Sukses

5 Fakta Unik Kim Jong-un KW Jelang KTT Pemimpin Korut dan Trump di Vietnam

Howard X, peniru Kim Jong-un menjadi sorotan dunia. Perawakannya yang sangat mirip dengan Presiden Korut membuatnya mengalami hal unik dan lucu selama di Vietnam.

Liputan6.com, Hanoi - Pertemuan Puncak (KTT) antara Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un akan diadakan pada 27-28 Februari mendatang. Sejumlah orang terlihat antusias dengan momen tersebut.

Menjelang pertemuan, banyak pula orang ingin menyambut sekaligus merayakan kedatangan kedua pemimpin. Beberapa di antaranya bahkan berusaha keras agar terlihat seperti Donald Trump dan Kim Jong-un.

Howard X adalah salah satu peniru Kim Jong-un yang paling mirip dengan sosok sebenarnya. Pria berkebangsaan China-Australia itu rela terbang ke Vietnam dan menyewa petugas keamanan.

Berikut adalah lima hal menarik tentang Kim Jong-un KW, dilansir dari Channel News Asia, Senin (25/2/2019).

 

Simak pula video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Terbang ke Hanoi Bersama Donald Trump Palsu

Howard X, peniru Kim Jong-un tiba di Vietnam bersama Donald Trump KW, Russel White pada pekan lalu.

Berbeda dengan Presiden Korea Utara asli yang diprediksikan akan datang KTT dengan kereta api, Jong-un KW memilih menumpang pesawat terbang.

Jong-un dan Trump palsu itu kemudian menyewa sebuah hotel di Ibu Kota Hanoi. Di hotel itu mereka merencanakan matang-matang parodi KTT, termasuk mempersiapkan perlengkapan untuk menarik perhatian publik.

Meskipun demikian, belum diketahui sejak kapan keduanya telah berteman.

3 dari 6 halaman

2. Mendadak Jadi Selebriti

Howard dan White mendadak menjadi pusat perhatian orang. Hal itu dikarenakan mereka tampak seperti Kim Jong-un dan Donald Trump sungguhan.

Howard benar-benar memiliki model rambut yang sama dengan Presiden Korea Utara. Begitu pula perawakannya yang berisi dan kulitnya yang putih bersih. Ia juga menyematkan kacamata bergagang hitam.

Sedangkan White selalu berada di samping Howard, dengan memakai atribut seperti Donald Trump. White memiliki rambut oranye, wajah putih kecoklatan, serta memakai topi merah bertuliskan "Make America Great Again".

4 dari 6 halaman

3. Menyewa Sekuriti dan Mengadakan Parodi KTT

Penampilan Howard X dan White semakin sempurna dengan menyewa petugas keamanan palsu untuk menjadi pengawal. Warga Hanoi-pun memiliki kesan bahwa mereka adalah pejabat sungguhan.

Lebih lanjut, keduanya mengadakan pertemuan puncak (KTT) palsu di tangga Gedung Opera Hanoi di tengah kerumunan pers.

5 dari 6 halaman

4. Jong-un KW dan Temannya Diinterogasi Petugas

Dikutip dari Al Jazeera, Howard X dan White ditangkap setelah berkeliaran di jalanan Hanoi dan berpose untuk berfoto-foto dengan penonton.

Ia mengatakan bahwa sekitar 15 polisi dan petugas imigrasi telah menangkap dan menginterogasi dirinya.

"Mereka kemudian mengatakan bahwa ini adalah waktu yang sangat sensitif di kota (Hanoi) karena KTT Trump dan Jong-un. Mereka mereka juga mengatakan bahwa tindakan kami menyebabkan 'gangguan' ... (polisi) menyarankan agar kami tidak melakukan peniruan di depan umum selama waktu sensitif karena presiden ini memiliki banyak musuh dan itu demi keselamatan kami sendiri, "tulisnya di akun Facebook.

Meskipun demikian, pasca ditangkap mereka diantar kembali ke hotel dan diperintahkan untuk tetap diam hingga pihak berwenang memutuskan sanksi.

"Saya tidak terkejut dengan penahanan saya karena melakukan peniruan identitas di Vietnam, (namun) hal itu masih sangat menjengkelkan," tuturnya di halaman Facebook.

6 dari 6 halaman

5. Dideportasi karena Dilahirkan Mirip Jong-un

Baru-baru ini Kim Jong-un KW dideportasi ke Hong Kong, karena petugas imigrasi menyatakan bahwa visanya tidak valid.

Temannya, White yang meniru Trump tidak dideportasi. White diizinkan di Hanoi dengan syarat tidak berlaku menyerupai Trump di depan umum.

Merasa tidak adil, Howard X mengatakan bahwa penyebab ia dideportasi yang sebenarnya adalah karena wajahnya mirip Jong-un. Selain itu karena Presiden Korea Utara tersebut kurang memiliki selera humor.

"Alasan sebenarnya adalah karena saya dilahirkan dengan wajah mirip Kim Jong-un. Itu kriminal sebenarnya," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.