Sukses

2 Penembakan dalam Semalam di London, Teror?

Seorang gadis 17 tahun telah ditembak mati di London utara. Korban penembakan lainnya dilaporkan di bagian timur.

Liputan6.com, London - Penembakan dilaporkan terjadi di Chalgrove Road, Tottenham, Inggris pada Senin 2 April 2018 sekitar pukul 21.35 waktu setempat.

Seperti dikutip dari BBC, Selasa (3/4/2018), korban penembakan di London Utara itu dinyatakan meninggal di lokasi kejadian pada pukul 22.43.

Para kerabat perempuan remaja perempuan itu telah diberi tahu. Kini polisi tengah melanjutkan penyelidikan terkait insiden penembakan tersebut.

Di tempat terpisah di Walthamstow, London timur, seorang anak laki-laki berusia 16 tahun juga ditemukan dengan luka tembak. Ia dalam kondisi kritis di rumah sakit setelah insiden penembakan pada malam yang sama.

Pihak kepolisian mengatakan mereka dipanggil ke Markhouse Road pada pukul 22.00 terkait laporan penembakan.

Seorang remaja laki-laki lainnya ditemukan dengan luka tusukan. Ia kemudian dibawa ke rumah sakit London timur.

Penembakan tersebut terjadi di tengah kekhawatiran meningkatnya kejahatan kekerasan di London.

Sejauh ini belum diketahui apakah insiden tersebut saling berhubungan. Pun demikian dengan belum adanya  penangkapan tersangka atau orang yang dicurigai.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penembakan di Parlemen Inggris

Penembakan sebelumnya pernah terjadi di kompleks gedung parlemen Inggris dan sekitarnya. Kepolisian Britania Raya bahkan menutup area Westminster menyusul insiden yang terjadi pada pukul 14.40 waktu setempat.

Status darurat keamanan bahkan diterapkan.

Ketua Majelis Rendah Parlemen Inggris, David Lidington mengatakan, "Sepertinya ada polisi yang ditikam kemudian terduga pelaku ditembak oleh polisi bersenjata," demikian seperti dikutip dari BBC, Rabu 22 Maret 2017.

Staf parlemen diperintahkan untuk tetap tinggal di dalam gedung yang kini dijaga ketat. Sebelumnya, Perdana Menteri Theresa May terlihat cepat-cepat dievakuasi ke mobil Jaguar berwarna perak saat bunyi diduga letusan senjata terdengar.

Sumber di kantor perdana menteri Downing Street mengatakan, PM Theresa May dalam kondisi 'oke'.

Apa yang sebenarnya terjadi di gedung parlemen Inggris? Belum jelas.

Wartawan BBC Laura Kuenssberg mengatakan, menurut seorang polisi, seseorang telah ditembak. Sementara sejumlah anggota parlemen mengaku mendengar dua sampai tiga letusan senjata.

Sementara Tom Peck, editor politik Independent, dalam Twitternya mengatakan, "Terdengar suara ledakan keras, huru-hara, lalu letusan senjata. Polisi bersenjata ada di mana-mana."

Badan Transportasi London mengatakan, stasiun bawah tanah Westminster ditutup atas permintaan polisi.

Ambulans udara juga telah dikerahkan ke lokasi kejadian untuk mengevakuasi para korban.

Diduga ada dua insiden yang terjadi secara bersamaan. 

Pihak Scotland Yard mengatakan, mereka dipanggil ke Westminster Bridge, menyusul laporan insiden tembakan. Sejumlah orang dilaporkan cedera di sana.

Seorang saksi mata, Radoslaw Sikorski dari Centre for European Studies harvard memosting video di Twitter yang menunjukkan sejumlah orang tergeletak dalam kondisi luka di jalanan Westminster Bridge.

"Sebuah mobil di Westminster Bridge baru saja menabrak setidaknya lima orang," tambah dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.