Sukses

29-1-1886: Mobil Berbahan Bakar Bensin Pertama Dipatenkan Karl Benz

Liputan6.com, Jakarta - Pada abad ke-19, para penemu menghadapi berbagai tantangan soal transportasi kendaraan bermotor.

Transportasi zaman dahulu diawali oleh kereta kuda atau gerobak yang ditenagai oleh mesin jenis early internal combustion engines. Tidak sampai akhir 1800-an, langkah-langkah signifikan menuju mobil modern tercipta.

Tepat pada 29 Januari 1886, mengutip Famous Daily, mobil berbahan bakar bensin pertama dipatenkan oleh perancang mobil Jerman, Karl Benz.

Benz merancang mobil roda tiga berbahan bakar bensin dengan mesin jenis four-stroke cycle gasoline engine. Sebuah langkah revolusionernya.

Pada masa ketika kuda masih menjadi sarana transportasi yang paling umum, kendaraan baru itu sepertinya radikal seperti mobil terbang saat ini.

Money Week menyebut, mobil baru itu bernama Benz Patent-Motorwagen.

Pentingnya mobil ini terletak pada mesinnya yang baru dan revolusioner. Bukan desain atau fiturnya, tetapi fakta bahwa single-cylinder four-stroke engine benar-benar bekerja dalam memacu kendaraan.

Setelah mendapatkan hak patennya, Benz akhirnya akan menjual 25 kendaraan antara 1888 dan 1893.

Semasa hidup, pengaruh Karl Benz merentang jauh melampaui hak paten pertamanya.

Dia meraih banyak prestasi lainnya dalam sejarah mobil. Di antaranya merancang kendaraan roda empat, menyelesaikan perjalanan darat pertama dengan mobil dan penemuan internal-combustion flat engine pertama.

Sulit untuk meremehkan pentingnya inovasi mobil Karl Benz. Dalam waktu kurang dari setengah abad, mobil berevolusi dari kendaraan roda tiga primitif menjadi bentuk transportasi utama bagi Amerika Serikat dan banyak negara lain di seluruh dunia.

Tanpa karya Karl Benz, sejarah mobil mungki tak akan berubah secara drastis. 

2 dari 2 halaman

Cikal Bakal Mercedes Benz

Karl Benz adalah insinyur otomobil Jerman. Bersama Gottlieb Daimler pada masanya, ia dipandang sebagai salah satu pencipta otomobil berbahan bakar bensin.

Putra seorang masinis ini pensiun dari Benz & Co. 1903, tetapi tetap sebagai anggota dari papan pengawas sampai kematiannya. Perusahaan Benz dan Daimler bergabung membentuk Daimler-Benz di 1926, yang kemudian berganti nama menjadi Mercedes-Benz.

Benz meninggal pada 1929 di Ladenburg di Neckar, Jerman.

Loading
Artikel Selanjutnya
25-2-1984: Ledakan Pipa Gas di Brazil Tewaskan 508 Orang
Artikel Selanjutnya
Menyerah, Honda Tutup Pabrik Mobil di Filipina