Sukses

13-1-1982: Pahlawan Misterius dalam Kecelakaan Pesawat Air Florida

Pada 13 Januari 1982, di tengah badai salju, pesawat Air Florida Penerbangan 90 mengalami celaka. Di tengah tragedi, muncul seorang pahlawan.

Liputan6.com, Washington DC - Pada 13 Januari 1982, di tengah badai salju, pesawat Air Florida Penerbangan 90 menghantam jembatan 14th Street Bridge, menabrak tujuh kendaraan yang ada di sana, sebelum akhirnya jatuh ke Sungai Potomac yang permukaannya dilapisi es beku.

Kecelakaan yang menimpa Boeing 737-222 dengan kode register N62AF itu hanya berjarak 2 mil atau 3,2 kilometer dari Gedung Putih.

Mereka yang menyaksikan kecelakaan maut tersebut berpikir, tak mungkin ada yang selamat. Sebanyak 74 penumpang dan lima awak pesawat pasti tewas di dalam bangkai baja yang perlahan menghilang ke dalam air.

Namun, satu demi satu, enam penyintas muncul ke permukaan. Nyaris putus asa, mereka berpegangan ke ekor pesawat agar bisa mengambang.

Seperti dikutip dari NBC News, Sabtu (12/1/2019), tak mudah untuk bertahan hidup. Mereka harus susah payah berenang, melewati sahabat, teman duduk, bahkan pasangan yang sudah jadi mendiang. Dan, jika tak segera dievakuasi, para penyintas sadar benar, mereka akan segera tenggelam dan bergabung dengan para korban yang terperangkap dalam bangkai pesawat.

Enam orang itu jauh dari sehat. Ada yang retak tangan, kaki, atau keduanya. Tangan mereka yang beku mencengkeram ekor pesawat yang licin.

"Tolong kami," mereka berteriak. "Kami akan mati di sini."

Kala itu, mereka berada hanya beberapa meter dari pesisir Virginia. Namun, sekeliling mereka dipenuhi es tebal yang lancip.

Mengirim kapal penyelamat ke lokasi para korban sama saja bunuh diri. Sementara, mengirimkan helikopter di tengah badai justru bisa membuatnya jatuh.

Ada yang mencoba menggunakan truk pemadam kebakaran, mengulurkan tangga yang ada di sana. Cara itu tak berhasil. Seseorang mencoba turun, berjalan di atas es, dan mengulurkan tali tambang yang dibawanya. Tapi, ia tak bisa mendekat dan nyaris pingsan saat ditarik balik.

Dua puluh menit setelah kecelakaan, matahari mulai tenggelam, namun tak ada yang bisa lokasi kecelakaan pesawat. Peluang para penyintas untuk selamat kian menipis. Harapan mereka nyaris pupus.

Tiba-tiba, bak keajaiban, sebuah helikopter penyelamat muncul di langit yang mulai gelap, menjatuhkan pelampung dekat seorang penyintas, lalu tak lama kemudian mengangkatnya dari air.

Pria berikutnya yang menerima pelampung itu menyerahkannya kepada yang lain, seorang perempuan.

Helikopter kemudian mengangkat perempuan ke tempat yang aman, lalu berbalik.

Saat pelampung jatuh di dekatnya, pria yang sama memberikannya ke orang lain. Lagi dan lagi.

Pria misterius tersebut terus menyerahkan pelampung ke orang lain, meski ia tahu benar, itu mungkin kesempatan terakhirnya untuk bertahan hidup.

Benar saja, saat helikopter kembali untuk mengangkat penyintas terakhir, mereka tak menemukan seorang pun di sana. Pria itu lenyap di bawah es.

Orang-orang itu bertanya-tanya, siapa gerangan sosok pahlawan misterius itu? Dan mengapa ia mengorbankan nyawanya untuk orang lain?

Apalagi, dia bahkan tidak bisa melihat wajah orang-orang yang dia selamatkan, karena mereka berada di sisi berlawanan dari puing pesawat. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sosok Pahlawan Misterius Terkuak

Tak ada yang tahu siapa sosok pahlawan misterius itu. "Dia terlihat seperti pria paro baya, hmmm...mungkin botak," hanya itu yang bisa diucapkan pilot helikopter penyelamat.

Jutaan pemirsa televisi yang terpaku menyaksikan tayangan langsung penyelamatan para korban dari Sungai Potimac juga tak mengenalinya.

Namun, petugas forensik akhirnya menemukan petunjuk penting: dari 74 jasad yang dievakuasi, hanya satu orang dengan paru-paru penuh air.

Orang itu adalah satu-satunya yang berhasil keluar dari pesawat namun tak lolos dari Sungai Potomac. 

Namanya adalah Arland Williams Jr. Pria 46 tahun tersebut adalah pegawai bank federal.

Seperti dikutip dari Washington Post, identitasnya diumumkan langsung oleh Presiden Ronald Reagan -- sebagai pahlawan yang mengorbankan nyawanya untuk orang lain.

"Anda bisa melanjutkan hidup dengan kebanggaan luar biasa...," kata Presiden Reagan pada orang tua dan dua anak Arland Williams Jr saat menyerahkan penghargaan Williams the Coast Guard's Gold Lifesaving Medal secara anumerta dalam sebuah upacara di Oval Office.

Penghargaan tersebut diberikan setelah sang ibu, Virginia Williams of Mattoon menulis surat pada presiden, mempertanyakan apakah ada yang bisa dilakukan untuk menguak misteri terkait putranya.

"Saya tidak menuntut penghargaan. Yang saya minta adalah pengakuan bahwa ia adalah seorang pahlawan yang nyata, bukan pahlawan misterius," kata dia.

Selain kisah pahlawan misterius dalam kecelakaan Air Florida, sejumlah peristiwa bersejarah juga terjadi pada 13 Januari.

Pada 1992, Jepang meminta maaf karena memaksa wanita Korea ke dalam perbudakan seksual pada masa Perang Dunia II.

Sementara, pada 2001, gempa bumi melanda El Salvador. Lebih dari 5.000 orang tewas karenanya

Dan, pada 13 Januari 2012, kapal pesiar Costa Concordia kandas di perairan dangkal dekat Isola del Giglio, Italia. Sebanyak 17 orang tewas. 

Dan, berbeda dengan apa yang dilakukan Arland Williams Jr, kisah kepengecutan sang kapten yang ngacir duluan menonjol dalam tragedi Costa Concordia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.