Sukses

18-1-1990: Skandal Narkoba Berujung Bui yang Menjerat Wali Kota di AS

Liputan6.com, Chicago - Sejarah mencatat pada 18 Januari 1990 sebagai momen yang tak terlupakan. Salah satu wali kota di Amerika Serikat dipolisikan gara-gara skandal narkoba yang menjeratnya.

Pada akhir operasi gabungan antara agen-agen FBI dan polisi Distrik Columbia, Wali Kota Marion Barry ditangkap dan didakwa atas tuduhan kepemilikan obat-obatan terlarang dan sebagai pengguna crack (kristalisasi bentuk dasar kokain).

Penangkapan itu bermula dari penyelidikan di akhir tahun 1989, di mana pejabat federal tengah menyelidiki Barry atas dugaan kepemilikan dan penggunaan obat terlarang; pada musim gugur kala itu.

Otoritas pun menuntut beberapa rekanan Barry yang juga tersandung kasus serupa, yakni pemakaian kokain, termasuk Charles Lewis, penduduk asli Kepulauan Virgin Amerika Serikat. Dia terjaring dalam penyelidikan narkoba yang melibatkan Barry dan sebuah kamar di Ramada Inn Washington pada Desember 1988.

Seperti dikutip dari History Channel, Jumat (18/1/2018), Barry ketahuan menggunakan barang haram itu bersama seorang perempuan bernama Rahsheeda Moore di Vista International Hotel, di pusat kota Washington. Wanita itu telah setuju untuk bekerjasama dengan Barry terkait pengurangan sanksi atas kasus narkoba sebelumnya.

The Washington Post menyebut, Hazel Diane "Rasheeda" Moore adalah mantan kekasih Pak Wali Kota Distrik Columbia itu. Dia sedang menyamar sebagai seorang informan FBI, ketika mengajak Barry menyewa kamar hotel.

Waktu itu, Rasheeda bersikeras memohon pada Barry agar mau merokok kokain sebelum berhubungan seks, sementara agen di ruangan lain menonton aksinya dari kamera pengintai sambil menunggu Barry menerima tawaran Rasheeda.

"Pelacur itu menjebakku! Jalang itu menipuku!" teriak Barry ketika dia dibawa pergi. "Aku seharusnya tidak datang ke sini ... pelacur sialan".

Pada September 1991, Barry dijatuhi hukuman enam bulan penjara terkait kasus narkoba itu. Ia didakwa dengan tiga tuduhan kejahatan palsu, 10 tuduhan kepemilikan narkoba, dan satu tuduhan pelanggaran konspirasi terhadap kepemilikan kokain, walaupun kokain ini aslinya milik informan pemerintah.

Sementara itu, pada tanggal yang sama tahun 1778, sejarah mencatat bahwa James Cook menjadi orang Eropa pertama yang menemukan Hawaii di Amerika Serikat, yang ia sebut "Kepulauan Sandwich".

Sedangkan pada 18 Januari 2007, badai terkuat di Inggris dalam 17 tahun terakhir menewaskan 14 orang dan menjadi badai terburuk di Jerman sejak 1999, yang menelan korban jiwa 13 orang. Badai Kyrill menyebabkan sedikitnya 44 orang tewas di 20 negara di Eropa Barat.

 

Saksikan juga video berikut ini:

Penemuan Bangkai Paus Raksasa Sepanjang 10 Meter

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Kennedy, Obama hingga Trump, 7 Debat Capres Paling Krusial dalam Sejarah AS
Artikel Selanjutnya
AS dan Rusia Gagal Selamatkan Perjanjian Rudal Nuklir, Kenapa?