Sukses

Tiap Hari Minum Soda, Waspada 5 Hal Buruk Ini Akan Menimpa Hidup Anda

Liputan6.com, Jakarta - Berapa banyak soda yang Anda minum dalam satu hari? Anda patut waspada. Sebab, ada sejumlah bahaya yang mengintai. Jika tak ingin berakhir buruk, segeralah jauhi minuman berkadar gula tinggi ini.

Menghindari minuman bersoda adalah cara tepat untuk membuat perut tidak buncit. Namun, bukan masalah perut buncit saja.

Ada sejumlah hal buruk yang dapat mengancam manusia. Tak peduli itu wanita atau pria. Minuman soda benar-benar buruk jika dikonsumsi tiap hari.

Seperti dikutip dari laman eatthis.com, Jumat (1/2/2019), berikut 5 hal buruk yang terjadi apabila Anda rutin minum soda:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

2 dari 6 halaman

1. Berat Anda Bertambah

Salah satu efek samping yang akan paling terasa adalah berat badan Anda yang bertambah. Satu kaleng soda mengandung sekitar 150 kalori dan 40 gram gula.

Jika tiap hari minum soda, bukan tak mungkin kalori yang ditimbun mencapai 130.000 dalam satu tahun.

Itu berarti, total lemak yang ditimbun mencapai 6,8 kilogram. Sebuah studi dalam The American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa minuman yang mengandung sirup jagung fruktosa tinggi (yang banyak mengandung soda) terkait dengan obesitas.

 

3 dari 6 halaman

2. Risiko Diabetes Meningkat

Minum soda menyebabkan gula darah Anda meningkat. Jadi tidak mengherankan sebuah penelitian jurnal American Heart Association Circulation menemukan bahwa mengonsumsi minuman yang dimaniskan dengan gula, seperti soda, dikaitkan dengan timbulnya diabetes tipe 2.

Para peneliti dari penelitian ini juga merekomendasikan agar adanya aturan penurunan konsumsi minuman yang dimaniskan dengan gula.

Sehingga risiko penyakit akibat gula darah berlebih tidak terjadi.

 

4 dari 6 halaman

3. Tubuh Anda Berumur Prematur

Kenaikan berat badan dan risiko kanker dari soda dapat membuat Anda bertambah tua dan berumur pendek.

Para peneliti dari University of California, San Francisco menemukan bahwa orang yang mengonsumsi soda terlalu banyak akan kehilangan banyak kromosom dan berkurangnya telomer dalam tubuh.

Ketika telomer lebih pendek, sel tidak dapat beregenerasi dengan cepat, yang berarti penuaan tubuh yang lebih cepat.

Hal ini dapat menyebabkan penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker.

5 dari 6 halaman

4. Kualitas Sperma Turun

Bagi para pria, hal ini juga patut diwaspadai. Sebab, mengonsumsi banyak soda mampu menurunkan kualitas sperma Anda sendiri.

Studi Rochester Young Men, yang meneliti 188 pria muda sehat di University of Rochester, menemukan bahwa partisipan yang minum lebih banyak minuman manis, termasuk soda, mengalami motilitas sperma yang lebih rendah.

 

6 dari 6 halaman

5. Sulit Hamil

Sama seperti pria, ancaman bagi wanita juga menakutkan. Soda dapat mempengaruhi kesuburan. Bahkan, hasil terburuknya susah mendapatkan keturunan.

Menurut sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan dalam jurnal Epidemiology, mengkonsumsi hanya satu (atau lebih) minuman manis setiap hari - baik oleh pria maupun wanita - dikaitkan dengan penurunan kesempatan untuk memiliki keturunan.

Loading