Sukses

10 Peristiwa Tanah Air yang Jadi Sorotan Dunia pada 2019

Liputan6.com, Jakarta - Di Indonesia, 2019 manjadi tahun yang hangat. Sejumlah peristiwa yang terjadi di Tanah Air pun tak luput jadi sorotan dunia.

Salah satunya, puncak pemilihan presiden Indonesia dalam Pemilu 2019. Demonstrasi mahasiswa di Gedung DPR juga mencuri perhatian dunia.

Berita duka meninggalnya Presiden Ke-3 RI BJ Habibie pun disorot dunia.

Berikut ini 10 peristiwa di Indonesia sepanjang 2019 yang mendapat sorotan dunia:

2 dari 12 halaman

1. Inovasi Live Music di Penerbangan Garuda Indonesia

Inovasi maskapai Tanah Air, Garuda Indonesia yang menyajikan live music akustik di pesawat saat mengudara menarik perhatian dunia. Terobosan baru dalam memberikan pengalaman penerbangan yang berbeda kepada pengguna jasa ini disorot sejumlah media asing.

Kantor berita Prancis AFP yang pertama kali mengulasnya dan kemudian dikutip sejumlah media internasional pada Kamis 10 Januari 2019.

Melalui artikel bertajuk Indonesia airline brings live music to the skies, media Singapura Channel News Asia mengulas singkat terobosan pihak Garuda Indonesia dalam penerbangannya. Sementara Straits Times memasang headline dengan tajuk Experience live music on Garuda flights.

Dari Malaysia, Malay Mail membahas penerbangan Garuda Indonesia GA 408 Rute Jakarta-Denpasar yang mengudara 9 Januari 2019, lewat tulisan Indonesia Airline Brings Live Music To The Skies With In-Flight Concerts.

Isu serupa dimuat media Inggris, Daily Mail, dengan judul Airline brings live music to the skies by staging mid-flight acoustic concerts at 35,000 feet.

 

Selengkapnya...

3 dari 12 halaman

2. Unicorn hingga Suara Ledakan Saat Debat Kedua Capres

Debat capres kedua antara Joko Widodo atau Jokowi dan Prabowo Subianto, berjalan cukup baik. Beberapa hal yang dibahas soal perkembangan ekonomi Indonesia.

Debat Pilpres 2019 kedua pada Minggu 17 Februari 2019 ini diselenggarakan di Hotel Sultan, Jakarta Pusat dengan mengangkat tema energi, pangan, infrastruktur, dan sumber daya alam.

Meski Debat Kedua Capres 2019 yang mempertemukan Jokowi dan Prabowo telah usai, sejumlah hal dalam momen tersebut menjadi sorotan global. Mulai dari respons kedua calon, perihal Unicorn yang dilontarkan kandidat nomor dua, hingga insiden ledakan tak lama pembukaan event tersebut.

Seperti Liputan6.com kutip dari media Singapura, Channel News Asia, pada Senin (18/2/2019), momen debat capres kedua itu diulasnya melalui artikel bertajuk "Indonesian presidential hopefuls vow energy self-sufficiency through palm".

"Dua kandidat presiden Indonesia berjanji pada hari Minggu (17 Februari) untuk mencapai swasembada energi dengan meningkatkan penggunaan bioenergi, terutama didorong oleh minyak sawit, untuk memotong impor minyak yang mahal oleh ekonomi terbesar di Asia Tenggara," tulis Channel News Asia terkait debat capres kedua.

Media Amerika Serikat, Bloomberg juga tak ketinggalan mengulas momen tersebut dengan tulisan "Jokowi Challenger Moots Food Import Suspension in Poll Debate". Di mana turut menyinggung sedikit soal kritik terdahulu para kandidat yang menggunakan teks saat debat pertamanya, namun kini disebutkan bahwa dalam hal konten dan penguasaan panggung keduanya tampil lebih baik.

Isu debat capres kedua ini juga tak ketinggalan jadi sorotan sebuah kantor berita di Spanyol. Efe.com melalui Ahead in polls, Widodo faces second presidential debate before elections.

 

Selengkapnya...

4 dari 12 halaman

3. Pemilu 2019

 

Pemilu 2019 bukan hanya jadi pemberitaan dalam negeri. Namun, masyarakat dunia juga turut mengikutip Pilpres di Tanah Air lantaran berita ini disorot oleh sejumlah media asing.

Situs berita The Guardian yang bermarkas di Inggris menyoroti pesta demokrasi yang berlangsung di Tanah Air. Media tersebut menuliskan bahwa Indonesia adalah negara demokrasi terbesar ketiga di dunia.

"Indonesia adalah negara demokrasi terbesar ketiga di dunia dan mayoritas penduduknya adalah muslim," tulis The Guardian.

Dalam artikel bertajuk "Indonesia's biggest election under way as 193 million march to polls", mereka juga menyoroti soal 193 juta orang yang terdaftar sebagai pemilih di negara kepulauan tersebit.

"Para pemilih berbondong-bondong ke lebih dari 800.000 tempat pemungutan suara di mana mereka akan melubangi surat suara, sebagai tanda pemberian suara mereka." tambah keterangan media tersebut.

 

Selengkapnya...

 

5 dari 12 halaman

4. Plot Pembunuhan 4 Orang Terdekat Jokowi

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengungkap ada empat tokoh yang menjadi target pembunuhan saat kerusuhan Jakarta. Tokoh-tokoh tersebut termasuk dari kalangan pejabat pemerintahan Jokowi.

Tito Karnavian menyebut, empat target itu adalah; Wiranto (Menko Polhukam), Luhut Binsar Panjaitan(Menko Kemaritiman), Budi Gunawan (Kepala BIN) dan Gories Mere.

Pemberitaan seputar upaya dan rencana pembunuhan sejumlah tokoh terdekat Jokowi ini disorot oleh media asing.

South China Morning Post misalnya. Dalam artikel bertajuk "Plot to kill Joko Widodo’s most trusted security officials 'meant to create fear' in Indonesia", memaparkan keterangan polisi tentang upah yang akan didapatkan oleh pembunuh.

Dalam keterangan artikel tersebut, seorang pria dengan inisial HS dibayar hingga Rp 150 juta untuk melakukan pembunuhan tersebut.

Selain itu, media asal China itu menulis pernyataan dari Wiranto ada tujuan dari plot pembunuhan tersebut.

"Plot untuk membunuh tokoh-tokoh nasional dimaksudkan untuk menciptakan rasa takut," kata Wiranto, seperti ditulis oleh SCMP.

 

Selengkapnya...

6 dari 12 halaman

5. Indonesia Tendang Balik 210 Ton Sampah ke Australia

Indonesia baru-baru ini memutuskan untuk segera mengirim kembali delapan kontainer sampah ke Australia. Bobot totalnya mencapai 210 ton. Limbah yang dimaksud adalah sampah kertas yang terkontaminasi oleh limbah elektronik, kaleng bekas, botol plastik, botol oli, dan sepatu tak layak. Beberapa bahkan tergolong sebagai Bahan Berbahaya dan Beracun (B3).

Langkah berani Indonesia itu telah disorot oleh sejumlah media internasional. Sebagian besar melihatnya sebagai bagian dari langkah negara-negara Asia Tenggara memperlihatkan taring kepada dunia: tak ingin dianggap sebagai tempat sampah.

Sebuah artikel di The Guardian yang berjudul "Indonesia sends rubbish back to Australia and says it's too contaminated," yang dikutip Selasa (9/7/2019) adalah salah satunya. Mengawali pembahasan, para pewarta yakni Kate Lamb dan Adam Morton menceritakan tindakan petugas bea cukai RI saat memeriksa sampah impor di Tanjung Perak, Surabaya.

Pada bagian selanjutnya, Lamb dan Morton menghubungkan langkah Indonesia dengan tindakan Malaysia dan Filipina. Memang kedua negara tetangga itu memiliki nasib sama dengan RI: menjadi tujuan sampah impor, khususnya pasca-China melarang impor limbah plastik dari asing.

Kedua pewarta juga menyinggung sikap RI sebelumnya, yakni mengirim kembali 49 kontainer penuh limbah ke Prancis dan negara-negara maju lain. Adapun sebagai pamungkas, Lamb dan Morton menyebut Indonesia tengah memiliki masalah domestik yang memang cukup besar untuk dihadapi.

 

Selengkapnya...

7 dari 12 halaman

6. Keputusan Jokowi Pindahkan Ibu Kota Indonesia

Senin 26 Agustus 2019, teka-teki di mana lokasi Ibu Kota baru Republik Indonesia akhirnya terjawab. Presiden Jokowi mengumumkan, Kalimantan Timur sebagai jawaban atas pertanyaan tersebut.

"Pemerintah telah melakukan kajian-kajian negara lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah sebagian di Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur," kata Jokowi di Istana, hari Senin.

Dari Malaysia, The Star Online yang dikutip Selasa (27/8/2019) mengulasnya melalui artikel bertajuk "Jakarta-based diplomats question capital move". Di mana mengulik soal kantor diplomatik, kantor regional dan waktu relokasi. Situs ini juga membandingkan perpindahan ibu kota Jakarta dengan hal serupa yang dilakukan Korea Selatan pada 2012.

Media Taiwan, Taipei Times, juga turut mengangkat isu yang tengah hangat tersebut dengan tulisan "Jokowi picks new Indonesian capital". Sedangkan Taiwan News melalui "Indonesia to move capital from Jakarta to East Kalimantan". 

Sementara itu, dari Singapura, The Straits Times, memaparkannya dalam artikel "East Kalimantan to be home of Indonesia's new capital: Jokowi".

"Presiden Indonesia Joko Widodo telah memilih Kalimantan Timur sebagai lokasi ibu kota baru Indonesia untuk meredakan ketegangan di Jakarta," tulis media tersebut.

 

Selengkapnya...

8 dari 12 halaman

7. BJ Habibie Meninggal Dunia

BJ Habibie meninggal dunia pada Rabu, 11 September 2019 pukul 18.05 WIB. Ia mengembuskan napas terakhirnya di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta pada usia 83 tahun.

Kabar BJ Habibie meninggal tak hanya menorehkan duka bagi Tanah Air, tapi juga negara lain. Sejumlah media asing dunia turut memberitakan kepergiannya ke haribaan sang pencipta.

Dari Asia, media online ternama Singapura, The Straits Times, mengabarkan kepergian mendiang Presiden Indonesia ke-3 itu dengan tulisan bertajuk "Former Indonesian president Habibie, who described Singapore as a 'little red dot', dies aged 83".

"Mantan Presiden Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie, yang mengizinkan reformasi demokratis dan referendum kemerdekaan untuk Timor Timur meninggal. Dia berumur 83 tahun," demikian tulis media itu seperti dikutip Kamis (12/9/2019).

Masih dari Negeri Singa, Channel News Asia mengangkat isu tersebut dengan artikel berjudul sedikit berbeda, yakni "Former Indonesian president Habibie dies, aged 83". Di dalamnya disebutkan bahwa putra mendiang, Thareeq Habibie, yang mengabarkan kematiannya akibat gagal jantung.

 

Selengkapnya...

9 dari 12 halaman

8. Demo Mahasiswa di Depan Gedung DPR

Kawasan DPR RI mendadak membludak dengan demo mahasiswa dari beragam latar kampus berbeda. Mereka berunjuk rasa menolak sejumlah rancangan undang-undang di depan Kompleks DPR RI yang berujung bentrok.

Area itu penuh dan sesak akibat lautan mahasiswa dan sejumlah elemen masyarakat turun ke jalan mengkritisi langkah DPR RI terhadap sejumlah RUU yang dinilai bermasalah, seperti RUU KUHP, RUU Pertanahan, dan RUU KPK yang telah disahkan beberapa waktu lalu.

Dari Asia, media Malaysia The Star.my memberitakannya melalui artikel bertajuk "Police fire water cannon as Indonesians rally against new penal code".

"Polisi Indonesia menembakkan meriam air dan gas air mata untuk membubarkan protes pada hari Selasa, ketika ribuan mahasiswa berkumpul di kota menyoroti berbagai masalah termasuk hukum pidana baru yang menghukum perzinahan dan merevisi undang-undang korupsi," tulis media tersebut seperti dikutip Selasa (24/9/2019).

Sementara dari Singapura, Channel News Asia, memuat aksi demo mahasiswa berujung bentrok itu dengan "Indonesian police fire tear gas at sex law protesters". Sedangkan Straits Times, mengulasnya melalui "Thousands rally in Indonesia amid controversial criminal code changes".

 

Selengkapnya...

10 dari 12 halaman

9. Wiranto Diserang di Pandeglang

Menkopolhukam Wiranto diserang orang tak dikenal saat berada di Pandeglang, Banten. Insiden itu tak hanya membuat geger Tanah Air tapi juga jadi sorotan dunia.

Sejumlah media asing turut memberitakan tragedi tersebut.

Dari Asia, media Singapura The Straits Times mengangkat penyerangan terhadap Wiranto tersebut dengan tulisan berjudul "Indonesia chief security minister Wiranto attacked by assailant with knife".

"Penyerang itu diduga terpapar radikalisme IS, kata polisi seperti dilansir AFP, merujuk pada kelompok teror ISIS," demikian petikan yang dimuat oleh The Straits Times.

Masih dari Negeri Singa, Channel News Asia, mengulasnya dalam artikel bertajuk "Indonesian security minister Wiranto attacked by man with knife: Police".

Situs Asia Coconut.co juga menuliskan isu tersebut dengan "Indonesia’s top security minister Wiranto attacked with sharp object, police say assailant linked with ISIS". Lalu dari Malaysia, Malay Mail, mengunakan judul "Indonesian security minister attacked by man with knife, say police".

Sementara dari China, South China Morning Post (SCMP) menuliskannya dengan "Indonesian security minister Wiranto injured in stabbing by suspected IS radical: police".

Lalu dari Inggris, portal berita Reuters menuliskan sebuah tulisan dengan judul serupa Channel News Asia, yakni "Indonesian security minister attacked by man with knife: police".

 

Selengkapnya...

11 dari 12 halaman

10. Pelantikan Jokowi - Ma'ruf Amin

Pelantikan presiden dan wakil presiden RI 2019-2024, Jokowi-Ma'ruf Amin telah dilakukan di Gedung MPR/DPR/DPD RI Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (20/10/2019).

Sejak Sabtu malam, aparat keamanan sudah bersiaga. Sebanyak 31 ribu personel gabungan TNI-Polri disiagakan jelang pelantikan Presiden terpilih, Joko Widodo atau Jokowi hari ini.

Acara pelantikan ini  tak hanya menyita perhatian Tanah Air, namun juga menjadi sorotan media asing.

Media asal Singapura, The Straits Times memberitakan acara pelantikan presiden Indonesia dengan judul "President Joko Widodo faces test of leadership in second term."

"Dengan Alquran diletakkan di atas kepalanya, Presiden Indonesia Joko Widodo pada hari Minggu (20 Oktober) membacakan sumpah jabatannya untuk melaksanakan tugasnya dengan "baik dan adil" yang ia bisa, memulai masa jabatan kedua dan terakhirnya di bawah rentetan krisis." Demikian kutipan dari artikel tersebut.

Masih dari negara yang mengutus PM Lee Hsien Loong untuk menghadiri acara tersebut, Channel News Asia turut serta mengulas acara pelantikan dengan tajuk "Indonesia's Jokowi kicks off fresh term with inauguration ceremony." 

Beralih ke media asal India, Bloomberg Quint ikut memberitakannya melalui artikel "Indonesia’s Jokowi Sworn in as Wobbling Growth Tests Reforms".

 

Selengkapnya...

12 dari 12 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Banjir Jakarta Saat Tahun Baru 2020 Jadi Sorotan Media Internasional
Artikel Selanjutnya
7 Foto Menakjubkan dari Antariksa Sepanjang 2019