Sukses

BERITA TERKINI:PARA MENTERI JOKOWI-MA'RUF DI KABINET INDONESIA MAJU

14-7-1971: Sepenggal Pesan Terakhir Ungkap Pembunuhan Tiga Turis Prancis

Liputan6.com, Staffordshire - Sejarah hari ini 48 tahun lalu mencatat bahwa pesan terakhir sebelum bunuh diri seseorang mengungkap misteri pembunuhan tiga wisatawan Prancis. Misteri siapa pembunuhnya terkuak setelah jasad lain ditemukan di Staffordshire, Inggris.

Adalah jenazah Michael Bassett (24) yang ditemukan di Ford Escort merah marun oleh dua temannya di sebuah tempat yang indah di dekat Desa Barlaston. Ada pipa dari knalpot di dalam mobil, beserta surat pengakuan dan pistol yang dipegang oleh Bassett.

Surat pengakuan itu, seperti dilaporkan BBC on This Day yang dikutip untuk Today in History, ditulis di atas sebuah koran lokal.

Dia mengaku menembak mati Monique Liebert, 22, dan saudari perempuannya Claudine Liebert, 20 -- keduanya guru di Fontenay le Comte, bagian utara Prancis -- dan tunangan Claudine, Daniel Berland, 20, seorang siswa dari St Medard des Pres di dekat Fountenay.

Dalam suratnya juga menyatakan: "Mereka memprovokasi saya, jadi saya memberi mereka pelajaran."

Bassett adalah seorang salesman penerbitan dan penulis frustrasi yang bermain piano di pub lokal. Dia menghabiskan sebagian besar hidupnya di Barlaston dan tinggal bersama saudara perempuan serta iparnya.

2 dari 3 halaman

Catatan Buku Harian

Misteri pembunuhan turis itu bermula dari temuan jasad di pinggir jalan pada 12 Juli. Para pekerja pertanian melihat salah satu wanita yang sudah meninggal di pinggir jalan, lalu menemukan tenda dan mobil di dekatnya.

Jasad lainnya yang kemudian diidentifikasi sebagai Daniel Berland ditemukan tak jauh dari temuan yang pertama. Saudari perempuan lainnya masih hidup dan sempat dibawa ke Rumah Sakit Chester Royal, tetapi meninggal selama operasi penyelamatan.

Ketiganya -- Monique Liebert, Claudine Liebert dan Daniel Berland -- tiba di Dover pada 6 Juli untuk perjalanan berkemah di sekitar Inggris dan Wales. Mereka semua ditembak mati oleh peluru ukuran 22 - yang ditemukan di tempat kejadian - tetapi senjata pembunuhan itu tidak ditemukan.

Polisi mengatakan tidak ada bukti serangan seksual atau perampokan, tetapi buku harian milik Monique Liebert memberi petunjuk penting tentang gerakan trio sebelum serangan.

Detektif kemudian menelusuri senapan fairground dan mobil Morris 1000 - sejak ditemukan di Lancashire - dicuri dari Rhyl, North Wales pada malam sebelum kejadian.

3 dari 3 halaman

Surat Bunuh Diri

Pemeriksaan di Chester mengungkapkan bahwa tiga turis Prancis itu terbunuh dengan luka tembak di kepala, dada dan perut. Koroner di Stafford mencatat Michael Bassett meninggal karena keracunan karbon monoksida.

Pemeriksaan juga mendapati bahwa ia minum 415 mg alkohol, yang menyebabkan dirinya koma alkoholik.

Dokter keluarganya mengatakan tidak ada riwayat penyakit mental dalam keluarga itu, tetapi catatan bunuh diri yang disegel, tertanggal Mei 1970, ditemukan di kamarnya.

Pemeriksaan baru selesai Agustus 1971 ketika juri di Oakmere, Cheshire menyatakan Bassett bersalah atas penembakan.

Loading
Artikel Selanjutnya
23-10-1989: 23 Orang Tewas Akibat Gas Bocor Berujung Ledakan di Pabrik Plastik AS
Artikel Selanjutnya
22-10-1797: Terjun Parasut Pertama di Dunia Dilakukan dari Langit Paris