Sukses

6-3-1902: Lahirnya Klub Sepak Bola Legendaris Asal Spanyol, Real Madrid

Liputan6.com, Madrid - Pada hari ini, 6 Maret 1902, Madrid Foot Ball Club resmi didirikan oleh sekelompok penggemar di Madrid, Spanyol. Kelompok pendukung tim sepak bola tersebut kemudian dikenal sebagai Real Madrid.

Dengan seragam khasnya yang berwarna biru dan putih (awalnya terinspirasi oleh tim Inggris), Madrid mulai menorehkan sejumlah prestasi.

Dari tahun 1905 sampai 1907, di bawah pelatih pertama mereka yang juga merupakan pesepak bola Inggris, Arthur Johnson, tim ini berhasil memenangkan tiga gelar berturut-turut di Liga Spanyol, yang dikenal dengan La Liga.

Status legendaris Real Madrid di mata internasional semakin diakui di bawah kepemimpinan Santiago Bernabeu Yeste. Ia sempat bermain untuk tim itu dari tahun 1912 sampai 1927. Lalu, sejak tahun 1943 sampai 1978, Bernabeu menjabat sebagai presiden klub.

Pada tahun 1953, Bernabeu mulai mendaftarkan pemain-pemain terbaik yang ia temukan dari seluruh dunia, jadi bukan hanya di Spanyol. Penyusurannya dimulai dengan ikon sepak bola paling terkenal di Madrid, bintang asal Italia, Alfredo Di Stefano.

Tim yang dihasilkan memenangkan Piala Eropa lima kali berturut-turut dari tahun 1956 sampai 1960. Bernabeu kemudian mengganti caranya membangun Real Madrid pada tahun 1960-an, tim bola ini sepenuhnya diisi oleh pemain Spanyol.

Alhasil pada tahun 1966, Real Madrid menyabet piala Eropa keenamnya, timnya pun bahkan lebih tenar dari kelompok musisi pop Inggris, The Beatles, yang kala itu populer di benua Eropa.

Pada tahun 2000, badan sepak bola internasional, FIFA, memilih Real Madrid sebagai tim sepak bola terbaik Abad ke-20. Dua tahun kemudian, klub tersebut merayakan ulang tahunnya yang ke-100 tahun dengan menyandang gelar juara pertandingan Eropa lainnya.

Pemain-pemain "mematikan" saat itu adalah Luis Figo dari Portugal, Zinedine Zidane dari Prancis, Roberto Carlos dari Brasil dan Raul dari Spanyol.

Real Madrid telah memenangkan sembilan kejuaraan Eropa, tujuh Piala Super Spanyol (Spanish Super Cups) dan tiga kejuaraan dunia. Real Madrid menjadi satu dari sedikit tim yang masih dimiliki dan dioperasikan oleh anggotanya sendiri.

Artikel Selanjutnya
Tanpa Neymar, Dani Alves Percaya Diri Singkirkan Real Madrid
Artikel Selanjutnya
Pelatih PSG Berharap Real Madrid Tampil dengan Skuat Terbaik