Sukses

Ini Daftar Video Gim dan Film Kartun dalam Komputer Osama bin Laden

Liputan6.com, Washington DC - Ketika berbicara tentang Osama bin Laden saat ini, Anda mungkin membayangkan dia menjelang akhir hidupnya: mengenakan keffiyeh Yaman berwarna putih, berjongkok di sebuah kompleks hunian tersembunyi, dan mencela dekadensi dunia Barat.

Akan tetapi, Osama bin Laden sebenarnya lahir dari keluarga Saudi yang kaya. Ayahnya adalah seorang miliarder yang memiliki perusahaan konstruksi, dan dia memiliki hubungan dekat dengan keluarga kerajaan.

Tumbuh sebagai seorang muslim yang taat sejak usia dini, keyakinan Osama bin Laden berubah menjadi ekstremisme saat dewasa.

Dikutip dari VT.com pada Rabu (16/5/2018), Osama bin Laden sebelumnya diketahui sebagai seorang mahasiswa selama beberapa waktu, mempelajari manajemen bisnis, dan memendam sejumlah hobi pribadi, termasuk puisi, tulisan, dan sastra.

Dia bahkan diketahui sebagai seorang penggemar sepak bola, yang biasanya bermain sebagai penyerang tengah, dan mengidolakan klub Arsenal FC dengan penuh semangat.

Baru-baru ini, CIA merilis daftar berkas yang ditemukan di komputer jinjing (laptop), yang diambil dari tempat persembunyian terakhir Osama bin Laden.

Apa yang mereka temukan cukup mengejutkan, yakni ada beberapa bukti bahwa Osama tampaknya telah menikmati video gim, anime, dan meme.

CIA memublikasikan lebih dari 470.000 berkas dalam perangkat keras yang ditemukan dari sebuah kompleks hunian di Kota Abbottabad, Pakistan, di mana Osama bin Laden tewas pada Mei 2011 oleh pasukan elite AS, US Navy SEAL.

Kumpulan dokumen elektronik itu memberi gambaran nyata ​​pada struktur, organisasi, dan sekutu Al Qaeda.

Akan tetapi, yang lebih mengejutkan, ternyata Osama bin Laden beralih ke video gim selama waktu luangnya.

Gim yang ditemukan di perangkat penyimpanan tersebut termasuk Final Fantasy VII: Advent Children, Resident Evil, Animal Crossing: Wild World, dan Super Mario Bros.

Yang paling menarik dari semuanya, perpustakaan digital milik Osama bin Laden juga menampilkan salinan gim penembak tunggal Counter-Strike, di mana pemain dapat memilih untuk bermain sebagai tim pemburu atau sebagai teroris.

Perangkat penyimpanan itu juga berisi berkas episode dari beberapa serial anime yang berbeda, termasuk Naruto, Dragon Ball, dan Bleach, serta film seperti Ice Age: Dawn of the Dinosaurs, Antz, Cars, dan beberapa episode kartun, seperti Tom and Jerry dan sitkom produksi Inggris, Mr Bean.

Menariknya lagi, tampak bahwa Osama bin Laden juga menonton film dokumenter tentang dirinya sendiri, yang berjudul In the Footsteps of bin Laden, serta sejumlah video viral, seperti Charlie Bit My Finger misalnya.

 

 

Simak video pilihan berikut: 

 

1 dari 2 halaman

Tidak Pernah Terpikirkan Orang Banyak

Sementara itu, banyak orang di kompleks hunian Abbottabad kemungkinan memiliki akses ke berbagai konten digital.

Osama bin Laden diketahui tinggal di sana bersama tiga orang istri, dan memiliki lebih dari selusin anak, yang usiannya berkisar dari bayi hingga remaja.

Bill Roggio, seorang peneliti senior pada lembaga Foundation for Defence of Democracies, menyatakan: "Ini seperti, 'ooh Osama bin Laden adalah penggemar Tom and Jerry!' Sesuatu yang bisa jadi tidak pernah terpikirkan oleh banyak orang."

Di lain pihak, CIA juga menemukan beragam materi digital yang menampilkan sisi lain Osama bin Laden, termasuk salah satunya adalah video pernikahan putranya, Hamza.

Selama ini, Al Qaeda hanya memublikasikan foto Hamza saat masih kecil dengan ayahnya, sebagai upaya untuk melindungi identitasnya.

Namun, rekaman tersebut sekarang menunjukkan dia telah tumbuh menjadi seorang pria dewasa, dan memberikan gambaran sekilas yang dapat berguna untuk melacak teroris Al Qaeda lainnya pada masa depan.

Para peneliti juga berhasil menemukan laporan setebal 19 halaman yang diduga menjabarkan hubungan Al Qaeda dengan Iran.

Secara keseluruhan, lebih dari 174 gigabyte video, 7,4 gigabyte berkas gambar, dan 18 gigabyte dokumen ditemukan di laptop milik Osama bin Laden, di mana semuanya masih terus diteliti oleh pemerintah Negeri Paman Sam. 

Artikel Selanjutnya
Mengejutkan, seperti Ini Isi Ponsel Milik Osama bin Laden
Artikel Selanjutnya
Amerika Serikat Transfer Satu Tahanan Guantanamo ke Penjara di Arab Saudi