Sukses

18-11-1978: Bunuh Diri Massal di Kota Sekte Maut Guyana, 909 Orang Tewas

Liputan6.com, Jonestown - Pada 18 November 1978, pendiri Peoples Temple Jim Jones memimpin --tepatnya memanipulasi dan memaksa-- ratusan pengikutnya dalam bunuh diri massal di komune pertanian mereka di sebuah wilayah terpencil Guyana di Amerika Selatan.

Banyak pengikut Jones yang rela menelan pil beracun, sementara yang lain dipaksa melakukannya dengan todongan senjata.

Jumlah kematian terakhir di Jonestown akibat bunuh diri massal pada hari itu adalah 909; sepertiga dari mereka yang tewas adalah anak-anak, demikian seperti dikutip dari History.com, Senin (18/11/2019).

Jim Jones adalah seorang pemimpin karismatik yang mendirikan Peoples Temple (Kuil Rakyat) --sebuah sekte yang mendeklarasikan diri sebagai pecahan Kristen-- di Indianapolis pada 1950-an.

Ia berkhotbah menentang rasisme, dan jemaatnya yang terintegrasi menarik banyak orang Afrika-Amerika.

Pada tahun 1965, ia memindahkan kelompok itu ke California Utara, menetap di Ukiah dan setelah 1971 di San Francisco.

Pada tahun 1970-an, sektenya dituduh oleh media telah melakukan penipuan keuangan, penganiayaan fisik terhadap anggotanya dan penganiayaan anak-anak.

Menanggapi kritik yang memuncak, Jones yang semakin paranoid mengundang jemaatnya untuk pindah bersamanya ke Guyana, di mana ia berjanji mereka akan membangun utopia sosialis.

Tiga tahun sebelumnya, sekelompok kecil pengikutnya telah melakukan perjalanan ke negara kecil untuk mendirikan apa yang akan menjadi 'Jonestown' di sebidang hutan di Guyana. 'Kota' itu diberi nama sesuai dengan pemimpin sekte mereka (Jones dan town yang berarti kota).

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berubah Jadi Kamp Kerja Paksa, Kongres AS Dibunuh oleh Jones

Namun, Jonestown tidak berubah menjadi surga yang dijanjikan oleh pemimpin mereka. Para anggota bekerja berhari-hari di ladang dan dijatuhi hukuman berat jika mereka mempertanyakan wewenang Jones.

Paspor mereka disita, surat-surat mereka ditahan dan anggota-anggota didorong untuk saling memberi informasi dan dipaksa menghadiri pertemuan yang panjang dan larut malam.

Jones, yang pada saat itu dalam penurunan kesehatan mental dan kecanduan obat-obatan, yakin pemerintah AS dan lainnya tengah bertindak untuk menghancurkannya. Dia meminta anggota Kuil untuk berpartisipasi dalam latihan bunuh diri tiruan di tengah malam.

Pada tahun 1978, sekelompok mantan anggota Kuil dan kerabat yang peduli dari anggota saat ini meyakinkan anggota Kongres AS, Leo Ryan, seorang Demokrat California, untuk melakukan perjalanan ke Jonestown dan menyelidiki permukiman tersebut.

Pada 17 November 1978, Ryan tiba di Jonestown bersama sekelompok jurnalis dan pengamat lainnya. Pada awalnya kunjungan berjalan dengan baik, tetapi hari berikutnya, ketika delegasi Ryan akan pergi, beberapa warga Jonestown mendekati kelompok itu dan meminta untuk keluar dari Guyana.

Jones menjadi tertekan karena pembelotan para pengikutnya, dan salah satu tangan kanan Jones menyerang Ryan dengan pisau.

Anggota kongres melarikan diri dari insiden itu tanpa terluka, tetapi Jones kemudian memerintahkan Ryan dan teman-temannya menyergap dan membunuh di landasan terbang ketika rombongan legislator AS itu berusaha untuk pergi.

Anggota kongres Leo Ryan dan empat orang lainnya dibunuh ketika mereka naik pesawat sewaan.

3 dari 3 halaman

'Tindakan Revolusioner'

Kembali di Jonestown, Jones memerintahkan semua orang untuk berkumpul di paviliun utama dan melakukan apa yang disebutnya "tindakan revolusioner."

Anggota termuda dari Peoples Temple adalah yang pertama mati, karena orang tua dan perawat menggunakan jarum suntik untuk menyuntikkan campuran sianida yang kuat, sedatif dan jus buah bubuk ke tenggorokan anak-anak.

Orang dewasa kemudian antre untuk meminum ramuan yang dicampur racun, sementara penjaga bersenjata mengelilingi paviliun.

Ketika para pejabat Guyana tiba di kompleks Jonestown pada hari berikutnya, mereka menemukan tumpukan ratusan mayat. Banyak orang tewas dengan tangan mereka saling berpelukan.

Beberapa penduduk berhasil melarikan diri ke hutan ketika bunuh diri terjadi, sementara setidaknya beberapa lusin anggota Peoples Temple, termasuk beberapa putra Jones, selamat karena mereka berada di bagian lain Guyana pada waktu itu.

Tragedi Jonestown mengakibatkan kerugian nyawa terbesar dalam insiden tunggal yang disengaja, dalam sejarah kehidupan sipil Amerika Serikat --rekor yang kemudian dipecahkan oleh tragedi teror 11 September 2001.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.