Sukses

Pria di India Nyaris Mati Gara-Gara Kunci Motor Menancap di Kepala

Pemuda itu bisa saja mati jika mengalami pendarahan internal akibat kunci motor menancap sedalam 5 cm di tengkorak kepalanya.

Liputan6.com, Ahmednagar - Pemuda di India berusia 19 tahun ini dilarikan ke rumah sakit dengan kunci menancap di kepalanya sedalam 5 cm. Ia pun harus menjalani operasi pembedahan selama 3,5 jam untuk mengeluarkan benda tersebut.

Seorang ahli bedah saraf yang mengoperasi mengatakan, pemuda di India itu bisa saja mati jika mengalami pendarahan internal.

"Pada 18 April sekitar pukul 11.00, dalam sebuah perkelahian di desa ia diserang oleh seseorang menggunakan kunci motor yang akhirnya menancap ke dalam tengkorak," ujar Dr. Shailendra Uttamro Markad, seperti dikutip dari News.com.au, Selasa (24/4/2018).

Pertarungan itu terjadi di Desa Ghodegaon di Distrik Ahmednagar, Maharashtra, India.

"Dia dibawa ke departemen rawat jalan sekitar pukul 15.30, dan setelah melihat laporan pemindaian, kami memulai operasi sekitar pukul 18.30 pada hari yang sama," tutur Markad.

Pemuda yang tak diketahui identitasnya itu kemudian dirawat di Rumah Sakit Anand Rishi dan menjalani pembedahan kraniotomi, yakni pengangkatan tulang tengkorak, sehingga otak dapat dijangkau untuk melepas kunci.

"Pembedahan berlangsung sekitar tiga setengah jam. Kami membuka sebagian tengkoraknya untuk mengeluarkan kunci yang menancap. Korban telah pulih dan baik-baik saja. Dia pulang pada 21 April malam, dan akan melakukan pemeriksaan lanjutan pekan ini."

Pemuda itu dipulangkan dari salah satu rumah sakit di India tiga hari setelah insiden itu dan pulih dengan baik.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pisau Menancap di Kepala

Kasus benda menancap di kepala lainnya pernah dialami pria bernama Xiao Yunzhi. Saat itu ia sedang berjalan-jalan di sekitar rumahnya di Guangyuan, Provinsi Sichuan, China. Kala itu dia menuju ke supermarket.

Semua berlangsung wajar, hingga pria 57 tahun itu merasa hal aneh terjadi pada kepalanya. Terasa sangat berat.

Ia tak menyadari apa yang terjadi, tapi rasanya sakit bukan kepalang. "Luar biasa sakitnya," kata Xiao seperti Liputan6.com kutip dari NBC News, Selasa 12 Agustus 2014. "Aku menangis dan berseru, 'Kepala, kepalaku sakit', tapi aku tak tahu apa yang terjadi."

Hingga seorang penjual rokok yang terpana menatapnya, akhirnya berteriak sambil menunjuk ke arah kepala Xiao, "Ada pisau di kepalamu!"

Pisau tersebut lumayan panjang, 7 inci atau 17,78 cm. Xiao yang kesakitan terus berjalan, hingga ia akhirnya terpaksa menumpang duduk di sebuah telepon umum.

Sejumlah pemakai jalan yang melihatnya berdarah-darah lantas memanggil polisi, yang lalu membawa korban ke sebuah rumah sakit tradisional Tiongkok. "Beberapa jam kemudian dokter mencabut pisau dari kepalaku," kata dia.

Benda tajam tersebut melukai sisi kiri kepalanya, tapi tak sampai bikin retak tengkoraknya.

Berdasarkan laporan sejumlah media lokal, pisau yang 'jatuh dari langit' itu ternyata berasal dari balkon sebuah unit apartemen di lantai 8. Diduga pisau itu diterbangkan angin, kemudian jatuh dan menancap di kepala Xiao.

Pemilik pisau tersebut pun diperiksa polisi, dan ia sudah menjenguk korban di rumah sakit untuk meminta maaf. Pria bernama Wu itu mengaku meninggalkan pisau di pot bunga di balkon apartemennya.

Pada hari Senin Xiao masih dirawat di ICU rumah sakit. Adiknya mengatakan, kondisinya sudah stabil, meski belum sepenuhnya lolos dari bahaya. "Ia tak bisa menggunakan telepon, dikhawatirkan akan menimbulkan efek di kepalanya," kata sang adik, sebut saja dia Nona Xiao.

Gara-gara insiden itu, kini Xiao punya panggilan baru. Sikap tenang yang ditunjukkan pria itu saat pisau menancap di kepalanya membuat para pengguna internet di China terkesan. Mereka memberinya julukan, "Calm Brother".

Sebelumnya, pada tahun 2011, dokter mengangkat pisau 4 inci berkarat dari rahang seorang pria Tiongkok lain. Li Fuyan (37) membiarkan benda tajam itu menancap di tubuhnya selama 4 tahun sejak ia ditikam perampok.

Sementara itu, seorang pria di Yanji, Provinsi Jilin, muncul di rumah sakit dengan pisau menancap di kepalanya. Ditanya apa yang terjadi, ia mengaku, "Aku bermain permainan konyol dengan temanku dan ini akibatnya," demikian dimuat situs Telegraph.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • India ialah sebuah negara di Asia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia
    India ialah sebuah negara di Asia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia

    India