Sukses

Ini Daftar Negara dengan Gaji Presiden Terkecil di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Gaji para presiden di dunia semestinya sebanding dengan tugas berat mereka. Kendati demikian, tak semua pemimpin negara mendapat jumlah yang sesuai atau jauh dari ideal.

Menjadi seorang presiden tentu merupakan pekerjaan yang tidak mudah bahkan berat. Wajar jika jabatan itu diganjar dengan gaji yang layak.

Di Indonesia gaji presiden ditetapkan Rp 752 juta per tahun atau Rp 62,7 juta per bulan. Tentu jumlah tersebut sudah termasuk dengan gaji pokok dan tunjangan jabatan.

Jumlah tersebut terbilang besar jika dibandingkan dengan beberapa presiden negara lain. Dilansir dari laman Career Addict, berikut pemimpin negara dengan gaji paling kecil di dunia:

1. Pranab Mukherjee

Presiden India ke-13 ini memperoleh upah kepresidenannya US$ 28.000 (Rp 384 juta) per tahun. Dia terpilih menjadi presiden sejak 2012, namun sudah terjun ke dunia politik India sejak 1969.

2. Xi Jinping

Presiden Republik Rakyat Cina, Xi Jinping memperoleh upah kepresidenannya US$ 22.000 (Rp 302 juta) per tahun. Dia menjabat sebagai Wakil Presiden di bawah Hu Jintao dari tahun 2008 sampai dia menduduki jabatan Presiden pada tahun 2013.

3. Beji Caid Essebsi

Revolusi Tunisia (alias Revolusi Jasmine) tahun 2010 dipimpin langsung oleh Presiden lama Zine El Abidine Ali (diperkirakan bernilai sekitar US$ 7 miliar), dan reformasi demokratis di negara kecil di Afrika Utara. Gajinya sekitar US$ 16.400 (Rp 225 juta) per tahun.

4. Macky Sall

Mantan Perdana Menteri Senegal ini pernah menyatakan asetnya sebesar US$ 2,6 juta, termasuk apartemen seluas 300 meter persegi di Texas, dan sebuah vila senilai lebih dari setengah juta Euro. Namun nyatanya, gajinya tersebut hanya US$ 15.600 (Rp 214 juta) per tahun. 

5. Jose Mujica

Jose Mujica pernah menjabat sebagai Menteri Pertanian, Peternakan, dan Perikanan, sekaligus sebagai senator, sebelum menjadi presiden. Saat menjabat, Mujica mengamalkan gajinya sebesar USD 150.000. Lalu dia menyimpan gajinya US$ 15.000 (Rp 206 juta) untuk dirinya dan istrinya.

Reporter: Fellyanda Suci Agiesta

Sumber: Merdeka.com

 

 

Saksikan juga video berikut ini: