Sukses

Siswa-siswi RI Panen Medali di Kompetisi Matematika Hong Kong HKIMO 2019

Liputan6.com, Hong Kong - Tanah Air boleh berbangga, sebab putra-putri bangsa berhasil mengharumkan nama negara melalui sejumlah penghargaan. Sebanyak 28 medali emas berhasil dibawa pulang oleh peserta siswa-siswi Indonesia yang berpartisipasi dalam Hong Kong International Mathematical Olympiad (HKIMO) Final 2019 pada 30-31 Agustus 2019.

Seperti dikutip dari Kemlu.go.id, sekitar 175 siswa-siswi SD hingga SMA asal Indonesia bersaing dengan seribuan peserta dari 29 negara di ajang bergengsi yang digelar di Hong Kong. Selain medali emas, Kontingen Indonesia juga meraih 51 medali perak dan 45 perunggu. 

Melengkapi capaian manis tersebut, Indonesia juga meraih 6 penghargaan khusus berhasil dimenangkan oleh Kontingen Indonesia, dengan rincian sebagai berikut:

- 1 gelar World Star (nilai tertinggi nasional)

- 1 gelar Champions (nilai tertinggi di antara para peserta dari seluruh negara)

- 3 gelar 1st Runner Up, dan

- 1 gelar 2nd Runner Up

2 dari 3 halaman

Kompetisi Junior dan Senior

Layaknya seluruh peserta HKIMO Final 2019 dari negara lain, putra-putri Indonesia juga sebelumnya telah melalui tahap seleksi di Indonesia.

Di Hong Kong, mereka bersaing dalam 2 tingkatan yang dikompetisikan, yaitu Junior dan Senior, pada 31 Agustus 2019.

Dari segi soal, peserta Indonesia harus menghadapi tipe soal yang bervariasi dan berkelas olimpiade internasional. Beruntung, sebagian dari peserta Indonesia telah terbiasa dengan atmosfer kompetisi. Sementara dari segi negara peserta, Australia dan Filipina menjadi saingan terberat dalam HKIMO Final 2019 ini.

"Kami turut berbangga atas capaian siswa-siswi yang kembali mengharumkan nama Indonesia di kompetisi internasional. Semoga prestasi ini dapat menjadi motivasi untuk meraih capaian yang lebih baik ke depannya", ujar Mandala S. Purba, Acting Konsul Jenderal RI Hong Kong.

Koordinator Kontingen Indonesia, Bapak Ami Triono menyampaikan apresiasi kepada KJRI Hong Kong atas dukungan yang diberikan, terutama melihat dinamika yang terjadi di Hong Kong dalam beberapa bulan terakhir. Selanjutnya, dia menyampaikan bahwa para peserta yang meraih medali emas akan bertanding dalam World International Mathematical Olympiad (WIMO) di Tokyo pada akhir Desember 2019.

Disampaikan pula harapan terhadap dukungan Pemerintah Pusat dalam persiapan menuju WIMO 2019 agar kontingen Indonesia dapat meraih hasil maksimal.​

3 dari 3 halaman

Selamat dari Indonesia

Kemenangan itu juga menjadi perhatian pihak Kementarian Luar Negeri (Kemlu). Ucapan selamat pun disampaikan melalui akun Twitter resmi.

"Selamat kepada siswa-siswi Indonesia yang berhasil memborong 28 medali emas di Final Hong Kong International Mathematical Olympiad! Indonesia bahkan menyabet penghargaan nilai tertinggi & World Star! Indonesia bangga #IniDiplomasi," tulis pihak Kemlu melalui akun @Kemlu_RI.

Loading
Artikel Selanjutnya
Indonesia: Vanuatu Politisasi Isu Papua di Dewan HAM PBB
Artikel Selanjutnya
Indonesia Bisa Ambil Peran Jadi Pendamai Dua Korea