Sukses

Bisa Dicoba, Ini 4 Tips Mengeluarkan Serangga di Telinga

Benda asing yang paling sering masuk ke dalam telinga adalah serangga. Semut adalah satu dari sekian banyak serangga tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Telinga adalah salah satu organ tubuh yang paling sensitif. Oleh karenanya, apabila ada benda asing masuk ke dalam saluran telinga bisa berakibat fatal.

Pasalnya selain bisa menyumbat telinga, hal ini juga menyebabkan iritasi bahkan mengganggu pendengaran untuk sementara waktu.

Benda asing yang paling sering masuk ke dalam telinga adalah serangga. Semut adalah satu dari sekian banyak serangga tersebut. Apabila sudah masuk ke dalam telinga, maka akan menyebabkan rasa sakit.

Perlu penanganan khusus untuk membuat serangga itu keluar dari telinga. Seperti dikutip dari laman youmemindbody.com, Jumat (4/6/2019), berikut 4 tips mengeluarkan semut dalam telinga:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Tetap Tenang

Tetap tenang. Itulah hal pertama yang mesti Anda lakukan atau sarankan kepada seseorang yang mengalami hal tersbeut.

Biasanya seseorang yang sudah kemasukan semut atau serangga lain di dalam telinganya akan mudah panik.

Apalagi anak kecil. Jadi pintar-pintar Anda untuk meyakinkan diri sendiri atau orang lain agar tetap tenang dan tidak mudah panik.

3 dari 5 halaman

2. Temukan Posisi yang Nyaman

Letakkan seseorang itu (atau diri Anda sendiri) dalam posisi yang nyaman. Posisi yang paling baik adalah bersandar atau berbaring di permukaan yang datar dengan telinga yang terkena menghadap ke atas.

4 dari 5 halaman

3. Gunakan Minyak Zaitun

Diam dan tuangkan minyak zaitun secukupnya ke dalam telinga yang dimasuki oleh semut atau serangga lainnya.

Memasukkan minyak zaitu digunakan untuk menghentikan serangga dari bergerak di dalam telinga dan serangga itu akhirnya akan mati.

Jika ada dari minyak ini yang tidak tersedia, Anda dapat menggunakan air bersih, tetapi pastikan untuk menuangkannya perlahan-lahan.

5 dari 5 halaman

4. Alkohol

Langkah opsional adalah basahi kapas dengan alkohol. Peras dan biarkan tetesan alkohol menembus telinga.

Hati-hati, ini bisa menyengat dan bisa menyakitkan. Tetapi, alkohol akan menguap dan baunya akan menekan serangga untuk keluar. Ini juga akan mensterilkan telinga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini