Sukses

Bagaimana WNI di China Saat Virus Corona Mewabah? Ini Kata Menlu Retno

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi akhirnya memberi penjelasan tentang nasib para WNI yang berada di China terkait menyebarnya Virus Corona dari kota Wuhan.

Liputan6.com, Jakarta - Virus Corona saat ini semakin menyebar dan kian meluas. Tak hanya menimbulkan kekhawatiran di wilayah China, masyarakat dunia pun ikut gempar karena penyebarannya yang sangat pesat. 

Menurut data yang dilaporkan oleh KBRI Beijing, terdapat 428 mahasiswa yang berada di kota Wuhan dan sekitarnya. Sedangkan di Beijing terdapat 1.280 mahasiswa, sementara di Shanghai berjumlah 840. Data tersebut diambil per Desember 2019.

Menanggapi hal tersebut, Menlu Retno pun memberikan pernyataan terkait status WNI yang berada di sana. 

"Kita terus melakukan komunikasi dengan Duta Besar kita yang ada di Beijing mengenai masalah penyebaran virus tersebut dan juga keberadaan warga negara Indonesia yang ada di sana," ujar Menlu Retno.

Menlu Retno menyampaikan bahwa 90% mahasiswa yang berada di Wuhan dan sekitarnya sedang kembali ke Indonesia untuk berlibur. 

Ia menyampaikan hingga saat ini tidak ada WNI yang terjangkit penyakit tersebut. Meskipun begitu, koordinasi dengan universitas-universitas terkait akan terus dilakukan. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.