Sukses

Donald Trump Tarik Sejumlah Sanksi Terhadap Korea Utara, Ada Apa?

Belum jelas sanksi apa yang dimaksudkan oleh Donald Trump. Cuitan itu dilaporkan telah memicu kebingungan dalam sistem pemerintahan.

Liputan6.com, Washington DC - Presiden Amerika Serikat Donald Trump memicu kebingungan di antara para pejabat pemerintahannya setelah pada Jumat 22 Maret 2019 mengatakan bahwa dirinya akan menarik sejumlah sanksi terharap Korea Utara yang dikeluarkan oleh pemerintahnya sendiri.

"Diumumkan hari ini bahwa Kementerian Keuangan Amerika Serikat akan menerapkan sanksi tambahan dalam skala besar kepada Korea Utara. Pada hari ini saya telah memerintahkan penarikan seluruh sanksi-sanksi tambahan itu," tulis Donald Trump dalam akun Twitter-nya.

Dikutip dari laman CNN, Sabtu (23/3/2019) Cuitan itu dilaporkan telah memicu kebingungan dalam sistem pemerintahan. Para pejabat Gedung Putih berusaha memahami apa yang dimaksud oleh sang presiden.

Belum jelas sanksi apa yang dimaksud oleh Donald Trump. Namun, belum lama ini Amerika Serikat memasukkan dalam daftar hitam dua perusahaan pengiriman asal China yang diduga telah membantu Korea Utara menghindari sanksi-sanksi yang dijatuhkan kepadanya.

Denuklirisasi

Penasihat kepresidenan Amerika Serikat bidang keamanan nasional mengatakan bahwa Presiden Donald Trump terbuka untuk lebih banyak pembicaraan dengan Korea Utara mengenai denuklirisasi, meskipun ada laporan bahwa mereka mengaktifkan kembali sebagian dari program misilnya.

Aktivitas baru telah terdeteksi di sebuah pabrik yang memproduksi rudal balistik antarbenua (ICBM) pertama Korea Utara yang mampu mencapai Amerika Serikat, lapor surat kabar JoongAng Ilbo dan Donga Ilbo Korea Selatan, mengutip para anggota parlemen yang mendapat pengarahan dari National Intelligence Service.

Kepala mata-mata Korea Selatan Suh Hoon mengatakan kepada anggota parlemen di Seoul bahwa kendaraan kargo terlihat bergerak di sekitar pabrik ICBM Korea Utara di Sanumdong baru-baru ini, JoongAng Ilbo melaporkan, seperti dikutip dari The Malay Mail.

Surat kabar itu juga mengutip Suh yang mengatakan Korea Utara terus menjalankan fasilitas pengayaan uraniumnya di kompleks nuklir utama Yongbyon setelah pertemuan puncak pertama Trump dan Kim di Singapura Juni lalu.

Pabrik Sanumdong memproduksi Hwasong-15 ICBM, yang dapat terbang lebih dari 13.000 km. Setelah uji terbang pada tahun 2017, Korea Utara menyatakan penyelesaian "kekuatan nuklir negara" sebelum melakukan pembicaraan dengan Korea Selatan dan Amerika Serikat tahun lalu.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Trump Kecewa?

Secara terpisah, lembaga think-tank berbasis di Washington DC 38 North dan Center for Strategic and International Studies (CSIS) melaporkan kemarin bahwa situs Sohae Korea Utara, yang dijanjikan Kim Jong-un di Singapura untuk dibongkar, tampaknya akan beroperasi kembali setelah membangun kembali pekerjaan yang dimulai beberapa hari sebelum pertemuan puncak Hanoi.

"Kegiatan pembangunan kembali di Sohae menunjukkan seberapa cepat Korea Utara dapat dengan mudah membuat reversibel setiap langkah yang diambil untuk menghapus program Senjata Pemusnah Massal dengan sedikit keraguan," kata Center for Strategic and International Studies (CSIS).

Itu disebut tindakan "penghinaan" terhadap strategi diplomatik Trump yang menunjukkan kekesalan Korea Utara pada penolakannya untuk mencabut sanksi.

Ditanya kemarin apakah dia kecewa dengan kegiatan Korea Utara baru-baru ini, Presiden AS Donald Trump mengatakan kepada wartawan: "Ini mengecewakan," sambil menambahkan tanpa menjelaskan: "Kita akan lihat. Kami akan memberi tahu Anda dalam waktu sekitar satu tahun."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.