Sukses

14 Dubes Negara Anggota Uni Eropa Bertemu PKS, Bahas Apa?

Pertemuan PKS dengan 14 Duta Besar Negara Anggota Uni Eropa ini sejatinya tak diduga terjadi pasca-Hari Raya Idul Fitri.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) melakukan pertemuan dengan 14 Duta Besar Negara Anggota Uni Eropa di DPP PKS, Jalan TB Simatupang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Sebelumnya sudah terjadi pertemuan dengan dua dubes negara lain.

"Pada pagi ini PKS mendapatkan tamu istimewa dari negara-negara yang bergabung di Uni Eropa. Ini sudah komunikasi yang panjang. Kita sudah terlebih dahulu menerima duta besar dari negara anggota Uni Eropa, Inggris, Belanda," kata Sekjen PKS Mustafa Kamal di DPP PKS, Selasa (26/6/2018).

"Dan kali ini mereka ingin hadir lengkap meskipun kelihatannya tidak jadi, sehingga total yang hadir 14 dari total 23 yang sedianya hadir," imbuh dia.

Pertemuan PKS dengan sejumlah dubes dari Uni Eropa ini sejatinya tak diduga terjadi pasca-Hari Raya Idul Fitri.

"PKS salah satu parpol yang mendapat penerimaan dari kalangan dunia internasional. Hari ini alhamdulillah justru negara Uni Eropa yang datang ke tempat kami. Kita juga bertanya apakah harus di sini atau tempat yang netral dan lain lain," tuturnya.

Pertemuan ini juga berlangsung sehari jelang Pilkada Serentak 2018 yang dilaksanakan Rabu 27 Juni 2018. Dia melihat para delegasi juga memperhatikan pesta demokrasi tersebut.

"Ini momentum sehari menjelang Pilkada kita juga tidak tahu makna yang akan dikejar atau dicari atau diperdalam oleh mitra internasional dari Eropa. Apakah negeri Eropa juga akan mengkonfirmasi untuk Pilkada yang akan berlangsung besok," ujarnya.

Di kesempatan sama, Ketua Badan Pembinaan Luar Negeri Sukamta mengatakan, PKS merasa terhormat bisa bertemu dengan para delegasi. Ini juga dapat mempererat persahabatan Indonesia dengan luar negeri. Apalagi Indonesia telah terpilih menjadi anggota dewan keamanan tidak tetap PBB serta peran Indonesia penting di asia tenggara pasifik.

"Kita merasa mendapatkan kehormatan bahwa PKS di minta untuk memberikan rencana dalam diplomasi internasional dalam persahabatan juga khususnya bagi eropa yang tergabung dalam uni eropa," ucap Sukamta.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

 

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di liputan6.com.

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pandangan Tentang Politik Nasional

Ketua Badan Pembinaan Luar Negeri PKS Sukamta melanjutkan, selain penguatan diplomasi, para Dubes juga ingin mengetahui pandangan partainya tentang perkembangan politik nasional dan internasional. Khususnya Pemilu dan Pilpres 2019.

"Mereka bertanya ke PKS akan mndalami terkait mungkin dinamika politik menjelang Pemilu dan Pilpres 2019," ungkap anggota Komisi I DPR itu.

Pertemuan ini juga dihadiri Presiden PKS Sohibul Iman dan Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid.

"(Delegasi) akan dipimpin oleh Sekjen dari Uni eropa. Dubes Uni eropa. Jadi dubes dan anggota negara Uni eropa akan datang," tandasnya.

Hadir dalam pertemuan kehormatan ini Dubes Uni Eropa untuk Indonesia Vincent Guerend, Dubes Denmark Rasmus Abildgaard Kristensen, Dubes Jerman Michael von Ungern-Sternberg, Dubes Spanyol Jose Maria Matres Manso, Dubes Austria Helene Steinhausl, Dubes Polandia Beata Stoczynska, Dubes Romania Valeria Epure, Dubes Slovakia Michal Slivovic, Dubes Swedia Johanna Brismar Skoog, Charge d'Affaires Kedubes Prancis Charles-Henri Brosseau, First Secretary Kedubes Inggris Theresa O'Mahony dan First Secretary Kedubes Finlandia Tapani Kivela.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.