Sukses

Bus Wisata Terjun Bebas dari Jembatan di Korea Utara, 30 Orang Tewas

Liputan6.com, Pyongyang - Sebuah bus wisata dikabarkan terjun bebas dari jembatan di Korea Utara, kata laporan media pemerintah China, pada Minggu, 22 April 2018 malam waktu setempat.

Insiden itu mengakibatkan sekitar 30 orang tewas, menurut pewartaan media China CGTN seperti dikutip dari Telegraph, Senin (23/4/2018).

CGTN juga mengabarkan bahwa kebanyakan korban tewas adalah wisatawan berkewarganegaraan China yang melancong ke Korea Utara.

Dalam tayangan berita televisi pemerintah China, tampak sebuah bus biru yang jatuh dari jembatan. Kendaraan itu juga dilaporan terbalik usai terjatuh.

Tayangan itu juga menunjukkan lokasi kejadian yang diguyur hujan deras dengan kondisi jalan yang gelap. Diduga, kedua hal tersebut menjadi sebab-musabab kecelakaan itu.

Kementerian Luar Negeri China turut mengonfirmasi kabar kecelakaan itu -- yang terjadi di Provinsi Hwanghae Utara, sekitar 134 km dari selatan Pyongyang.

Lebih lanjut, Kemlu China mengatakan bahwa tim Kedutaan Tiongkok di Korea Utara telah bergegas ke tempat kejadian dan "melaksanakan mekanisme darurat untuk menangani kasus".

 

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Wisatawan China ke Korea Utara

Wisatawan China mencapai sekitar 80 persen dari total turis asing yang melawat ke Korea Utara, kata think-tank Korea Selatan, Korea Maritime Institute.

Banyak yang memasuki Korea Utara menggunakan transportasi kereta api melalui kota perbatasan China Dandong.

Ada pula yang menggunakan pesawat, mengingat kedua negara membuka jalur penerbangan langunsung.

Jalan-jalan Korea Utara sebagian besar rusak dan berlubang, dan di banyak tempat jalan-jalan itu merupakan tanah ketimbang aspal.

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    China
  • Negara yang terletak di Asi Timur. Negara ini dikenal dengan pemerintahannya yang otoriter
    Negara yang terletak di Asi Timur. Negara ini dikenal dengan pemerintahannya yang otoriter
    Korea Utara