Sukses

Pesan dan Ucapan Selamat Uni Eropa Atas Kemenangan Jokowi pada Pilpres 2019

Presiden Dewan Eropa Donald Tusk dan Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker mengucapkan selamat atas hasil Pilpres 2019, yang menyebutkan Jokowi terpilih kembali sebagai pemimpin Indonesia.

Liputan6.com, Brussel - Berdasarkan rekapitulasi suara oleh KPU, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin dinyatakan unggul dalam pilpres 2019 dari pasangan nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga Uno. Sejumlah pemimpin negara lain mengucapkan selamat atas kemenangan petahana tersebut, tak terkecuali organisasi regional Uni Eropa.

Presiden Dewan Eropa Donald Tusk dan Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker mengucapkan selamat atas terpilihnya kembali Jokowi sebagai Presiden Republik Indonesia.

Surat tersebut tertanggal Jumat, 24 Mei 2019 yang disebarluaskan oleh European External Action Service, dikutip dari situs EU News pada Sabtu (25/5/2019).

"Atas nama Uni Eropa, kami ingin mengucapkan selamat kepada Anda dengan hangat, atas terpilihnya kembali sebagai Presiden Republik Indonesia," demikian bunyi surat dengan kop dua instansi tinggi Uni Eropa, Dewan dan Komisi Eropa.

Dalam surat yang dimaksud, Indonesia disebut sebagai mitra utama dalam politik, ekonomi dan perdagangan Uni Eropa.

"Sebagai dua (entitas) demokrasi terbesar dunia, kita berharap dapat memperdalam kemitraan tersebut lebih lanjut. Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif antara Eropa dan Indonesia yang ambisius adalah langkah besar dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat kita," kata Tusk dan Juncker.

Surat bersama dari organisasi regional itu turut memuat harapan bagi pemerintahan baru Republik Indonesia.

"Kami berharap kesuksesan bagi Anda dan pemerintahan Anda, serta berharap agar dapat terus bekerja sama tidak hanya secara bilateral namun juga di dalam ASEAN, ASEM, G20 dan PBB, membangun komitmen kita untuk multilateralisme dan tatanan internasional yang berbasis aturan" lanjut surat tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Inggris Turut Berikan Selamat

Ucapan selamat kepada Jokowi juga datang dari Inggris, negara yang tengah berusaha keluar dari Uni Eropa --di mana proses ini dikenal sebagai Brexit.

Duta besar Inggris untuk Indonesia, Timor Leste dan ASEAN, Moazzam Malik, memberikan ucapan selamat kepada Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin atas terpilihnya sebagai presiden dan wakil presiden RI periode 2019-2024.

Dalam akun Twitter-nya, diplomat yang sudah tinggal di Tanah Air selama 4,5 tahun itu menegaskan bahwa Indonesia merupakan mitra penting bagi Inggris. 

Oleh karena itu, dengan kembali terpilihnya Jokowi sebagai Orang Nomor Satu di Indonesia, Moazzam berharap hubungan kedua negara bisa tetap terjalin dan maju bersama.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Inggris untuk urusan Asia dan Pasifik, Mark Field mengucapkan selamat atas terpilihnya kembali Jokowi sebagai presiden RI untuk masa jabatan kedua.

Berdasarkan rekapitulasi suara pilpres yang selesai pada Senin 20 Mei 2019 malam, dan diumumkan oleh KPU pada Selasa dini hari, pasangan capres dan cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin dinyatakan unggul dari rivalnya, Prabowo-Sandi.

Merespons kemenangan Jokowi - Ma’ruf dalam sebuah unggahan di Twitter, Menteri Mark Field mengatakan, "Selamat Presiden @Jokowi atas kembali terpilihnya Anda. Sangat menanti untuk membangun persahabatan yang luar biasa dan memperkuat hubungan kita selama 70 tahun hubungan diplomatik. #UKRI70."

3 dari 3 halaman

Ucapan Selamat dari Singapura

Jokowi juga mendapatkan ucapan selamat dari salah satu tetangga Indonesia, Singapura. 

Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, pada Selasa 21 Mei 2019, telah mengucapkan selamat.

Berdasarkan rekapitulasi suara yang selesai pada Senin 20 Mei 2019 malam, dan diumumkan oleh KPU pada Selasa dini hari, pasangan capres dan cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin dinyatakan unggul dari rivalnya, Prabowo-Sandi.

Jokowi-Ma'ruf meraih 85.607.362 atau 55,50 persen dari total suara sah nasional. Sementara, pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno meraih 68.650.239 atau 44,50 persen dari total suara sah nasional. KPU menyebut, jumlah suara nasional sebanyak 154.257.601.

Merespons kemenangan Jokowi - Ma’ruf dalam sebuah pernyataan tertulis yang diterima Liputan6.com Selasa 21 Mei 2019, PM Singapura Lee Hsien Loong mengatakan:

"Selamat dari saya atas terpilihnya kembali Anda sebagai PresidenRepublik Indonesia! Mandat kuat yang Anda terima mencerminkan kepercayaan yang telah ditunjukkan oleh orang Indonesia dalam kepemimpinan berkelanjutan Anda, dan visi Anda untuk mengangkat kehidupan semua orang Indonesia."

"Selama masa jabatan pertama Anda, hubungan Singapura-Indonesia dibuatkemajuan yang signifikan. Kami bersama-sama meluncurkan Taman Industri Kendal pada tahun 2016, dan memperingati 50 tahun hubungan bilateral ("RISING 50") pada 2017."

"Kami bekerja sama erat di banyak bidang, termasuk perdagangan dan investasi, digital ekonomi, peningkatan keterampilan, pariwisata, dan pertahanan dan keamanan. Hubungan kita dalam kondisi sangat baik."

"Saya berharap dapat bekerjasama dengan Anda untuk membangun apa yang telah kita capai dan untuk mencari peluang baru untuk kerja sama manfaat rakyat kita," lanjut sang PM Singapura.

"Ho Ching (Istri Lee) dan saya berharap Anda dan lbu Iriana terus sehat dan sukses. Saya berharap dapat melihat Anda di KTT ASEAN di Bangkok bulan berikutnya."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.