Sukses

Serang Kediaman Dubes Iran di Wina, Pria Berpisau Ditembak Mati

Liputan6.com, Wina - Seorang warga Austria berusia 26 tahun ditembak mati di luar kediaman duta besar Iran di Wina pada Minggu 12 Maret malam. Ia menyerang seorang penjaga dengan pisau, demikian informasi dari pihak kepolisian.

"Penyerang meninggal di tempat setelah petugas tersebut melepaskan tembakan," ujar juru bicara polisi Harald Soeros seperti dikutip dari Al Arabiya, Senin (12/3/2018).

"Serangan tersebut terjadi tepat sebelum tengah malam waktu setempat di area tempat tinggal," imbuh Soeros.

Sejauh ini motif serangan di kediaman dubes Iran tersebut belum diketahui.

Penjaga yang berada di sebuah tempat penjagaan di luar gedung kediaman dubes Iran, mengalami luka di lengan atas karena serangan itu.

"Dia awalnya menggunakan semprotan merica melawan si penyerang," kata Soeros sebelum melepaskan tembakan.

"Menurut indikasi awal, penjaga sudah bertindak sesuai peraturan," kata seorang juru bicara dari kementerian pertahanan yang mengatakan penyerang tersebut tinggal di Wina namun berasal dari wilayah Tyrol Austria.

Setelah serangan di kediaman dubes Iran, Kini polisi telah memerintahkan bala bantuan untuk berjaga-jaga di sekitar lokasi misi diplomatik di kota tersebut tinggal.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

1 dari 2 halaman

Dubes Pakistan Diserang

Sebelumnya pada 2010 lalu, penyerangan pernah dialami Duta Besar Pakistan di Teheran, Mohammad Bakhsh Abbasi. Ia terluka setelah mobilnya diserang seorang warga Afghanistan.

"Mobil Dubes Pakistan itu diserang seorang warga Afghanistan. Beliau terluka dan kini dirawat di rumah sakit. Tersangka sudah ditahan," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran Ramin Mehmanparast.

Dalam penjelasan kepada Stasiun TV nasional berbahasa Arab, Al-Alam, ia tidak merinci perihal penyerangan tersebut.

Namun Kepala Polisi kota Teheran, Hossein Sajedi-Nia mengatakan, Dubes Abbasi terluka dalam insiden itu.

"Dubes Abbasi pergi ke sanggar senam beberapa kali dalam seminggu tanpa pengawal." "Sore ini, di tengah jalan, beliau bentrok dengan seorang warga Afghanistan berusia 21 tahun. Dubes terluka di bagian kepala dan terjatuh," katanya.

Kepada Kantor Berita ISNA, Sajedi-Nia mengatakan, polisi segera ke lokasi kejadian setelah diberitahu masyarakat. Tersangka aksi penyerangan itu sudah ditahan dan masih dalam proses penyelidikan polisi. Kondisi Dubes Abbasi sehat walafiat.

Artikel Selanjutnya
Buka Kerudung Saat Demo, Perempuan Iran Dipenjara 2 Tahun
Artikel Selanjutnya
Dubes Iran dan KPK Tukar Pengalaman Pemberantasan Korupsi