Sukses

Sulit Tidur? Coba Letakkan 1 Siung Bawang Putih di Bawah Bantal

Taruh bawang putih di bawah bantal, lihat apa yang akan terjadi.

Liputan6.com, Jakarta - Bawang putih, selain sebagai penyedap alami masakan, juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Namun, tahukah Anda bahwa umbi-umbian ini bahkan dapat membantu kita tidur pulas pada malam hari?

Sebuah penelitian menunjukkan, sekitar 40 juta orang di Amerika Serikat menderita masalah tidur kronis jangka panjang dan kadang-kadang solusi efektifnya adalah yang paling sederhana.

Mengutip situs web apost.com, Selasa (19/11/2019), mengonsumsi bawang putih setiap hari dapat membantu mengobati banyak masalah kesehatan seperti kebotakan, penyakit hati, pilek dan flu.

Bahan makanan tersebut bahkan mampu membersihkan arteri kita dengan memurnikan darah. Bawang putih menjadi obat alami untuk menjaga tubuh kita agar tetap bebas dari racun.

Senyawa yang bertanggung jawab atas efek luar biasa dari bawang putih disebut allicin. Aroma bawang putih yang kuat disebabkan oleh allicin dan memiliki sifat antibakteri, antijamur, antivirus dan antiprotozoa yang luar biasa.

Untuk itulah, studi ini menyarankan agar Anda, yang punya masalah dengan tidur atai insomnia, disarankan untuk menempatkan satu siung bawang putih mentah di bawah bantal.

Ini adalah metode kuno dan tradisional untuk membantu menyembuhkan gangguan tersebut.

Banyak budaya zaman dahulu yang menggunakan bawang putih untuk memerangi penyakit dan infeksi. Konon, khasiatnya bisa membuat kita rileks, menghilangkan stres dan kecemasan.

Bawang putih bahkan dianggap lebih kuat daripada beberapa obat kimia modern.

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Lain

Bawang putih sudah terkenal khasiatnya sejak dulu kala. Nenek moyang kita menggunakan bawang putih sebagai pengusir serangga, obat-obatan, penghangat badan, hingga mitos penangkal serangan drakula.

Bawang putih kaya akan vitamin B1, B2, B3, B6, folat, vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, potasium, sodium dan zinc.

Setiap 100 gram bawang putih mengandung 150 kalori, 33 gram karbohidrat, dan 6,36 gram protein.

Jika mengonsumsi bawang putih setiap hari, maka Anda akan merasakan sejumlah hal ini. Mulai dari efek kesehatan hingga penampilan.

Selama ini, makan bawang terlalu banyak dikaitkan dengan bau badan yang menyengat. Namun, sebuah penelitian mengklaim bahwa bau itu tak sepenuhnya membatasi Anda (terutama pria) untuk berkomunikasi dengan lawan jenis.

Bahkan peneliti menyerukan pada pria untuk makan dua siung bawang putih sebelum berkencan dengan wanita.

Penelitian itu menganggap jika bau bawang putih pada tubuh pria membuat wanita tergila-gila. Namun, ilmuan juga menyebut mereka kesulitan menjelaskan apa alasan dari fenomena ini.

Selain itu, bawan gjputih diyakini dapat melindungi kita dari berbagai virus, terutama saat musim dingin tiba. Mengonsumsi bawang putih secara rutin diklaim bisa membuat daya tahan tubuh meningkat.

Bawang putih memang mengandung banyak vitamin dan asam amino. Selain itu, ia memiliki allicin -- senyawa organik yang mampu membunuh bakteri dan jamur.

Catatan: untuk melindungi tubuh, Anda mesti memilih bawang yang segar.

3 dari 3 halaman

Kurangi Tekanan Darah Tinggi

Tambahkan bawang putih ke dalam daftar menu diet Anda jika sedang mengalami tekanan darah tinggi. Bawang putih mampu melebarkan pembuluuh darah dan mengurangi tekanan arteri.

Sakit kepala serta tekanan darah ke jantung akan hilang. Untuk menyembuhkan hipertensi, seseorang harus makan 4 siung bawang putih setiap hari. Selain itu, bawang putih menurunkan kadar kolesterol 'jahat' dalam darah sebesar 10-15 persen.

Bawang putih membuat jantung dan otot bekerja lebih efektif. Jika Anda berolahraga, maka konsumsi bawang putih agar stamina tak banyak yang hilang.

Di Yunani Kuno, ketika tidak ada yang tahu tentang doping, olahragawan Olimpiade diberi makan bawang putih, yang membuat mereka berlari dan melakukan tembakan yang lebih baik dari pesaing mereka.

Selain itu, produk ini juga bermanfaat bagi orang yang tidak terhubung dengan olahraga. Karena fungsinya bisa menghilangkan rasa lelah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.