Sukses

Presiden Brasil Dikecam Gara - Gara Unggah Video Tak Senonoh

Presiden Brasil Jair Bolsonaro mendapatkan kritik luas dari masyarakat pascamengunggah video tidak senonoh melalui akun Twitter pribadinya.

Liputan6.com,Brasilia - Warga Brasil diresahkan oleh video berkonten tidak senonoh yang dibagikan oleh Presiden Jair Bolsonaro pada Selasa malam, 5 Maret 2019, melalui akun Twitter pribadinya.

Dalam sebuah twit, Bolsonaro mengunggah video yang memperlihatkan dua pria tengah melakukan tindakan seksual di atas sebuah bus. Tampak salah satu pria mengencingi pria lainnya, yang kemudian disebut sebagai "golden shower", sebuah kata slang untuk praktik buang air yang terkait dengan fetishisme.

Fetishisme adalah kelainan seks yang menyebabkan penderitanya menghubungkan sebuah benda mati tertentu dengan kenikmatan seksual.

Aksi dalam video itu dilakukan oleh sebagian peserta festival jalanan "Carnival" yang ramah terhadap kaum LGBT. Tak diketahui pasti dari mana Bolsonaro memperoleh video tersebut.

Kendati demikian kiriman tersebut telah mendapatkan komentar dari masyarakat luas. Mengutip BBC News pada Kamis (7/3/2019), video itu telah dikomentari sekitar 35.000 kali hingga Rabu 6 Maret, dan ditonton sebanyak 2.430.000 kali.

Sebagian dari komentar berupa kritik yang datang dari berbagai lapisan masyarakat. Sejumlah pihak mengatakan bahwa mengunggah video seperti itu berpotensi menjatuhkan martabat sang presiden Brasil, dan dapat membahayakan apabila ditonton oleh khalayak luas termasuk anak-anak.

Sebagian yang lain mengatakan akan melaporkan presiden untuk konten yang dinilai menyinggung sebagian kelompok dalam masyarakat tersebut.

Dalam sejumlah kritik, para pengguna Twitter menggunakan tagar bernada mengancam seperti #ImpeachmentBolsonaro yang bermaksud sebuah keinginan untuk menjatuhkan dakwaan terhadapnya.

Seorang anggota parlemen dari partai oposisi Brasil mengatakan bahwa pihaknya akan meminta jaksa penuntut untuk menyelidiki apakah presiden telah melanggar hukum privasi dengan memposting video demikian. Hal itu dikarenakan telah beredar kabar bahwa adegan dalam video merupakan peristiwa dalam acara pribadi dan "terisolasi".

Kecaman terhadap Presiden Brasil atas unggahan tidak senonoh itu juga memicu tagar #BolsonaroTemRazao dan #goldenshowerpresident.

 

Simak pula video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bolsonaro Berusaha Mengungkapkan Kebenaran?

Twit berisi video tidak senonoh yang dimaksud telah dibagikan oleh Presiden Bolsonaro saat festival Carnival masih berlangsung.

Ia mengunggah video tersebut dengan tulisan yang seolah berusaha mengungkapkan kebenaran terkait festival yang telah digelar sejak hari Senin.

"Saya tidak merasa nyaman untuk menunjukkannya, tetapi kita harus mengungkapkan kebenaran sehingga penduduk dapat sadar," katanya dalam twit.

Tidak hanya berhenti dengan membagikan video dan menulis twit bernada pembelaan, presiden itu mengajak warganet --khususnya penduduk Brasil-- untuk memberikan tanggapan terkait video yang ia bagikan.

"Inilah yang terjadi pada pesta jalanan Carnival di Brasil. Beri komentar dan buat kesimpulan Anda," imbuhnya, berusaha mengecam apa yang dilihatnya sebagai kemerosotan moral di Brasil.

Bolsonaro, presiden yang resmi menjabat sejak Januari lalu itu memang sering memicu kontroversi dengan membuat pernyataan bernada rasis, homofobia, dan misoginis (merendahkan atau membenci perempuan). Ia menjadi fokus banyak kritik dalam festival Carnival di Brasil.

Di lain sisi, ia terbiasa menggunakan media Twitter untuk terlibat dengan pendukung dan membuat pengumuman resmi.

Hingga berita ini dimuat, belum ada tanggapan dari kantor kepresidenan Brasil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.