Sukses

Lompat dari Pintu Darurat, Remaja AS Bikin Seisi Pesawat Menjerit

Pemuda 17 tahun tiba-tiba berlari ke arah pintu darurat, membukanya dan kabur seketika.

Liputan6.com, San Francisco - Penumpang maskapai penerbangan Copa Airlines dibuat kaget dengan aksi nekat seorang remaja.

Pemuda berusia 17 tahun itu nekat membuka pintu darurat pesawat, tak lama setelah pesawat mendarat di Bandara San Francisco, Amerika Serikat.

Dilansir dari laman Associated Press, Kamis (3/8/2017), juru bicara Bandara San Francisco, Doug Yakel, mengatakan, remaja laki-laki itu membuat seisi pesawat kaget karena membuka pintu darurat tanpa instruksi dari awak kabin.

Tak lama setelah remaja itu kabur, salah seorang petugas keamanan berhasil menahan anak laki-laki tersebut sampai pihak berwajib tiba di lokasi kejadian.

"Remaja tersebut tampak berada dalam tekanan emosional selama penerbangan berlangsung, tapi tak terluka," ujar Yakel.

Saksi mata mengatakan, remaja tersebut tampak gelisah dan cemas sepanjang perjalanan -- tujuh jam perjalanan dari Panama City menuju San Francisco. Tak lama setelah pesawat mendarat sempurna, anak laki-laki itu langsung membuka pintu darurat dan tampak berlarian keluar bandara.

"Rasanya kejadian itu berlalu begitu cepat, ia kabur begitu saja," ujar Sophia Gibson, seorang penumpang Copa Airlines.

Menanggapi insiden tersebut, pihak Copa Airlines mengatakan, pintu darurat hanya dibuka apabila pesawat berada dalam kondisi gawat. Pihaknya menilai, hal itu adalah bentuk pelanggaran hukum.

Penumpang lain yang saat itu berada satu pesawat dengan pelaku mengatakan, para saksi mata yang melihat kejadian itu seketika berteriak.

"Mereka berteriak memberi tahu pramugari tentang apa yang anak laki-laki itu perbuat. Ini sangat gila," ujar Matt Crowder.

Maskapai yang berbasis di Panama tersebut mengatakan, pasca-insiden para penumpang lainnya berhasil diturunkan tanpa mengalami hal yang tak diinginkan. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.