Sukses

5 Negara Ini Tercatat Bebas dari Utang Dunia

Negara-negara maju seperti Amerika Serikat, China, dan Jepang memiliki utang negara yang sangat besar. Lain halnya dengan negara kecil ini.

Liputan6.com, Jakarta - Hampir setiap negara di dunia memiliki utang dengan angka terhadap GDP yang berbeda-beda, termasuk Indonesia.

Negara-negara maju seperti Amerika Serikat, China, dan Jepang pun memiliki utang negara yang sangat besar. Hanya sedikit negara yang bebas utang, alias tidak memiliki sepeser pun pinjaman pada pihak mana pun.

Kebanyakan adalah negara-negara kecil. Seperti dikutip dari laman debtacademy.com, Kamis (13/9/2018), berikut lima negara di dunia yang terbebas dari utang.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Makau

Negara ini dikatakan seperti Las Vegas tanpa ketersediaan kokain dan steroid. Bahkan, ada survei yang menyebut bahwa Makau lebih besar dari pada Las Vegas dalam segi pendapatan.

Menurut Economic Intelligence Unit (EIU), Makau adalah negara dengan pertumbuhan tercepat di dunia.

Bahasa utama yang diucapkan adalah bahasa Portugis dan Kanton. Sekitar 50 persen penduduknya beragama Buddha.

3 dari 6 halaman

2. Kepulauan Virgin Britania Raya

Kepulauan Virgin Britania Raya dikenal luas sebagai British Virgin Islands. Negara ini adalah wilayah non-kedaulatan Inggris.

Mereka mengatur sendiri pendapatannya meski hanya pulau kecil. Kepulauan Virgin Britania Raya dianggap sebagai salah satu wilayah paling makmur di Kepulauan Karibia.

 

4 dari 6 halaman

3. Palau

Negara ini juga memiliki utang nol dolar. Hamparan bukit-bukit yang indah dan samudra biru membentuk pemandangan yang indah.

Orang yang berkunjung ke negara ini sangat menyukai snorkeling. Jumlah pulau di negara ini sekitar 300. Negara ini terletak di Samudra Pasifik. Populasinya adalah sekitar 21.000 orang.

5 dari 6 halaman

4. Liechtenstein

Liechtenstein merupakan negara dengan sistem pemerintahaan yang berbentuk monarki konstitusional. Negara dengan ibu kota Vaduz ini dipimpin oleh seorang pangeran. Letaknya ada di Pegunungan Alpen -- Selatan Eropa.

Posisi Liechtenstein diapit oleh dua negara besar seperti Swiss dan Austria. Bagi sebagian orang, Liechtenstein adalah negara impian karena memiliki keindahan alam yang luar biasa.

Kuatnya perekonomian di negara ini juga didukung oleh sedikitnya masyarakat yang menjadi pengangguran. Bahkan, tingkat penganggurannya tergolong rendah di dunia.

6 dari 6 halaman

5. Brunei Darussalam

Sejak 1984, Brunei telah dinyatakan sebagai negara yang resmi merdeka. Sebagian besar penduduknya terlibat dalam industri minyak dan gas.

Dua persen lahan yang di Brunei Darussalam bergerak di sektor pertanian. Negara ini berbatasan langsung dengan Laut Cina Selatan, yang menghubungkan Pasifik dan Samudera Hindia dan 90 persen dari pendapatan negaranya adalah produksi gas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.