Sukses

Radioaktif Fukushima Bisa Menyebar ke Seluruh Dunia

Liputan6.com, Wina: Zat radioaktif dari pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Fukushima No.1 diperkirakan akan menyebar ke seluruh dunia, dalam waktu 2 hingga 3 pekan lagi, demikian Komisi Persiapan untuk Organisasi Pakta Larangan Pengujian Nuklir Komprehensif (CTBTO), Kamis (24/3).

Namun demikian, kadar zat radioaktif itu sangat kecil, sehingga kemungkinan tidak berdampak terhadap manusia, kata komisi yang bermarkas di Wina itu kepada kantor berita Jepang Kyodo.

Saat ini, Zat radioaktif dari pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Fukushima No.1 sudah mencapai Amerika Serikat dan Islandia.

Komisi tersebut mengoperasikan jaringan instalasi pengawasan pada 63 lokasi tersebar di dunia, termasuk satu instalasi di Takasaki, Prefektur Gunma, Jepang.

Seorang pejabat senior departemen pengawasan dalam komisi itu mengatakan, angka yang dipindai di Takasaki terus naik turun, dan jumlah zat radioaktif dari PLTN Fukushima yang rusak karena gempa bumi besar dan tsunami raksasa pada 11 Maret lalu, tidak bisa disebut akan berkurang.

Zat radioaktif telah terdeteksi pada instalasi pengawasan di Kalifornia barat pada 18 Maret dan Islandia Selasa (22/3) lalu, dan mereka memperkirakan akan mencapai wilayah Eropa dalam beberapa hari.

Sejumlah sumber diplomatik dalam Badan Energi Atom Internasional (IAEA) mengatakan, sejumlah negara Asia Tenggara mengkhawatirkan dampak merugikan zat radioaktif itu, tetapi Badan Keamanan Nuklir dan Industri Jepang menyebut kadar itu tidak akan mempengaruhi negara lain. (ANT/mla)