Sukses

Punya Andil Besar, Ini 4 Keluarga Paling Berpengaruh di Dunia?

Ada yang bilang jika harta yang mereka miliki di keluarga ini mampu menghidupi beberapa generasi selanjutnya tanpa bekerja.

Liputan6.com, Jakarta - Berkat dominasi dan andilnya yang sangat besar, sejumlah keluarga ini dinilai paling berpengaruh di dunia.

Mereka memegang sistem pemerintahan dan menjalankan roda ekonomi kawasan. Sehingga peran dan kehadiran mereka jadi kekuatan di wilayah tersebut.

Tak hanya satu orang yang mendominasi, namun satu keluarga juga dikenal. Anak bahkan hingga cucu mereka juga menjalankan misi dan visi keluarga.

Ada yang bilang jika harta yang dimiliki keluarga ini mampu menghidupi beberapa generasi selanjutnya tanpa bekerja.

Seperti dikutip dari laman Brightside.me, Rabu (30/1/2019), berikut 4 keluarga yang disebut-sebut paling berpengaruh di dunia:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Rockefeller

Bisnis dan industri perminyakan memang menjanjikan. Buktinya, miliarder pertama di dunia meraup seluruh kekayaannya dari industri tersebut. Adalah John D. Rockefeller yang menjadi pria pertama penyandang gelar miliarder di dunia dan dengan kekayaannya berhasil menghidupi beberapa generasi keluarganya.

Berawal sebagai penjual permen, Rockefeller menyulap dirinya menjadi pemegang industri perminyakan raksasa di dunia. Bagaimana tidak, pada pertengahan 1880-an, seluruh sumur minyak global berada dalam genggamannya.

Kemampuannya menakuti para pengusaha baru membuatnya berhasil memonopoli 90 persen kilang minyak di dunia. Bakat bisnisnya turun pada sang anak dan hampir semua keturunannya. Salah satu cucunya bahkan pernah menjadi wakil presiden Amerika Serikat (AS).

Tak hanya Rockefeller yang jadi terkenal, tetapi satu keluarga juga mengalami hal serupa.

 

3 dari 5 halaman

2. The Morgans

Berbagai teori politik meyakini bahwa Morgan menentukan arah politik AS dan mengendalikan semua bank di dunia.

John Pierpont Morgan memulai kerajaan keuangan pertama di AS. Dia menjual senjata selama Perang Saudara dan hampir dituntut untuk itu.

Bahkan sekarang, Morgans adalah salah satu keluarga paling berpengaruh di dunia perbankan. Mereka memiliki cabang tidak hanya di AS tetapi juga di Eropa. Beberapa anggota keluarga juga terbiasa mengendalikan General Motors dan General Electric.

4 dari 5 halaman

3. Kerajaan Arab Saudi

House of Saud adalah dinasti kerajaan yang telah memerintah Arab Saudi sejak 1932. Kepala keluarga adalah raja Salman bin Abdulaziz Al Saud dan jumlah anggota keluarga dalam dinasti ini adalah sekitar 25.000.

Kepala keluarga memiliki kekuatan politik absolut dan anggota keluarga memiliki posisi penting dalam pemerintahan dan militer.

Anggota keluarga House of Saud dapat memperoleh pekerjaan apa pun yang mereka inginkan di dalam negeri. Mereka juga mengendalikan sekitar 20 persen dari cadangan minyak global.

5 dari 5 halaman

4. Keluarga Kerajaan Inggris

House of Windsor adalah keluarga kerajaan Inggris Raya. Saat ini, kepala keluarga Windsor adalah Ratu Elizabeth II. Dia adalah Panglima Tertinggi pasukan militer Britania Raya.

Selain dari Britania Raya, Elizabeth II adalah Ratu yang memerintah dari 15 negara merdeka. Politisi mana pun akan iri dengan peringkat Ratu dan tidak ada yang mengejutkan tentang hal itu.

Semua anggota keluarga kerajaan hidup untu pelayanan terutama sosial dan militer, dan melakukan pekerjaan amal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.