Sukses

Kebakaran di Bangsal Rumah Sakit Taiwan, 9 Orang Tewas

Kebakaran terjadi di bangsal lantai tujuh rumah sakit di Kota New Taipei, Taiwan, pada Senin pagi.

Liputan6.com, Taipei - Kebakaran melanda sebuah rumah sakit di Taiwan. Media pemerintah melaporkan, setidaknya sembilan orang tewas dalam insiden tersebut.

Seperti dikutip dari BBC, Senin (13/8/2018), kebakaran terjadi di bangsal lantai tujuh rumah sakit di Kota New Taipei pada pagi hari. Sekitar 16 orang lainnya, termasuk pasien dan staf yang jadi korban, kini berada dalam kondisi kritis.

Penyebab kebakaran di Taiwan sejauh ini belum diketahui pasti, meski laporan media mengatakan kemungkinan akibat masalah listrik di tempat tidur jenis moveable bed.

Laporan mengatakan 33 pasien dan tiga staf dievakuasi dari rumah sakit di Weifu, wilayah utara kota itu setelah kebakaran terjadi pada pukul 04.36 pada Senin.

Menurut kantor berita media Taiwan, CNA, polisi menemukan bahwa bangsal itu tidak dilengkapi dengan "peralatan penyedot asap yang seharusnya".

Wartawan BBC, Cindy Sui di Taipei mengatakan kebakaran umum terjadi di Taiwan karena tindakan pencegahan kebakaran tak diterapkan secara ketat.

Pada 2012, kebakaran rumah sakit menyebabkan 12 pasien tewas dan setidaknya 60 lainnya luka-luka.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kebakaran Bus di Taiwan

Selain di permukiman dan rumah sakit, kebakaran di Taiwan juga pernah melanda sebuah bus wisata yang membawa wisatawan dari Tiongkok. Insiden itu terjadi di jalan raya sibuk dekat ibu kota negara tersebut.

"Bus itu membakar 26 orang di dalamnya hingga tewas," kata seorang pejabat, seperti dikutip dari New York Times, Selasa, 19 Juli 2016.

Kecelakaan itu terjadi di Jalan Raya Nasional No 2 di Taoyuan, di mana bandara internasional di negara pulau itu terletak. Demikian disampaikan layanan pemadam kebakaran dan penyelamatan dalam sebuah pernyataan.

"Sebanyak 24 orang di dalam mobil itu adalah para pengunjung dari Provinsi Liaoning, China, yang dijadwalkan terbang pulang pada Selasa sore. Dua korban tewas lainnya adalah pengemudi dan pemandu wisata dari Taiwan," jelas layanan tersebut.

Situs surat kabar Taiwan, China Times mengatakan bahwa tidak yang selamat dalam insiden kebakaran bus tersebut. Mayoritas jasad korban ditemukan dalam kondisi mengenaskan.

Tidak ada penyataan resmi terkait penyebab kebakaran. Kantor berita resmi Taiwan, Central News Agency dan media lainnya melaporkan bahwa bus meledak setelah kehilangan kendali dan menabrak penjaga rel jalan raya. Namun, urutan kejadian itu belum dapat dipastikan.

Dari foto-foto yang beredar di lokasi kejadian, terlihat api dan asap hitam tebal dari bus berisi turis China yang terbakar.

Sebanyak 13 kendaraan pemadam kebakaran dan 30 petugas pemadam dikirim ke tempat kejadian. Namun api tampaknya menyebar terlalu cepat dan sulit dipadamkan.

Setelah api padam, terlihat kendaraan itu hangus menghitam setiap sudutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.