Sukses

Video Viral: Ikan Goreng Tiba-Tiba Bergerak, Hidup Lagi?

Ikan laut goreng tiba-tiba bergerak saat hendak disajikan di sebuah restoran di China. Ada apa?

Liputan6.com, Beijing - Ikan itu sudah matang, kulitnya cokelat sehabis digoreng. Namun, saat hendak disajikan, hewan laut itu tiba-tiba bergerak-gerak di pinggan saji.

Makhluk tersebut tertangkap kamera dengan tubuh bergoyang, kontras dengan tiga sesamanya yang hanya diam.

Rupanya gerakan itu membuat tubuh ikan terbelah, menampilkan dagingnya yang sudah putih dan matang.

Seperti dikutip dari Daily Mail, Sabtu (6/1/2018), video tersebut dikabarkan diambil di Hengyang, Provinsi Hunan, China Selatan.

Sejumlah pengguna Weibo, situs serupa Twitter di China, ramai-ramai membagikan video tersebut sejak akhir Desember 2017.

Tak jelas apa yang membuat tubuh ikan itu bergerak. Dalam rekaman tersebut terdengar suara seorang perempuan yang menjerit saat hewan itu terbelah dua. "Oh tidak! Dia (ikan itu) terbelah!"

Video viral tersebut kemudian memicu komentar dari banyak warganet di China. Seorang pengguna Weibo menilai, adalah praktik kejam untuk menggoreng ikan itu hidup-hidup.

"Apakah mereka tidak menyadari, itu sungguh mengerikan? Kenapa tidak mereka membunuh ikan itu sebelum menggorengnya?," kata pengguna Weibo 'hadisi_4568'.

Sementara, seorang warganet lain berpendapat, ikan tersebut tak cukup lama digoreng. Akibatnya, sel sarafnya bereaksi terhadap rangsangan.

"Sebaiknya tunggu sekitar lima menit, ikan itu akan matang dengan sempurna," kata 'liliga'.

Kejadian serupa juga pernah terjadi di sebuah restoran di China. Ikan mas goreng yang telah disiram saus asam manis dengan taburan biji wijen di atasnya tiba-tiba hidup lagi.

Seorang netizen menduga, ikan mas tersebut diolah dengan konsep Yin Yang. Yaitu makanan tersaji dalam keadaan setengah hidup dan setengah mati. Dalam hal ini tubuh ikan digoreng, sementara bagian kepala tak terkena minyak panas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sashimi Melompat

Apa yang terjadi berikut ini tak kalah mengejutkan. Sesaat sebelum disantap, ikan mentah yang disajikan sebagai sashimi (sajian daging mentah khas Jepang) tiba-tiba bergerak dan kemudian melompat keluar dari piring.

Pengunjung, yang awalnya kegirangan menyaksikan ikan tersebut bergerak, kemudian terdengar terkejut saat hewan itu melompat dari piring. 

Gambar pun terlihat menjauh dari adegan yang berpusat di piring sashimi itu.

Sejak beredar di dunia maya, rekaman tersebut ramai-ramai dikomentari. Banyak yang berpendapat, itu hal 'menyeramkan', ada pula yang menyebutnya aksi 'kejam'.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.