Sukses

Presiden Erdogan Ucapkan Selamat Atas Kemenangan Jokowi dalam Pemilu 2019

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengucapkan selamat kepada calon presiden Joko Widodo yang memenangkan Pemilihan Umum 2019 dan terpilih kembali sebagai presiden Republik Indonesia.

"Presiden Turki mengucapkan selamat atas terpilihnya kembali Joko Widodo sebagai Presiden Indonesia," demikian pernyataan dari Kedutaan Besar Turki di Jakarta, Rabu 22 Mei 2019, seperti dikutip dari Antara (23/5/2019).

Dalam pernyataan tersebut, Presiden Erdogan menyampaikan keyakinannya bahwa hubungan dekat antara Indonesia dan Turki yang bersahabat dan kemitraan strategis antara kedua negara akan semakin diperkuat selama masa jabatan Presiden Joko Widodo di periode kedua.

Selain Presiden Turki, ucapan selamat atas terpilihnya kembali Presiden RI Joko Widodo juga datang dari beberapa kepala negara/pemerintahan lainnya, seperti dari Presiden China Xi Jinping, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyelesaikan rekapitulasi Pemilu serentak 2019 pada Selasa 21 Mei dini hari atau lebih cepat satu hari dari batas waktu paling lambat yang ditentukan, yakni 22 Mei. Ini merupakan rekor tersendiri dari KPU yang sebelumnya menyelesaikan penghitungan suaranya hingga menit akhir jadwal yang ditentukan.

KPU langsung mengumumkan hasil seluruh rekapitulasi 34 provinsi dan 130 PPLN, dan untuk pemilihan presiden telah menetapkan perolehan suara Pilpres 2019 dari 34 provinsi dan 130 PPLN, yakni pasangan 01 Jokowi-Ma'ruf memeroleh 85.607.362 suara atau 55,50 persen, sementara pasangan 02 Prabowo-Sandiaga memeroleh 68.650.239 suara atau 44,50 persen.

Jumlah pemilih nasional dalam Pilpres 2019 tercatat 199.987.870 pemilih. Sementara jumlah suara sah Pilpres sebanyak 154.257.601 suara.

2 dari 3 halaman

Donald Trump Ucapkan Selamat kepada Jokowi

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump sebelumnya juga menyampaikan ucapan selamat kepada Presiden Joko Widodo dan rakyat Indonesia atas suksesnya pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019.

Dalam suratnya, Presiden Trump menyampaikan bahwa Indonesia telah melalui proses transformasi demokrasi yang luar biasa dan patut dijadikan contoh bagi bangsa-bangsa lainnya.

Selain itu, Presiden AS ke-45 tersebut menegaskan kembali komitmennya untuk terus memperkuat hubungan bilateral kedua negara.

"Saya ucapkan selamat kepada Anda dan rakyat Indonesia atas pelaksanaan Pemilu yang berlangsung bebas, adil dan damai, serta untuk pertama kalinya, pelaksanaan pemilihan legislatif dan presiden dilaksanakan pada saat bersamaan," kata Presiden Trump mengawali suratnya seperti dikutip dari rilis resmi KBRI Washington DC, Rabu (22/5/2019).

Presiden Donald Trump juga menambahkan bahwa perkembangan demokrasi di Indonesia dalam kurun waktu 20 tahun terakhir ini sangat luar biasa.

"Saya mengetahui bahwa tingkat partisipasi pemilih tahun ini yang mencapai 80 persen merupakan yang paling tinggi. Indonesia patut menjadi contoh bagi bangsa-bangsa lainnya di dunia," ujar Presiden Donald Trump.

Dalam surat tertanggal 21 Mei 2019 tersebut, Presiden Trump juga menyampaikan rasa bangganya atas Kemitraan Strategis yang telah terjalin antara kedua negara, yang merupakan negara demokrasi terdepan di dunia.

"Indonesia dan AS memiliki kesamaan pandangan terhadap isu kawasan dan pentingnya penegakan hukum serta pelindungan kebebasan hak-hak fundamental," tegas Presiden Trump.

Untuk itu, Presiden Trump juga menyambut baik kepemimpinan Indonesia di ASEAN, Dewan Kemanan PBB serta organisasi-organisasi lainnya.

Menutup suratnya, Donald Trump menegaskan kembali komitmennya untuk memperkuat kerja sama kedua negara.

"Saya berkomitmen meningkatkan hubungan kerjasama kita untuk meraih potensi yang sangat besar dalam hubungan dua negara demokrasi," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Simak video pilihan berikut:

Loading
Artikel Selanjutnya
Buka Puasa Bersama Erdogan, Mesut Ozil Picu Kontroversi Lagi
Artikel Selanjutnya
4 Tempat Bersejarah di Istanbul yang Ramai Dikunjungi Selama Ramadan