Sukses

Kisah 4 Makhluk Kerdil yang Konon Punya Kekuatan Ajaib

Liputan6.com, Jakarta - Makhluk hidup seperti manusia yang berukuran kerdil dalam mitologi Nordik dikenal sebagai kurcaci atau peri baik hati yang menolong tokoh-tokoh di dongeng maupun cerita rakyat.

Tentu kita pernah mendengar kisah para kurcaci yang membantu karakter Snow White, putri cantik yang baik hati.

Berbeda dengan tokoh kurcaci Snow White yang sangat terkenal, empat makhluk bertubuh kerdil berikut sangat jarang kita dengar. Meskipun demikian mereka memiliki kemampuan yang menakjubkan.

Berikut informasi terkait makhluk bertubuh kecil yang ajaib, dilansir dari laman listverse.com pada Sabtu (2/3/2019).

 

Simak pula video pilihan berikut:

2 dari 5 halaman

1. Patupaiarehe dari Selandia Baru

Tokoh Patupaiarehe sangat terkenal di Selandia Baru, bahkan pernah dicetak dalam perangko negara tersebut.

Patupaiarehe, juga disebut Turehu atau Pakepakeha adalah sosok laki-laki seperti peri yang tinggal jauh di hutan dan pegunungan, sebagaimana mitologi yang dipercaya oleh Suku Maori di Selandia Baru.

Patupaiarehe memiliki kulit yang sangat pucat dan rambut pirang merah atau berwarna terang. Kebanyakan cerita mengatakan ukurannya sangat kecil. Meskipun demikian, beberapa sumber juga mengatakan bahwa tokoh itu berukuran seperti manusia atau bahkan raksasa.

Makhluk ini jarang terlihat, karena berada di luar cahaya dan hanya muncul selama senja. Menurut kepercayaan tradisonal setempat, Patupaiarehe akan memainkan seruling dan memberikan mantra kepada manusia.

3 dari 5 halaman

2. Aziza dari Afrika Barat

Menurut kepercayaan orang Dahomey di Afrika Barat, Aziza adalah makhluk mungil seperti peri yang tinggal di hutan.

Mereka terlihat seperti manusia biasa, tetapi mereka sangat kecil dan memiliki sayap yang mirip dengan serangga.

Makhluk ajaib ini murni baik dan membantu manusia yang sedang berburu. Mereka juga mengajar orang bagaimana membuat api kembali ketika manusia tidak memiliki pengetahuan.

Aziza sering bersembunyi dan jarang terlihat karena peri kecil itu malu apabila harus bertemu dengan manusia terlalu sering.

4 dari 5 halaman

3. El Duende

Kisah El Duende berasal dari Semenanjung Iberia dan menyebar ke Amerika Latin, Filipina, dan Guam karena penjajahan.

Ia digambarkan sebagai sosok pria kecil dengan tinggi badan sekitar 90 sentimeter. Menurut mitologi, ia juga selalu mengenakan topi merah dan pakaian yang terbuat dari kulit binatang. Beberapa negara menambahkan hal lain, seperti dia membawa tongkat, berjanggut oanjang, atau tidak memiliki jempol.

Dalam beberapa cerita, dia digambarkan sebagai tokoh jahat yang akan memikat anak-anak ke dalam gua dan mereka akan terjebak selamanya. Dia juga disebut dapat menyelinap masuk ke kamar dan memotong kuku anak-anak yang panjang.

Dalam kisah-kisah lain, ia digambarkan sebagai makhluk yang baik hati membantu orang-orang yang tersesat di hutan, kemudian membimbing mereka pulang.

5 dari 5 halaman

4. Leprechaun dari Irlandia

Salah satu mitos makhluk kecil yang paling terkenal adalah mitos Leprechaun dari Irlandia.

Leprechaun dideskripsikan memiliki tinggi sekitar 60 hingga 90 sentimeter dengan janggut dan wajah seorang lelaki tua.

Mereka mengenakan mantel dan topi yang sangat bagus, sepatu berkualitas tinggi dengan gesper berkilau. Mereka awalnya dikatakan berpakaian merah. Namun, saat ini dikenal mengenakan pakaian hijau --kemungkinan karena warna itulah yang dikaitkan dengan orang Irlandia .

Leprechaun terkenal karena keterampilan dalam pembuatan sepatu. Banyak cerita tentang mereka menyelinap di malam hari untuk membuat sepatu yang indah, biasanya dengan bayaran emas.

Mereka juga musisi berbakat yang dapat memainkan semua instrumen tradisional Irlandia.

Loading
Artikel Selanjutnya
Fakta-Fakta Kanjeng Sultan, Tawaran Surga hingga Julukan dari Makhluk Gaib