Sukses

Viral, Video Iklan Alat Cukur Ini Pajang Wanita Berbulu

Iklan alat cukur asal AS, Billie Razor, viral dan menuai pujian, karena disebut sebagai iklan silet pertama yang menampilkan wanita berbulu.

Liputan6.com, Washington, D.C - Sebuah produk alat pencukur bulu untuk wanita, Billie, tengah menjadi sorotan di Amerika Serikat dan menjadi viral di media sosial. Mengapa?

Produk tersebut tengah menjadi pembicaraan karena video promosi terbarunya yang menampilkan wanita-wanita dengan rambut yang belum dicukur.

Dalam iklan yang beredar dan kemudian viral, seperti dikutip dari BBC, Minggu (1/7/2018), perusahaan alat cukur untuk wanita itu menayangkan sejumlah perempuan dengan rambut ketiak, kaki dan bagian tubuh lain yang belum dicukur.

"Body hair, everyone has it," demikian pembuka dalam iklan Billie, kata-kata sederhana yang belakangan memicu perdebatan di AS dan sekitarnya pekan ini.

Setelah itu, video viral tersebut menampilkan aksi sejumlah wanita mencukur rambut pada tubuh mereka.

Tayangan iklan itu berbeda dari produk sejenisnya, yang biasanya menampilkan wanita dengan kaki sempurna, mulus tanpa bulu.

Perusahaan razor atau alat pencukur merek Billie mengatakan, itu adalah iklan pertama yang menampilkan wanita dengan rambut tubuh dalam 100 tahun. Hasilnya, iklan itu viral.

Di media sosial, banyak kaum wanita yang memuji penampilan para model dengan jari-jari kaki, ketiak, alis, dan perut yang berbulu.

"Ini cantik...," tulis pengguna Instagram @bigparadethroughtown.

"Saya tidak suka pisau cukur tetapi iklan itu menarik perhatian," timpal @hanguk0.

"Ketika sebuah merek berpura-pura bahwa semua wanita memiliki tubuh yang tidak memiliki rambut, itu justru versi yang mempermalukan tubuh," kata salah satu pendiri Billie, Georgina Gooley kepada majalah Glamour.

"Iklan seperti itu mengatakan bahwa kamu seharusnya merasa malu memiliki rambut tubuh."

Selain menggagas iklan yang viral itu, perusahaan Billie juga meluncurkan sebuah kampanye online untuk memperbaiki citra kaum perempuan yang tak alami. Mereka juga menyumbangkan gambar-gambar positif ke situs foto Unsplash, yang dapat digunakan secara gratis oleh pengguna lain.

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Upaya Mengurangi Tabu Rambut pada Tubuh

Namun, di tengah gelombang dukungan atas iklan yang bagus itu. Beberapa orang bertanya mengapa perusahaan pisau cukur itu berusaha mengurangi tabu terkait rambut tubuh.

Dalam penjelasannya pada situs yang berbasis di AS, seorang penulis bernama Rachelle Hampton yang mengamati fenomena itu mengatakan: "Memang benar bahwa pada titik ini dalam hidup, saya menikmati perasaan kaki mulus seperti orang lain. Tapi saya tidak akan mulai bercukur jika saya belum yakin pada usia 11 tahun bahwa ada sesuatu yang secara fundamental salah telah memiliki rambut tubuh."

"Dapatkah sebuah perusahaan yang menjual pisau cukur benar-benar mengatakan itu...?".

Perusahaan Billie membahas masalah ini dengan sederetan teks pop-up: "Jika dan ketika Anda ingin mencukur, kami ada di sini."

Dan menariknya, tidak semua wanita dicukur halus saat iklan berakhir.

"Mencukur adalah pilihan pribadi, dan tidak ada yang harus memberi tahu wanita apa yang harus dilakukan dengan rambut mereka," kata pendiri Billie, Gooley kepada Glamour.

"Beberapa dari kami memilih untuk menghilangkannya, dan lainnya justru bangga memilikinya ... Kami tak harus meminta maaf atas pilihan kami."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.