Tepat 51 tahun yang lalu, di atap gedung kantor Apple Corps, The Beatles bersama Billy Preston, memberikan penampilan live terakhir mereka.

30 Januari 1969 di London adalah hari yang dingin, dan angin bertiup di atap pada siang hari. Saat itu John Lennon vokalis utama The Beatles meminjam mantel bulu Yoko Ono, dan Ringo Starr mengenakan mac merah istrinya, Maureen Starkey.

Dilansir The Beatles Bible, acara 42 menit itu direkam dari basement gedung Apple dan menghasilkan delapan lagu. Rekaman itu dilakukan oleh George Martin, insinyur Glyn Johns dan operator rekaman Alan Parsons.

Penampilan di atas gedung dipersembahkan oleh Paul McCartney, John Lennon dan George Harrison sebagai vokal, Billy Preston pemain organ, dan McCartney pemain bass.

2 dari 4 halaman

Lagu-Lagu yang Dimainkan

Lagu-lagu yang dimainkan mereka antara lain; Get Back, I Want You (She’s So Heavy), Don’t Let Me Down, I’ve Got A Feeling, One After 909, Danny Boy, Dig A Pony, God Save The Queen, dan A Pretty Girl Is Like A Melody.

Pertunjukan The Beatles di atap dimulai sekitar tengah hari. Waktunya bertepatan dengan jam makan siang dan lokasi berdekatan dengan banyak tempat kerja. Oleh karena itu, The Beatles dengan sangat mudah mengumpulkan penonton.

The Beatles memulai penampilannya dengan latihan lagu Get Back ketika kamera film sedang disiapkan. Latihan itu langsung disambut baik oleh para penontonnya.

3 dari 4 halaman

Diberhentikan Polisi

Meskipun sedikit orang yang bisa melihatnya, kerumunan orang tetap berkumpul di sekeliling jalan, di bawah gedung, untuk mendengarkan permainan The Beatles.

Lalu lintas di Savile Row dan jalan-jalan tetangga berhenti akibat penampilan The Beatles di atas gedung. Karena hal itu, polisi dari kantor West End Central yang tak jauh dari lokasi memasuki kantor Apple dan memerintahkan The Beatles untuk berhenti bermain.

Kehadiran polisi memastikan bahwa The Beatles tidak akan bermain lagi di atap. Konser berakhir, McCartney sempat berterima kasih kepada istri Starr yakni Maureen, karena antusiasnya.

Terakhir, ada kutipan penutupan abadi John Lennon: “Saya ingin mengucapkan terima kasih atas nama grup dan diri kita sendiri, dan saya harap kami telah lulus audisi.”

 

 

Reporter: Deslita Krissanta Sibuea

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: