Sukses

15-7-2006: Twitter Diluncurkan dan Kicauan Perdana Sang Pendiri

Liputan6.com, Washington DC - Hari itu, 15 Juli 2006, kali pertama Twitter hadir untuk publik. Tepat 13 tahun silam, Twitter diluncurkan dengan nama awal "Twttr". Nama ini diambil dengan mengadaptasi nama kicauan burung.

Dalam kicauan pertamanya di Twitter, sang pendiri Jack Dorsey menulis "just setting up my twttr". Ini sekaligus sebagai tanda dimulainya pengerjaan pengembangan platform tersebut pada 21 Maret 2006.

Dalam kicauannya, Dorsey juga menjelaskan bahwa media sosial itu merupakan wadah berbagi informasi "kecil" yang ia asosiasikan seperti burung yang berkicau, sedikit demi sedikit.

"Kami memilih kata 'Twitter', dan itu nama yang sempurna. Defenisinya merupakan 'ledakan singkat informasi kecil', dan 'celotehan burung'. Dan seperti itulah tepatnya produk ini," ujar Jack Dorsey, seperti dimuat Los Angeles Times.

Lebih lanjut, dalam filosofinya, kicauan burung pada umumnya bukanlah hal yang berarti dan bahkan kurang memiliki makna penting bagi orang tertentu, tapi bisa jadi hal yang berarti bagi orang lain. Kekuatan kata-kata menjadi karakter utama Twitter.

Asal mula Twitter berawal dari acara diskusi yang diselenggarakan oleh sebuah perusahaan podcast bernama Odeo. Jack Dorsey, seorang mahasiswa sarjana di Universitas New York, mengemukakan gagasan Twitter ini sebagai penggunaan layanan pesan singkat untuk berkomunikasi dalam sebuah kelompok kecil.

 

2 dari 3 halaman

Booming pada 2017

Nama asli dari kode proyek ini adalah Twttr, gagasan yang kemudian diungkapkan oleh Evan Williams dikemukakan oleh Noah Glass; terinspirasi oleh Flickr dan kode singkat SMS Amerika yang jumlahnya lima digit.

Para pengembang awalnya memutuskan angka "10958" sebagai kode singkat untuk layanan ini, namun kemudian diubah menjadi "40404" untuk kemudahan "penggunaan dan pengingatan.

Popularitas Twitter mulai meledak pada Maret 2007 saat lebih dari 60 ribu kicauan dikirim per hari dan terus tumbuh dari tahun ke tahun. Pada tahun 2003, Twitter telah menjadi perusahaan besar dengan memiliki 2.000 karyawan dan 200 juta pengguna aktif.

Kemudian pada November 2013, saham Twitter dibuka untuk umum. Dan saat itu, nilainya menjadi US$ 31 juta atau sekitar Rp 430 militar, sebuah pencapaian yang sangat fantastis.

Kendati hingga kini, pengguna Twitter tak sebanyak di Facebook, namun platform berlogo burung biru ini digandrungi para pengguna untuk mendapatkan update berita karena terbukti informasi di Twitter datang lebih cepat dibanding penyedia lainnya, karena kontennya yang bisa dimuat dengan sangat sederhana, dulu maksimal 140 karakter, kini maksimal 280 karakter.

Sama seperti jejaring sosial lainnya, Twitter saat ini tengah menghadapi masalah konten-konten yang bisa tersangkut pidana, seperti konten ujaran kebencian, pelecehan, dan juga adanya isu pelanggaran privasi pengguna.

Sejarah lain mencatat pada 15 Juli pada 1969, Apollo 11 sukses meluncur membawa awak ke bulan. Peluncuran Apollo 11 disaksikan oleh 1 juta orang termasuk Wakil Presiden Amerika, Spiro Agnew, yang mengatakan, "Amerika memasuki abad penemuan".

Kemudian pada 15 Juli 1979, Saddam Hussein sukses menjadi Presiden Irak menggantikan Ahmed Hasan al-Bakr.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
4 Tips Bikin Tagar Sempurna di Twitter
Artikel Selanjutnya
25-8-1989: Voyager 2 Berhasil Mendekat dan Mengabadikan Planet Neptunus