Sukses

Menlu RI: Presiden Rusia Kemungkinan Berkunjung ke Indonesia Tahun Ini

Liputan6.com, Moskow - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi telah melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov di Moskow pada 13 Maret 2018 waktu setempat.

Selain membahas sejumlah isu bilateral antara kedua negara, lawatan itu juga membicarakan tentang rencana kunjungan Presiden Rusia ke Indonesia.

"Rusia sebentar lagi akan melaksanakan Pemilu (Maret 2018), sehingga kita belum berbicara mengenai masalah tanggal. Tetapi kita sudah berbicara mengenai koridor waktu," kata Retno merangkum hasil pertemuannya dengan Lavrov, seperti dikutip dari video yang dirilis Kementerian Luar Negeri RI pada Rabu 13 Maret 2018.

Lebih lanjut, Retno menegaskan bahwa kemungkinan besar, kunjungan itu akan berlangsung tahun ini. Akan tetapi, waktu detailnya akan dibahas usai Pemilu Rusia dan beberapa agenda nasional lainnya di Negeri Beruang Merah.

Pemilu Rusia akan berlangsung pada Maret 2018 dan pemerintahan baru akan resmi berjalan pada Mei 2018, kemudian Rusia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018.

"Kita masih terus membahas mengenai tanggal pastinya, tapi koridor waktunya adalah tahun ini," kata Retno.

Mengomentari soal Presiden Rusia untuk periode selanjutnya, dan masa depan hubungan kedua negara usai Pemilu Rusia 2018, Retno mengatakan, "Rusia negara berdaulat, siapa pun nanti yang akan menjadi presiden, tidak akan mengganggu hubungan RI - Rusia yang telah dibangun dengan fondasi kuat."

1 dari 2 halaman

Membahas Isu Bilateral dan Palestina

Menlu Retno dan Menlu Lavrov juga membahas kesepakatan untuk memperkokoh kerja sama ekonomi kedua negara. Saat ini, total perdagangan kedua negara mencapai sekitar US$2,5 miliar, naik sekitar 19,7 persen dari 2016.

Namun, nilai itu masih jauh dari potensi kedua negara dan diproyeksikan akan mengalami peningkatan pada tahun-tahun berikutnya.

Dalam kesempatan itu, Retno juga mengutarakan apresiasi atas perlakuan adil Moskow terhadap produk kelapa sawit Indonesia untuk masuk ke pasar Negeri Beruang Merah.

Saat ini, sekitar 80 persen kebutuhan kelapa sawit di Rusia berasal dari Indonesia. Di sisi lain, sekitar 40 persen ekspor Indonesia ke Rusia adalah kelapa sawit.

Membahas Isu Palestina

Selain isu bilateral, isu Palestina juga merupakan salah satu topik perhatian pembahasan antara Menlu Retno dengan Menlu Lavrov.

Kedua Menlu sepakat bahwa two state solution merupakan solusi terbaik untuk perdamaian Palestina.

Selain itu, Retno dan Lavrov juga sepakat pentingnya bagi komunitas internasional untuk terus mendukung Badan PBB untuk Urusan Kemanusiaan dan Pengungsi Palestina (UNRWA) dalam membantu para pengungsi dari negara itu.

  • negara yang berada di wilayah Eropa, serta merupakan negara terluas di dunia
    negara yang berada di wilayah Eropa, serta merupakan negara terluas di dunia
    Rusia
  • salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.
    salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.
    Indonesia
Artikel Selanjutnya
Indonesia Makin Kuat Jadi Pusat Modest Fashion Dunia Lewat Markamarie
Artikel Selanjutnya
KSAD Mulyono: Indonesia Rawan Konflik