Sukses

AS Persiapkan Langkah untuk Tekan Pemerintah Venezuela

Liputan6.com, New York - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo mengatakan bahwa AS telah mempersiapkan serangkaian tindakan dalam beberapa hari ke depan untuk meningkatkan tekanan terhadap pemerintah Venezuela.

"Dalam beberapa hari ke depan anda akan melihat serangkaian tindakan untuk terus menekan pimpinan Venezuela yang bekerja bertentangan dengan kepentingan terbaik rakyat Venezuela," ujar Pompeo.

"Kami bertekad untuk memastikan rakyat Venezuela berhak menyuarakan kehendak mereka," tambah Pompeo tanpa merinci apa yang dimaksud dengan tindakan tadi, demikian dikutip dari laman VOA Indonesia, Minggu (23/9/2018).

Permintaan kepada kementerian luar negeri Venezuela untuk menanggapi pernyataan Pompeo itu tidak mendapat respons.

Pemerintahan Trump secara berangsur terus meningkatkan sanksi terhadap para pejabat pemerintahan kiri Presiden Nicolas Maduro, menuduhnya menyumbat demokrasi dengan memenjarakan para pemimpin oposisi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perekonomian Venezuela Ambruk

Sebagai negara minyak yang dulu kaya, Venezuela dicengkeram oleh krisis bersejarah yang lebih dalam daripada Depresi Besar (Great Depression) di Amerika Serikat pada dekade 1930-an.

Rakyat Venezuela dikabarkan berjuang keras untuk bisa membeli makanan dan obat-obatan yang semakin langka. Bahkan, banyak dari mereka yang nekat pergi ke luar negeri untuk mencari kehidupan lebih baik.

Banyak ekonom memperkirakan inflasi Venezuela pada tahun ini akan mencapai 1 juta persen.

Presiden Maduro baru-baru ini meluncurkan reformasi yang ditujukan untuk menyelamatkan ekonomi Venezuela, di mana mencakup penciptaan mata uang baru, peningkatan upah minimum lebih dari 3.000 persen, dan menaikkan pajak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.