Sukses

Bill Gates: Pandemi Penyakit Bisa Bunuh 30 Juta Orang dalam 6 Bulan pada Masa Kini

Liputan6.com, Massachusetts - Pendiri Microsoft, Bill Gates, memprediksi bahwa pandemi penyakit mematikan tengah mengintai umat manusia pada masa kini.

Jika manusia tak memikirkan pencegahannya dengan baik, Gates memprediksi bahwa pandemi itu mampu membunuh 30 juta orang dalam waktu enam bulan saja. Demikian seperti dikutip dari LADbible, Minggu (6/5/2018).

Imbauan itu diutarakan oleh Gates dalam sebuah diskusi tentang epidemi yang diselenggarakan oleh Massachusetts Medical Society dan New England Journal of Medicine pada hari Jumat, 4 Mei 2018.

Dalam diskusi itu, Gates menjelaskan bahwa umat manusia belum siap untuk menghadapi pandemi penyakit global -- jika bencana biologis tersebut terjadi pada tahun ini atau dalam waktu dekat mendatang.

"Ada satu aspek di mana dunia belum membuat kemajuan seperti pada bidang lain. Yakni, aspek kesiapsiagaan menghadapi pandemi."

Kondisi itu semakin diperparah dengan fakta bahwa patogen penyakit baru muncul setiap saat, serta kecenderungan sejumlah pihak untuk bertekad membuat senjata biologis, kata Bill Gates.

Ia mendukung argumennya dengan mempresentasikan simulasi yang telah dibuat oleh Institute for Disease Modeling.

Presentasi tersebut menunjukkan, jika ada pandemi global yang muncul sekarang -- setaraf pandemi Flu Spanyol 1918 misalnya -- hal itu akan membunuh 30 juta orang dalam waktu enam bulan.

Miliarder itu juga menggarisbawahi masalah lain yakni, kecenderungan manusia untuk cepat bertindak untuk menghadapi sesuatu seperti perang, tetapi tidak pada pandemi global.

"Dalam kasus ancaman biologis, rasa urgensi itu kurang," katanya.

Menambahkan, Gates mengimbau agar langkah antisipasi atas pandemi itu harus dilakukan sebagaimana umat manusia mempersiapkan perang -- perang melawan penyakit.

"Dunia harus berisap menghadapi pandemi dengan cara serius yang sama seperti mempersiapkan perang," tambah Bill Gates.

 

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Sejumlah Ramalan Bill Gates yang Jadi Kenyataan...

Pada tahun 1999 silam, pendiri sekaligus ikon dunia teknologi Bill Gates sempat menulis sebuah buku berjudul 'Business @ the Speed of Thought'. Dalam buku itu, Gates membuat beberapa ramalan terkait perkembangan industri teknologi di masa depan.

Dan luar biasanya, seorang mahasiswa bisnis bernama Marcus Kirjonen di dalam blog-nya berhasil membuktikan bahwa seluruh ramalan orang terkaya di dunia itu terwujud di era sekarang ini.

Berikut beberapa di antaranya:

 

1. Membandingkan harga produk via internet

Gates memprediksi bahwa nantinya akan semakin banyak orang yang sebelum membeli sebuah produk, mereka akan lebih dulu mencari informasi harganya di situs-situs internet. Orang-orang akan membandingkan harga untuk mencari yang termurah.

Dan kenyataannya sekarang memang itu yang dilakukan banyak orang. Sebelum berbelanja umumnya kita melakukan cross check harga di berbagai toko online.

Ilustrasi (iStockPhoto)

2. Gadget

Gates meramalkan semua orang akan membawa perangkat komputer kecil kemanapun mereka pergi. Dan memang terbukti. Saat ini hampir semua orang memiliki smartphone, tablet, atau bahkan sekedar ponsel fitur yang kesemuanya terkoneksi dengan jaringan internet.

3. Media Sosial

Gates di dalam bukunya menuliska, "situs pribadi yang dikelola oleh pengguna dan untuk berbagi dengan teman-teman akan membuat banyak orang terkoneksi". Ramalan Gates tersebut terwujud dalam bentuk media sosial. Ya, Facebook, Twitter, dll adalah situs pribadi seseorang tempat mereka menaruh status, berdiskusi, hingga berbagi informasi.

Selengkapnya, baca di sini...

PRABOWO SEBUT PERUSAHAAN PERUSAK LINGKUNGAN RAMAI DI ERA JOKOWI

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Bill Gates Ternyata Menyesal Kurang Gaul saat Kuliah
Artikel Selanjutnya
Ketika Menteri Sri Mulyani Unggah Foto Bareng Bill Gates di Instagram