Sukses

Wajib Coba, Ini 7 Bahan Makanan yang Bisa Buat Kulit Sehat dan Berseri

Bagi Anda yang tidak punya dana lebih ada alternatif lain. Dengan mengonsumsi sejumlah makanan ini, kulit Anda bisa sehat dan berseri-seri. Coba saja!

Liputan6.com, Jakarta - Untuk mempercantik diri dan memperindah kulit, seseorang bisa menghabiskan dana hingga jutaan rupiah. Sejumlah perawatan kulit yang ditawarkan oleh produk kecantikan pun tak kalah gencar-gencarnya.

Baik perempuan maupun laki-laki pun tak sungkan datang ke tempat perawatan agar kulit mereka bisa putih dan bersinar.

Namun bagi Anda yang tidak punya dana lebih, ada alternatif lain dengan mengonsumsi sejumlah makanan yang bisa membuat kulit Anda sehat dan berseri-seri.

Kandungan dalam bahan makanan itu bisa mempersehat kulit tanpa harus menjalani perawatan dari dokter yang sangat menguras isi kantong.

Seperti dikutip dari laman Eatthis.com, Rabu (4/7/2018), berikut 7 bahan makanan yang dapat membuat kulit Anda sehat dan berseri-seri:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Tomat

Likopen adalah pigmen organik yang memiliki khasiat antioksidan kuat. Antioksidan sangat penting untuk menjaga kesehatan jaringan dan organ karena berfungsi sebagai penangkal radikal bebas dalam tubuh.

Untuk mendapatkan kandungan ini, Anda bisa menemukannya dalam buah tomat. Selain mendapatkan dapat menangkal radikal bebas, buah tomat juga dapat melindungi diri dari sinar UV.

Sebuah studi di British Journal of Dermatology menyebut, seseorang yang mengonsumsi lima sendok makan pasta setiap hari mengalami peningkatan perlindungan kulit sebanyak 33 persen.

 

3 dari 8 halaman

2. Wortel

Ternyata, wortel tidak hanya baik untuk kesehatan mata, tetapi sayuran yang sangat digemari oleh kelinci ini juga mampu menghilangkan jerawat Anda.

Wortel kaya akan kandungan vitamin A dan antioksidan yang mampu mencegah radikal bebas. Itu berarti kulit Anda akan tetap halus dan terhindar dari kekeringan. Selain itu vitamin A memainkan peran penting dalam mengurangi perkembangan sel-sel kanker kulit.

 

4 dari 8 halaman

3. Ubi Jalar

Sebuah studi dalam Journal Evolution and Human Behavior menyebut, dengan mengonsumsi buah dan sayuran akan membuat kulit lebih cerah, sehat, berseri dan terlindungi dari paparan sinar matahari.

Salah satunya adalah ubi jalar panggang. Ubi jalar adalah salah satu jenis bahan makanan yang tergolong dalam sayuran merah dan oranye.

Makanan dengan warna merah dan oranye ini memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit. Karena dalam kandungan kulitnya mengandung karotenoid.

Karotenoid adalah pigmen organik yang ditemukan dalam kloroplas dan kromoplas.

5 dari 8 halaman

4. Kunyit

Kunyit termasuk salah satu tanaman rempah-rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman ini kemudian mengalami penyebaran ke daerah Malaysia, Indonesia, Australia bahkan Afrika.

Bumbu yang satu ini juga memiliki manfaat untuk melindungi kulit. Menurut sebuah penelitian di Oncogene, antioksidan aktif kunyit bernama kurkumin, telah terbukti menjadi salah satu opsi pertempuran anti-inflamasi dan radikal bebas yang paling efektif.

Rempah-rempah ini juga dapat digunakan untuk meringankan bercak-bercak pigmentasi gelap atau bekas luka yang disebabkan oleh penuaan, ketidakseimbangan hormon, atau paparan sinar matahari dengan menghambat enzim di kulit.

 

6 dari 8 halaman

5. Salmon

Selain merupakan salah satu sumber anti-inflamasi omega-3 yang paling ampuh, salmon juga mengandung dimethylaminoethanol (DMAE). DMAE dapat memperhalus kulit Anda.

Nutrisi ini juga membantu mencegah produksi asam arakidonat (AA) -- peradangan yang menyebabkan kulit keriput.

 

7 dari 8 halaman

6. Pepaya

Buah tropis yang satu ini mengandung sejumlah enzim aktif yang mampu memberikan manfaat bagi manusia. Salah satu zat yang terkandung dalam buah ini adalah chymopapain -- mencegah peradangan kulit.

Ada pula zat papain yang dapat membantu menghilangkan noda dan bahkan mengobati jerawat.

 

8 dari 8 halaman

7. Almond

Almond adalah salah satu jenis buah yang memiliki kulit luar atau cangkang yang sangat keras. Banyak orang mengira almond adalah bagian dari biji-bijian, padahal bukan. Almond bisa dimakan langsung tanpa harus diolah.

Almond kaya akan salah satu vitamin yang paling sering dikaitkan dengan perawatan kulit, vitamin E. Itu karena vitamin ini membantu memperbaiki sel pada lapisan dalam dan luar kulit.

Almond juga mengandung antioksidan sangat penting untuk menjaga kesehatan jaringan dan organ karena berfungsi sebagai penangkal radikal bebas dalam tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.