Sukses

Ini 4 Hal yang Akan Terjadi Jika Ratu Elizabeth Wafat dan Pangeran Charles Jadi Raja?

Setelah Ratu Elizabeth II turun takhta, maka Pangeran Charles yang akan menggantikannya. Ini sejumlah hal yang akan terjadi jika ia menjadi raja?

Liputan6.com, London - Ratu Inggris Elizabeth II sudah sepuh, usianya 91 tahun. Namun, hingga kini, suksesi di Kerajaan Britania Raya masih jadi teka-teki, akankah Pangeran Charles atau Pangeran William yang akan naik takhta.

Namun, jika dilihat dari susunannya, Chales yang berhak mengisi posisi tersebut. Dalam tradisi kerajaan, akan ada sejumlah perubahan dan prosesi saat pergantian raja atau ratu berganti.

Jikalau Pangeran Charles naik menjadi raja, tentu akan ada hal yang terjadi.

Seperti dikutip dari laman honey.nine.com.au, Jumat (9/11/2018), berikut 4 hal yang diperkirakan akan terjadi apabila Pangeran Charles menjadi raja:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Transisi Awal

Transisi Pangeran Charles menjadi raja akan terjadi secara otomatis apabila Ratu Elizabth ingin turun takhta atau meninggal dunia.

Apabila ratu wafat, maka akan ada periode berkabung terlebih dahulu ke publik. Dengan cara ini mungkin akan terasa lebih sulit.

Sebab, mereka masih ingat akan jasa Ratu Elizabeth dan sudah dibayang-bayangi dengan sosok Charles yang rekam jejaknya tak mulus.

Menurut The Guardian, "Sehari setelah kematian ratu, bendera akan dinaikkan setengah tiang sebagai bentuk berkabung."

 

3 dari 5 halaman

2. Ganti Nama?

Ada tradisi bahwa raja diperbolehkan mengubah nama mereka ketika mereka naik takhta. Kala itu, Ratu Elizabeth lebih memilih untuk mempertahankan nama aslinya, ketika ditanya apakah dia ingin mengganti panggilan.

Diharapkan bahwa Charles akan mempertahankan namanya karena koneksi yang ada dengan monarki. Karena itu ia akan menjadi Raja Charles III.

 

4 dari 5 halaman

3. Akankah Camilla Menjadi Ratu?

Sebagai istri kedua Pangeran Charles, ada spekulasi tentang apakah Camilla akan secara otomatis mengambil alih gelar Ratu.

Sebuah jajak pendapat yang baru-baru ini dilakukan oleh Daily Express menemukan bahwa 67 persen orang menentang rencanan untuk menjadikan Camilla sebagai ratu.

Namun, pendapat lain menyebut jika Camilla akan tetap memperoleh gelar ratu. Akan tetapi ia tidak mempunyai wewenang untuk mengambil kekuasaan.

 

5 dari 5 halaman

4. Perubahan Lain

Banyak perubahan kecil lainnya akan terjadi di Inggris apabila Pangeran Charles diangkat menjadi raja.

Misalnya, uang kertas dan koin harus diubah dari waktu ke waktu. Cypher pada kotak pos juga akan berubah (yang baru dicetak dengan C III R, bukan E II R).

Nama-nama yang selama ini beredar Her Majesty akan berubah menjadi His Majesti.

Lagu kebangsaan Inggris juga akan berubah dari God Save The Queen menjadi God Save The King.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.