Sukses

Siapa Sangka, 4 Makanan Ini Bisa Bikin Gigi Putih Secara Alami

Empat makanan ini secara tidak terduga dapat membuat gigi Anda putih alami.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki gigi yang putih adalah dambaan banyak orang. Namun faktanya, menurut Dr Richard Stuenibraw dari Harvard Medical School, definisi gigi putih adalah salah kaprah, karena enamel (lapisan pengemulsi gigi) berbeda-beda pada setiap orang.

"Hal yang seharusnya diperhatikan adalah gigi bersih cemerlang, bukan gigi putih. Ini akan dengan sendirinya memberi 'efek putih' yang menyesuaikan dengan warnan kulit dan juga struktur tulang wajah," ujar Dr Stuenibraw, sebagaimana dikutip dari Aarp.org pada Kamis (4/4/2019).

Sebagaimana kita tahu, kopi, teh, anggur merah, dan minuman soda adalah beberapa sumber pangan yang berisiko menodai gigi, sehingga membuat senyum seseorang terlihat kusam.

Tetapi, ada beberapa makanan umum yang benar-benar dapat membantu memutihkan gigi dari waktu ke waktu. Bahan-bahan alami ini mungkin tidak seefektif produk pemutihan gigi profesional, tetapi harganya murah dan yang pasti, aman bagi kesehatan.

"Deretan bahan alami ini setidaknya mampu membuat gigi Anda terlihat lebih cerah, tanpa menjadikannya berlebihan," jelas Dr Stuenibraw. Berikut adalah 4 rekomendasinya.

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Stroberi

Sari alami stroberi mungkin bisa menodai baju Anda, tetapi kabar baiknya buah ini bisa memutihkan gigi, karena mengandung enzim khusus berjuluk asam malat.

Cobalah menumbuk stroberi dan menggosoknya di gigi Anda. Biarkan selama lima menit lalu bilas dengan air, dan bersihkan untuk terakhir kalinya dengan dental floss.

Dalam sekejap, gigi Anda pun akan terlihat setingkat lebih cerah dibandingkan biasanya.

3 dari 5 halaman

2. Apel, Seledri, dan Wortel

Jenis buah dan sayuran ini memiliki manfaat untuk menghilangkan noda gigi secara alami, dengan mendorong peningkatan produksi air liur, yang berfungsi sebagai agen pembersih mulut.

Dorongan enzim yang diciptakan oleh ketiga bahan pangan ini juga diketahui dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut, serta menumpas faktor-faktor lain pemicu karang gigi.

4 dari 5 halaman

3. Jeruk dan Nanas

Buah-buahan asam seperti jeruk dan nanas juga dapat memicu produksi air liur yang lebih tinggi. Kedua buah ini juga memiliki tingkat keasaman yang pas untuk membunuh bakteri jahat di mulut, sehingga proses pemulasan gigi menjadi lebih efektif.

Caranya juga mudah, yakni cukup mengusapkannya pada permukaan gigi, dan membiarkannya beberapa waktu. Bilas dengan air bersih untuk menghilangkan plak yang terkelupas.

5 dari 5 halaman

4. Yogurt

Produk susu mengandung asam laktat, yang dapat membantu melindungi gigi terhadap kerusakan. Sebuah studi di jurnal Dentistry menemukan anak-anak yang gemar menyantap yogurt empat kali per minggu, memiliki kerusakan gigi lebih sedikit daripada anak-anak yang tidak menyantapnya.

Para peneliti berpikir protein dalam yogurt dapat mengikat gigi dan mencegahnya dari serangan asam berbahaya penyebab gigi berlubang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.